Info Terbaru Harga Mesin Serut Kayu Maktec (MT190, MT191, MT192)

Jika Anda bergiat di bidang pertukangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan Maktec. Ini adalah sub-brand Makita yang telah memproduksi beragam produk pengerjaan teknik, seperti bor, jigsaw, blower, hingga mesin serut kayu. Nah, khusus untuk mesin serut kayu, produk buatan Maktec rata-rata dijual dengan harga ratusan ribu rupiah unit.

Harga Alat Tukang Kayu - productnation.co
Ilustrasi: penggunaan mesin serut kayu (sumber: productnation.co)

Dilansir dari berbagai sumber, mesin serut kayu, atau biasa disebut planer atau mesin ketam kayu, adalah salah satu alat perkakas atau alat pertukangan kayu yang memiliki fungsi utama sebagai alat untuk menghaluskan permukaan kayu. Dengan memakai peralatan ini, proses menghaluskan kayu relatif lebih cepat dibandingkan jika dilakukan dengan cara manual memakai amplas. Selain itu, apabila memakai amplas, tidak hanya waktu, kita juga akan lebih menguras tenaga.

Bacaan Lainnya

Mesin planer ini memiliki sejumlah komponen dengan fungsinya masing-masing. Jika salah satu fungsi komponen tersebut tidak terpenuhi, maka akan berakibat fatal terhadap hasil kinerja mesin planer yang bersangkutan, termasuk rangka. Rangka merupakan komponen utama yang berguna untuk menopang seluruh komponen pendukung mesin serut kayu lainnya.[1]

Jenis Mesin Serut Kayu

  • Mesin serut manual, ini adalah alat yang biasanya berupa balok kayu yang dipasangi pisau sebagai media penyerut. Alat ini punya fungsi utama untuk menghaluskan permukaan kayu. Namun, jika memakai alat ini untuk menghasilkan kayu berkapasitas banyak, maka akan memerlukan waktu yang cukup lama sehingga menjadi tidak efisien.
  • Mesin serut elektrik, bisa dikatakan sebagai generasi kedua setelah alat serut manual. Mesin ini memakai motor sebagai penggerak pisau penghalus kayu sehingga mempermudah pekerjaan manusia karena menggunakan sistem semi-otomatis, sehingga mengurangi pengerjaan tenaga manusia dan hasilnya pun relatif lebih baik. Namun, mesin ini tidak memiliki pengarah dan pengatur ketebalan pemakanan kayu, sehingga sulit untuk mendapatkan permukaan yang merata dan terukur.
  • Mesin serut otomatis, merupakan alat yang sering digunakan sebagai penghalus kayu berkapasitas tinggi. Mesin serut kayu jenis ini mampu menghaluskan permukaan kayu dari dua sisi secara otomatis dan membentuk profil bagian sudut benda kerja. Umumnya, mesin ini digunakan pada -industri berskala besar karena multifungsi. Sayangnya, karena harganya yang tergolong mahal, jenis ini kurang dapat dijangkau industri rumah tangga.

Cara Menggunakan Mesin Serut Kayu

  • Sebelum mengoperasikan mesin, cek kapan terakhir kali pisau diasah dan pastikan bahwa mata pisau tersebut masih tajam. Kemudian, periksa kedudukan daun meja mesin bagian depan dan belakang. Ingat, daun meja belakang pasti dan harus berada lebih rendah daripada daun meja depan. Perbedaan ketinggian ini sebesar ketebalan kayu yang diserut dalam waktu sekali jalan, dengan level perbedaan ideal antara 1 hingga 4 mm.
  • Panel penghantar yang berfungsi untuk mengontrol sisi-sisi kayu menjadi siku 90 derajat harus berada pada posisi yang benar dan stabil. Pastikan Anda telah mengencangkan panel ini sebelum menjalankan mesin.
  • Jangan lupa pasang penutup pengaman pisau yang biasanya telah menjadi satu bagian dengan mesin.
  • Setelah mesin menyala, pastikan bahwa kayu telah menempel panel penghantar (bagian samping) ketika masih berada di meja belakang.
  • Lakukan dorongan kayu ke depan pada kecepatan yang sesuai dan stabil. Apabila terlalu cepat mendorong, akan mengakibatkan cutter-mark pada permukaan kayu (permukaan bergelombang). Sementara, apabila terlalu lambat, akan mengakibatkan burnt-mark, yaitu noda seperti terbakar karena putaran pisau tidak mengiris kayu sama sekali. Burnt-mark juga dapat ditimbulkan ketika mata pisau tumpul.
  • Begitu benda kerja telah melewati poros pisau, lakukan tekanan hanya pada meja depan, dengan tetap memberi sedikit tekanan ke arah panel penghantar. Setelah benda kerja melewati pisau, meja depan mesin menjadi patokan kayu agar tetap rata.
  • Pada waktu mendorong benda kerja, posisi tangan tidak boleh terbuka. Jari-jari tangan harus selalu rapat dan terletak di atas benda kerja. Untuk ukuran kayu yang kecil, cukup gunakan jari telunjuk dan ibu jari. Jari telunjuk untuk menekan kayu ke arah penghantar, dan jepitan kedua jari untuk mendorong kayu ke depan.
  • Apabila benda kerja tipis, bagian pisau yang terbuka di atas permukaan meja harus selalu ditutup dengan pengaman mesin yang telah tersedia.
  • Ketika terdapat kayu yang melengkung, awal penyerutan harus pada sisi yang cekung baik untuk permukaan daun meja mesin atau penghantar. Berarti, kedua ujung kayu (depan dan belakang) harus menyentuh daun meja dan penghantar.

