Update Harga Karet Wiper Honda Brio

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan wiper atau penyeka kaca. Ini adalah salah satu alat yang berguna untuk membersihkan kaca pada mobil, umumnya kaca depan. Namun, layaknya komponen lainnya, jika tidak dirawat dengan baik, wiper juga rentan mengalami masalah, terutama pada bagian karetnya. Untungnya, saat ini sudah banyak pedagang yang menawarkan karet wiper untuk berbagai kendaraan, termasuk Honda Brio, dengan harga yang cukup terjangkau.

Wiper mobil (sumber: simasurtech.com)
Wiper mobil (sumber: simasurtech.com)

Seperti diuraikan sebelumnya, wiper adalah perangkat yang digunakan untuk membersihkan kaca pada mobil, selain tersedia juga di kereta api, kapal laut, truk, bus, dan transportasi lainnya. Alat ini sering digunakan ketika kondisi hujan atau bila ada debu, lumpur, dan benda lain yang mengotori kaca kendaraan. Pada mobil modern, penyeka kaca ini memiliki tiga kecepatan, yaitu sekali-kali, sedang, dan cepat sehingga pemakaian bisa disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Bacaan Lainnya

Secara umum, penyeka kaca mobil terdiri dari motor penggerak penghapus kaca, tuas, dan juga alat penghapus (blade) yang biasanya terbuat dari karet dengan rangka dari atau plastik. Jika salah satu atau beberapa bagian dari alat ini rusak atau mengalami masalah, maka wiper tidak dapat dipergunakan secara optimal.

Khusus untuk karet, bagian ini menjadi bagian yang paling rentan dalam sebuah wiper. Terik matahari bisa menjadi salah satu faktor yang bisa memperpendek ketahanan karet pembersih kaca jendela mobil. Ketika bersentuhan dengan kaca mobil yang panas, karet secara perlahan bisa menjadi keras, yang akhirnya mengakibatkan wiper tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Meski terkesan sepele, wiper dengan karet yang telah mengeras bisa berpotensi merusak kaca depan dan mengganggu pandangan saat berkendara. Nah, salah satu cara paling mudah untuk merawat karet wiper ini adalah dengan mengangkatnya ketika Anda memarkir kendaraan, terutama saat Anda mendapatkan lokasi parkir di area terbuka.

Secara umum, memang tidak ada pasti untuk karet wiper. Namun, bila tidak melakukan langkah demikian, tentu bisa mempercepat masa pakai karet wiper. Terlebih, jika Anda tidak pernah mengangkat wiper saat memarkir kendaraan, lalu musim kemarau berganti dengan musim hujan. Tak pelak, karet wiper akan semakin cepat mengalami aus.

Namun, jika sudah terlanjur demikian, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan karet wiper di banyak bengkel maupun di situs jual beli online. Harga karet wiper sendiri bervariasi, tergantung merek mobil dan merek karet yang bersangkutan. Berikut kisaran harga karet wiper untuk Honda Brio di pasaran Tanah Air.

Ilustrasi: Mengganti Karet Wiper (sumber: cakapcakap.com)

Harga Karet Wiper Honda Brio

Merk Karet Wiper Harga
Aspira Sepasang Rp100.000
Wiper Blade Sepasang Rp115.000
Dr. D. Fischer Wiper Depan Sepasang Rp115.000
Rainforce Sepasang Rp160.000
Bosch Advance Sepasang Rp221.900

Harga karet wiper Honda Brio di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun 2020, harganya tahun 2021 ada yang naik dan turun, tetapi cenderung naik di tahun 2022.

Wiper Bosch Advance sepasang misalnya, dijual Rp134 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp200 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp221 ribuan tahun 2022. Sementara, wiper Aspira sepasang yang dilepas Rp95 ribuan tahun 2020, turun menjadi Rp62 ribuan tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp100 ribu tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait