Info Terkini Harga Roland Juno-G dan Roland Juno-Gi

Berbicara mengenai merk keyboard, Roland menjadi salah satu nama yang cukup populer di kalangan pencinta musik. Brand ini sendiri telah melahirkan banyak tipe keyboard, salah satunya seri Juno-G. Sayangnya, produk ini sekarang sudah berhenti produksi dan digantikan varian Juno-Gi, yang termasuk dalam model synthesizer. Meski demikian, Anda masih bisa mendapatkan produk bekasnya di kisaran harga jutaan rupiah.

Roland Juno-G (sumber: teclacenter.com)
Roland Juno-G (sumber: teclacenter.com)

Hingga saat ini, mungkin masih ada sebagian orang yang menganggap keyboard sama dengan synthesizer. Padahal, keyboard dan synthesizer adalah dua alat musik yang sedikit berbeda. Pada umumnya, keyboard adalah alat musik elektrik yang membutuhkan aliran listrik memainkannya. Alat musik ini bisa dimainkan sendiri (solo). Anda juga bisa memasukkan file midi sehingga Anda dapat dengan mudah mengiringi lagu-lagu tersebut.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, synthesizer adalah alat musik yang bentuknya tidak jauh beda dengan keyboard. Dan, meskipun synthesizer dan keyboard hampir mirip, namun dapat dibilang synthesizer mempunyai kelebihan yang tidak bisa dimiliki oleh alat musik keyboard, salah satunya adalah fitur sound bank. Ini adalah file yang bisa menghasilkan efek suara (sound effect) yang lebih segar Anda gunakan dalam mengisi sebuah instrumen.

Spesifikasi Roland Juno-G

Salah satu synthesizer yang cukup terkenal di dalam negeri adalah Juno-G produksi Roland. Ini adalah alat musik workstation atau synthesizer yang diperkenalkan pada tahun 2006 oleh Roland Corporation. Produk ini didasarkan pada seri Fantom-X, yang memiliki desain vintage yang menyerupai synthesizer Juno pertama, seperti Juno-106. Pesaing utama Juno-G dalam kisaran harga yang sama, fitur serupa, dan tahun pertama rilis, adalah workstation KORG Triton Le / TR.

Meskipun menggunakan nama dan pengantar yang sama, Juno-G tidak diatur menggantikan synthesizer Juno-D yang populer. Terlepas dari nama Juno, G dan D memiliki sedikit kesamaan, yakni berakar pada mesin Roland’s RS PCM. Juno-G memiliki mesin suara yang sama dengan seri Fantom-X, yakni 128-voice polyphony, 768 patch, dan 256 patch GM2 dalam memori gelombang 64 MB, dengan 16 MIDI plus 4 track audio stereo.

Synthesizer ini juga kompatibel dengan Windows dan Mac, yang terhubung melalui USB MIDI dan transfer data. Soket In-Out MIDI konvensional juga disediakan, meski tidak ada soket MIDI Thru. Kartu memori Compact Flash dan Secure Digital sebesar 2 GB diterima menggunakan adaptor kartu PC standar. Slot papan ekspansi SRX tunggal dan slot PC133 RAM juga tersedia untuk DIMM hingga 512mb.

Spesifikasi Roland Juno-Gi

Sayangnya, produksi Juno-G dihentikan pada tahun 2010, yang kemudian digantikan dengan peluncuran seri Juno-Gi. Juno-Gi adalah keyboard polifoni 128-suara yang berisi sekitar 1.300 suara dan perekam digital. Pada seri ini, dibekali dengan fitur sangat lengkap berisi lebih dari 1.300 sound baru, perekam digital 8-track, dan efek profesional buatan BOSS. Anda juga dapat melakukan write, record, mix, mastering dan tampil di mana saja dengan Juno-GI ini.

Selanjutnya, yang baru di Juno-Gi adalah Live Sets, yang masing-masing dapat terdiri sampai empat layer nada. Anda bisa menciptakan suara unik Anda sendiri dengan melapis atau memisahkan nada dan menyimpannya bersama sebagai Set Live. Lebih jauh lagi, Special Live Set mendapatkan keuntungan maksimal dari mesin suara Juno-Gi menghasilkan suara synthesizer yang paling canggih.

Keyboard synthetizer Roland Juno Gi (sumber: evolutionmusicstore.com)

Secara khusus, Juno-Gi dirancang bagi mereka dengan mobilitas yang tinggi. Selain bobotnya yang ringan, daya tahan baterai-nya dapat beroperasi lebih dari 3 jam secara terus-menerus dengan menggunakan 8 NiMH baterai AA. Perangkat ini diklaim mampu memanjakan Anda agar dapat bereksperimen dengan bebas dalam kondisi apa pun. Baterai amps Roland seperti BA – 330 dan KC – 110 juga dapat menjadi pasangan yang sempurna bagi Juno-Gi.

Juno-Gi dipersenjatai dengan alat perekam digital built-in 8 track dengan 64 track virtual yang memberikan Anda fitur multi-track layaknya sebuah studio, ditambah dengan controls transport dan mix faders. Media perekamnya sendiri menggunakan SD atau kartu SDHC dengan waktu merekam sampai 192 jam jika menggunakan satu kartu SDHC 32GB.

Anda juga dapat mengekspor atau mengimpor track data dengan menggunakan komputer. Efek profesional seperti yang terdapat dalam BOSS seri GT juga ditanamkan ke Juno-Gi ini, demikian juga efek vokal. Menghubungkan gitar atau mikrofon secara langsung ke efek tinggi ini akan menghasilkan kualitas sound yang sesuai dengan keinginan.

Sementara itu, port USB multifungsi yang terdapat pada Juno-Gi membuat, baik audio maupun MIDI, berfungsi sama baiknya. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah koneksi kabel ke komputer melakukan streaming audio dan MIDI, juga untuk meng-interface-nya dengan software musik favorit Anda.

Ketika Anda menggabungkan Juno-GI dengan software Cakewalk Sonar LE 8.5, maka Anda akan mendapatkan digital audio workstation paket lengkap PC Anda. Sebagai tambahan, MIDI Controller Mode memungkinkan Anda mengoperasikan Juno-GI sebagai keyboard MIDI utama untuk mengontrol DAW atau perangkat MIDI eksternal Anda. 

Harga Roland Juno-G

Seperti diutarakan sebelumnya, usia Roland Juno-G tidak berlangsung lama karena sudah berhenti produksi sejak tahun 2010 lalu. Namun, jika Anda kesengsem dengan perangkat ini, bisa membeli produk bekasnya dengan harga mulai Rp2,9 juta hingga Rp4,5 jutaan, tergantung kondisi barang. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, Roland Juno-G second ditawarkan di kisaran harga Rp6 juta hingga Rp8 jutaan.

Harga Roland Juno-Gi

Apabila Anda membutuhkan perangkat yang lebih komplet, varian Roland Juno-Gi yang notabene penerus Juno-G bisa menjadi alternatif yang menarik. Sayangnya, harga perangkat ini relatif lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya. Karena sudah tidak diproduksi lagi, Roland Juno-Gi sekarang hanya tersedia versi bekasnya dengan harga mulai Rp6,5 juta sampai Rp10 jutaan, tergantung kondisi barang. 

Pos terkait