Tips Memilih Mesin Serut Kayu

Mesin serut Maktec (sumber: biggo.id)
  • Ketika memilih mesin serut kayu, penting untuk mengetahui ukuran lebarnya. Karena, lebar mesin serut akan menentukan seberapa lebar kayu yang dapat Anda kerjakan pada satu waktu.
  • Pilih produk dengan mata pisau yang bisa diganti. Memang benar bahwa kebanyakan produk yang dijual belakangan ini menggunakan mata pisau yang bisa diganti. Namun, ada juga produk yang mata pisaunya flat dan harus diasah agar kembali tajam. Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa produk pilihan Anda mata pisaunya bisa diganti. Selain itu, pastikan juga mata pisau penggantinya banyak beredar di pasaran.
  • Anda sebaiknya memilih produk yang dapat dipasangkan penampung serbuk kayu atau dust bag. Sehingga, Anda pun akan lebih nyaman bekerja. Terdapat produk yang penampung sisa kayunya sudah terpasang secara langsung pada mesin. Namun, banyak juga produk dengan penampung berbentuk kantong dijual terpisah.

Review Mesin Serut Kayu Maktec

Tidak sulit mendapatkan produk mesin serut kayu karena sudah tersedia banyak merk yang dapat Anda temukan di pasaran. Nah, salah satu yang cukup populer adalah Maktec. Dilansir dari situs resminya, sub-brand Makita ini setidaknya sudah menyediakan dua tipe planer, yakni Maktec MT111 dan Maktec MT191. Namun, di pasaran dalam negeri, juga beredar tipe Maktec MT192.

Untuk model Maktec MT111, dikatakan punya motor yang powerful, kapasitas yang tinggi, pegangan yang dirancang secara ergonomis dan lunak dari karet, serta sisi belakang yang memastikan pengerjaan yang mulus dan akurat. Model ini memiliki kapasitas planning width 82 mm dan planning depth 3 mm, dengan shiplapping 20 mm.

Sementara itu itu, untuk tipe Maktec MT191, adalah mesin serut kayu yang dikatakan punya kapasitas pengerjaan yang tinggi, dengan pegangan lunak dari karet yang ergonomis, serta memiliki foot on base plate yang dapat melindungi benda kerja dan pisau dari goresan dan kerusakan. Produk ini juga didukung fitur V-groove pada alas untuk memudahkan pemotongan serta guide rule yang dapat diinstal.

Harga Mesin Serut Kayu Maktec

Tipe Mesin Serut Kayu Maktec Harga
Maktec MT923 Mesin Amplas Rp785.000 – Rp999.000
Maktec MT190 Rp825.00
Maktec MT192 Rp825.000 – Rp1.100.000
Maktec MT191 Rp850.000 – Rp1.240.000

Harga mesin serut kayu Maktec di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perabotan pertukangan dan juga situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya sebenarnya terpantau stabil. Maktec MT191 misalnya, awalnya dijual Rp950 ribu dan sekarang sekitar Rp850 ribu sampai Rp1,24 jutaan. Sementara itu, harga Maktec MT192 masih sekitar Rp800 ribuan.

[1] Majid, Danang Abdul, dkk. 2019. Rancang Bangun Rangka Mesin Planer Kayu Otomatis dengan Penggerak Motor Listrik. Jurnal CRANKSHAFT, Vol. 2(1): 25-34.

Pos terkait