Harga Nuri Merah (Bahan, Dewasa, Sepasang)

Saat ini, ada banyak burung yang memiliki bentuk yang indah. Namun, satu yang tetap menjadi buruan adalah nuri. Bukan cuma punya warna yang cantik, nuri pun sangat atraktif dan diklaim cerdas, sehingga diburu pecinta burung hias. Nuri sendiri hadir dalam berbagai jenis, dan salah satu yang cukup tersohor adalah nuri merah. Dengan tubuhnya yang oke, harga burung ini bisa mencapai angka jutaan rupiah per ekor.

Burung nuri merah (sumber: pasarburung.top)
Burung nuri merah (sumber: pasarburung.top)

Ciri Nuri Merah

Mirip dengan , burung merupakan salah satu satwa yang memiliki mobilitas tinggi dan telah menyebar ke berbagai , dan jumlahnya diperkirakan sudah mencapai 9 ribu jenis.[1] Indonesia sendiri merupakan habitat dari sekitar 1.539 jenis burung di dunia.[2] Meskipun kaya, tetapi Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki daftar panjang tentang satwa liar yang terancam punah.

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu jenis burung yang keberadaannya terancam punah adalah nuri. Nuri sendiri merupakan burung hias yang cantik, berkat warna bulunya yang indah plus kemampuan berkicau yang merdu. Keluarga burung dengan paruh bengkok ini dapat Anda temui di kawasan Indonesia bagian timur, seperti Papua Barat, Maluku, dan Flores.

Habitat burung nuri adalah hutan-hutan tropis, selain ada juga yang hidup di hutan-hutan pinggir sungai dan laut. Habitat asli burung ini sendiri tidak jauh dari pohon-pohon tinggi dan besar. Burung nuri gemar membuat sarang di tempat yang tinggi, misalnya di lubang pohon dan tebing-tebing pinggir sungai, salah satunya bertujuan untuk menghindari pemangsa.

Ada banyak jenis burung nuri, termasuk nuri merah. Ada kesimpangsiuran informasi mengenai jenis ini. Ada yang menyebut nuri merah sebagai nuri Ternate, tetapi ada pula yang menyebutnya sebagai nuri Maluku. Pasalnya, dua jenis burung tersebut memang memiliki warna dominan merah, hanya sedikit perbedaan di bagian sayap dan paruh.

Secara umum, nuri merah memiliki panjang sekitar 31 cm (12 inch, dengan berat tubuh 30 gram sampai 300 gram. Sebagian besar bulunya berwarna merah dan semua bulu tubuh bagian atas juga berwarna merah. Ada tanda merah, biru, dan hitam di bagian belakang dan sayap, sedangkan ekornya berwarna cokelat kemerahan dengan penutup bawah ekor berwarna biru.

Paruh nuri merah berwarna oranye, sedangkan kakinya berwarna abu-abu. Paruh mereka lebih sempit dan kurang kuat dibandingkan jenis burung beo lainnya dan ampela mereka umumnya berdinding tipis dan lemah. Iris mata berwarna merah, kecuali pada Eos Borneabernsteini yang memiliki iris berwarna cokelat. Tidak ada kulit telanjang di dasar mandibula bawah.

Nuri merah sering dikatakan sebagai varian yang cerdas dan memiliki kepribadian yang menyenangkan, serta penampilan yang penuh warna. Mereka sering digambarkan sebagai burung yang flamboyan, teatrikal, sekaligus garang. Burung ini umumnya sangat cerdas, dapat dilatih, penyayang, suka bermain, punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan mereka dapat menampilkan perilaku yang menarik. Saat dijadikan peliharaan, karena sangat aktif, nuri merah harus diberi mainan (tali, lonceng, bola, ayunan), barang kunyah, dan ranting.

Burung ini membutuhkan banyak perhatian dan perawatan. Mereka harus sering dimandikan di bak mandi khusus burung, mangkuk, atau pancuran, dan setelahnya dapat dikeringkan dengan sinar matahari atau dengan pengering rambut. Burung yang masih muda harus disosialisasikan dan diekspos kepada orang-orang baru dan hal-hal baru (kandang baru, mainan, kunjungan dokter hewan, serta guntingan sayap dan kuku).

Terbang bebas di luar lebih disukai. Namun, jika harus ditempatkan di kandang, disarankan berukuran besar dan sering dibersihkan. Mereka dapat disimpan sendiri atau bersama orang lain, selama mereka diawasi secara ketat untuk tanda-tanda agresi. Pasangan yang dikawinkan mempertahankan wilayah mereka dengan paksa.

Di sendiri, sudah banyak penjual yang menawarkan burung nuri merah. Seperti disampaikan di atas, karena punya bentuk yang indah serta cukup cerdas dan atraktif, harga aves ini memang lumayan mahal, bisa mencapai angka jutaan rupiah per ekor. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga burung nuri merah di pasaran.

Burung nuri merah (sumber: ebird.org)
Burung nuri merah (sumber: ebird.org)

Harga Nuri Merah

Varian Nuri Merah Harga
Nuri Merah Rp855.000 per ekor
Nuri Merah Dewasa Rp1.158.000 – Rp1.650.000 per ekor
Nuri Merah Bahan Muda Rp1.397.000 per ekor
Nuri Merah Sepasang Rp2.500.000 – Rp2.680.000 sepasang

Informasi harga nuri merah di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu Anda ingat bahwa harga nuri merah tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Jika dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, harga burung nuri merah tahun 2023 mengalami perubahan. Misalnya, nuri merah dewasa yang sebelumnya dijual kisaran Rp1 juta sampai Rp1,16 juta, sekarang naik jadi Rp1,15 juta sampai Rp1,65 jutaan per ekor.

Apakah Nuri Merah Dilindungi?

Namun, sebelum memutuskan membeli nuri merah, Anda harus memastikan apakah burung tersebut dilindungi atau tidak. Dilansir dari situs resmi ProFauna, sekitar 85 jenis burung paruh bengkok (jenis nuri dan kakatua) hidup di Indonesia, dan 14 di antaranya telah dilindungi karena masuk dalam kategori terancam punah.

Yang sudah jelas dilindungi adalah nuri Maluku, yang kebetulan punya warna bulu dominan merah. Dilansir dari Antara, burung nuri Maluku dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 92/MENLHK/SETJEN/KUM.1.6/2018. Jenis burung ini endemik hanya ada di Maluku, berjumlah sekitar 32 jenis di Maluku dan 15 jenis di Maluku Utara.

[Update: Dian]

[1]Perrins, Christopher M. dan Tim R. Birkhead T. R. 1983. Tertiary Level Biology: Avian Ecology. New York: Chapman and Hall.

[2]Latupapua, Lesly. 2016. Jenis dan Habitat Burung Paruh Bengkok pada Hutan WaeIllie Taman Nasional Manusela. Agrologia, Vol. 5(2): 67-77.

Pos terkait