Spesifikasi dan Update Harga Tensi Digital Omron HEM 7130

Untuk mengukur tekanan darah, biasanya menggunakan tensimeter. Seiring dengan kecanggihan teknologi kedokteran, tensimeter hadir dengan fitur digital agar lebih praktis dan cepat saat membaca hasil. Nah, salah satu tensi digital yang cukup populer di tengah masyarakat adalah Omron yang hadir dalam berbagai seri. Omron HEM seri 7130 misalnya, sekarang dijual dengan cukup terjangkau dan bisa Anda beli di banyak apotek.

Ilustrasi: Menggunakan Digital Tensimeter (credit: Alodokter)
Ilustrasi: Menggunakan Digital Tensimeter (credit: Alodokter)

Tensimeter merupakan alat yang paling umum digunakan untuk mengukur tekanan darah. Berupa manset yang dapat dipompa dan dibelitkan pada lengan atas, alat ini dapat pula disebut sebagai monitor tekanan darah. Hasil pengukuran dari tensimeter dinyatakan dalam milimeter merkuri.[1] Tensimeter terbagi atas tiga jenis yakni tensimeter dengan merkuri, aneroid, dan elektronik.

Bacaan Lainnya

Tensimeter elektronik atau kerap disebut tensi digital memiliki sensor pada mansetnya. Sensor tersebut berupa mikrofon yang dapat mengenali muncul dan hilangnya bunyi berdetak yang teratur atau sebuah transduser yang dapat mengenali gelombang denyut nadi. Apabila seseorang membeli tensimeter elektronik, maka dapat membawa ke rumah sakit atau klinik sehingga dapat segera memeriksa akurasi alat tersebut dengan membandingkannya dengan tensimeter merkuri atau standar.

Review Omron HEM 7130

Tensimeter Omron HEM 7130 merupakan tensimeter digital yang mengukur tekanan darah dan detak jantung pada lengan atas. Tensimeter Omron HEM 7130 dilengkapi dengan teknologi intellisense yang menawarkan jaminan pengukuran tekanan darah yang cepat dan nyaman dengan hasil akurat dan dapat diandalkan. Selain itu, tensi digital Omron 7130 dilengkapi dengan layar LCD yang lebar, sehingga memudahkan dalam membaca hasil pengukuran Anda. Tensimeter Omron 7130 juga dapat menghitung rata-rata dari 3 kali pengukuran dalam kurun waktu 10 menit. Alat ini dapat menyimpan data untuk 60 kali pengukuran.

Ilustrasi: Tensi Digital Omron HEM 7130 (credit: Youtube/Omron Healthcare Asia Pacific)

Fitur Omron HEM 7130

  • Lampu Indikator pemakaian manset.
  • Indikator tingkat tekanan darah.
  • Indikator gerakan tubuh.
  • Indikator detak jantung tidak beraturan.
  • Rata-rata 3 pengukuran terakhir.
  • 60 memori dengan tanggal dan waktu.
  • Enhanced Intellisense Teknologi.

Monitor Enhanced Intellisense dapat memompa manset hingga mencapai tingkat yang ideal dalam setiap penggunaannya. Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan untuk memilih tingkat inflasi. Hal ini sangat memudahkan bagi pengguna yang menderita hipertensi dan aritmia tertentu maupun gangguan jantung, karena tekanan darah mereka cenderung fluktuatif. Fitur tensimeter enhanced intellisense dari Omron bersifat otomatis dengan pengoperasian yang mudah karena memiliki tombol-tombol berukuran besar.

Spesifikasi Omron HEM 7130

Merk Omron
Model HEM-7130
Jenis Garansi Garansi Resmi Omron Indonesia
Masa Garansi 5 Tahun
Dimensi 103 mm x 80 mm x 129 mm
500 g
Baterai 4 “AA” tegangan 1.5V

Mengukur tekanan darah merupakan hal yang mudah, cepat, dan tidak sakit. Apalagi Anda menggunakan produk digital yang hasilnya lebih cepat. Cara menggunakannya hanya dengan memasang manset di lengan dan memencet tombolnya. Pemeriksaan ini dapat dilakukan sesering mungkin. Mikroprosesor pada tensi digital Omron Hem 7130 akan mengubah informasi yang diterima sensor menjadi hasil tekanan darah yang diperlihatkan pada layar mesin.

Ilustrasi: Tensi Digital Omron HEM 7130 (credit: Youtube/Omron Healthcare Asia Pacific)

Petunjuk Penggunaan Tensi Digital Omron HEM 7130

  • Masukkan plug udara ke jack udara, lalu gunakan manset pada lengan atas. Bagian bawah manset berada 1-2 cm di atas siku, sedangkan marker berada di tengah lengan dalam dan kencangkan manset.
  • Saat melakukan pengukuran, Anda harus duduk dengan tenang dan tegak. Pastikan level ketinggian manset sama dengan jantung.
  • Tekan tombol start/stop untuk memulai pengukuran, manset akan mengembang otomatis.

Jika nilai tekanan darah Anda lebih dari 210 mmHg, setelah manset mengembang, tekan tombol start/stop sampai mengembang 30-40 mmHg lebih tinggi dari nilai tekanan yang diharapkan. Monitor tidak akan menunjukkan hasil lebih dari 299 mmHg. Disarankan Anda tidak mandi, minum alkohol atau kopi, merokok, berolahraga, atau makan, 30 menit sebelum melakukan pengukuran.

Tensi Digital Omron HEM 7130

Tensi digital Omron Hem 7130 saat ini dijual dengan kisaran Rp595.750. Harga tersebut terpantau turun dari tahun lalu yang mencapai Rp625 ribu. Dalam satu paket, Anda akan mendapatkan 1 unit tensi digital lengkap dengan baterai dan buku petunjuk penggunaan. Anda dapat membeli produk di toko alat kesehatan online maupun offline terdekat. Perlu diingat, harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Menggunakan Tensi Digital – www.medicalogy.com

[Ditta]

[1] Gain, Rito. 2013. Pengobatan Alternatif untuk Mengatasi Tekanan Darah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 61

Pos terkait