Update Harga Jeruk Lemon Lokal dan Impor per Kg

Jeruk adalah salah satu jenis buah jeruk yang sering dinikmati karena manfaatnya yang baik untuk tubuh. Mungkin Anda kerap mengonsumsi lemon pada jenis minuman lemon tea. Karena banyaknya manfaat dari buah yang satu ini, maka permintaan di pasaran pun tak pernah sepi. Jeruk lemon, baik lokal maupun impor, dibanderol dengan harga bervariasi per 1 (kg).

Ilustrasi: Harga Lemon di Pasaran (credit: warehousebizongo)
Ilustrasi: Harga Lemon di Pasaran (credit: warehousebizongo)

Karakteristik Jeruk Lemon

Buah dengan bentuk lonjong ini memiliki kadar air tinggi dan rasa manis masam yang segar. Biasanya, selain air perasan buahnya, kulit jeruk lemon yang diparut juga banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada pembuatan kue atau makanan penutup lainnya yang membutuhkan perasa lemon. Beberapa waktu terakhir, banyak masyarakat yang menggunakan jeruk lemon untuk membuat infused water, yakni buah yang direndam dalam air, dengan tujuan untuk menyerap nutrisi yang ada pada buah supaya larut dalam air, lalu diminum.

Bacaan Lainnya

Buah lemon sendiri umumnya ada dua jenis, yakni lemon impor dan lemon lokal. Perbedaannya bisa dibedakan pada warnanya. Lemon lokal berwarna kuning muda, teksturnya lebih bundar dan memanjang, rasanya lebih asam daripada lemon impor. Sementara, lemon impor kulitnya berwarna kuning tua, permukaannya licin, dan aromanya lebih harum daripada lemon lokal.

Untuk jenis lemon lokal sendiri, masih terbagi ke dalam beberapa varian, misalnya lemon Amerika, lemon Australia, dan lemon Jari Budha. Jenis lemon Amerika banyak ditemukan di pasar swalayan. Bentuknya yang lonjong dengan ukuran besar tentu sangat menarik dipandang. Apalagi dengan warna kulitnya yang kuning, yang membedakannya dengan lemon lokal yang memiliki warna hijau. Selain itu, kulit buahnya lebih tebal, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menggunakannya sebagai perasa lemon dalam masakan Anda.

Hampir menyerupai lemon Amerika, lemon Australia juga memiliki warna kulit kuning mengkilat cantik, dengan ukuran yang besar. Namun, aromanya lebih harum dan khas lemon. Rasanya pun manis asam segar.

Dari sekian jenis lemon unggul, lemon Jari Budha merupakan varietas paling menarik. Bila lemon lain berbentuk lonjong, maka lemon Jari Budha memiliki bentuk layaknya seperti tangan manusia dengan jari. Jari-jari tersebut merupakan kulit yang menebal. Hampir tidak terkandung buah di dalamnya. Apabila ditemukan daging buah, persentasenya sangat sedikit dan rasanya sangat masam. Rasa kulit lemon Jari Budha sangat getir. Namun di balik ketidaknikmatan rasa buahnya, Anda dapat menemukan berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Ilustrasi: Air Lemon (credit: freehealthlinks)
Ilustrasi: Air Lemon (credit: freehealthlinks)

Manfaat Jeruk Lemon

Bagi Anda yang sedang dalam program diet, air lemon dapat menjadi teman terbaik. Pasalnya, polifenol dalam lemon dapat membantu mengurangi . Studi terhadap tikus menunjukkan bahwa polifenol dalam lemon membantu mencegah penambahan berat badan. Saat meminum segelas air lemon, terutama sebelum makan, dapat membantu mengisi perut sehingga mengimbangi jumlah makanan yang dibutuhkan agar merasa kenyang. Air lemon juga merupakan pilihan sehat untuk mengganti segelas jus jeruk pagi. Untuk membuat air lemon, gunakan lemon utuh (bukan jus lemon dalam botol).

Sudah menjadi rahasia umum kalau vitamin C pada lemon bisa memberikan antibodi tambahan. Nah, ternyata ada manfaat lain dari air lemon, yakni membantu mencegah infeksi. Lingkungan asam di perut berfungsi sebagai penghalang patogen penyebab penyakit. Dengan mengasup makanan yang sangat asam, termasuk air lemon, berkontribusi pada lingkungan asam. kimia dalam lemon yang dikenal sebagai fitonutrien memiliki sifat antioksidan yang juga dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, seperempat gelas air lemon menghasilkan 23,6 mg vitamin C, dan sekitar sepertiga dari asupan harian yang direkomendasikan untuk perempuan dan seperempat untuk pria. Vitamin C adalah antioksidan yang membantu melindungi sel melawan radikal bebas, dan melindungi tubuh dari penyakit kanker, dan mempercepat penyembuhan luka. Agar kadar vitamin C dalam jeruk tak berkurang, campurkan perasan air jeruk dengan air hangat suam-suam kuku, bukan dengan air panas.

Selain untuk meningkatkan antibodi, rasa asam dari air lemon dapat membantu mencerna makanan. Flavonoid jeruk dalam lemon membantu asam di perut memecah makanan, sehingga memperbaiki pencernaan secara keseluruhan. Membantu pencernaan sangat penting seiring bertambahnya usia karena jumlah asam di perut menurun seiring bertambahnya usia.

Harga lemon per kg pada 2020 di kisaran Rp55 ribu per 500 gram untuk jenis lemon impor. Sementara, untuk lemon lokal, di pasaran dihargai sebesar Rp10 ribu hingga Rp17 ribuan per kg. Untuk lebih lengkapnya, berikut kami tampilkan daftar harga buah lemon lokal yang ada di setiap kota di Indonesia dan lemon impor pada 2022.

Lemon Lokal (sumber: pxhere.com)
Lemon Lokal (sumber: pxhere.com)

Daftar Harga Lemon per Kg

Jenis dan Daerah Harga per Kg
Lemon lokal di Lampung Rp12.000
Lemon lokal di Malang Rp15.000
Lemon lokal di Pontianak Rp15.000
Lemon citra di Malang Rp16.000
Lemon lokal di Rp17.500
Lemon citra di Sampit Rp17.800
Lemon lokal di Medan Rp18.000
Lemon lokal di Bali Rp18.000
Lemon citra di Makassar Rp18.500
Lemon citra di Banjarmasin Rp19.220
Lemon citra di Lampung Rp19.900
Lemon citra di Palembang Rp20.000
Lemon citra di Medan Rp20.000
Lemon citra di Surabaya Rp21.500
Lemon citra di Pontianak Rp21.900
Lemon citra di Jakarta Rp22.000
Lemon lokal di Rp25.000
Lemon import California Rp25.000
Lemon lokal di Surabaya Rp27.000
Lemon lokal di Pasuruan Rp29.000
Lemon lokal di Jakarta Rp30.000
Lemon lokal di Banjarmasin Rp30.000
Lemon lokal di Balikpapan Rp30.000
Lemon lokal di Sampit Rp31.000
Lemon impor China Rp35.000
Lemon impor Australia Rp41.200

Harga jeruk lemon lokal dan impor per kg di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk marketplace. Sedangkan untuk tahun 2020, harga lemon lokal relatif murah, berkisar mulai Rp10 ribu sampai Rp17 ribu per kilo. Kemudian untuk lemon impor harganya jauh lebih mahal, berkisar antara Rp20 ribuan sampai Rp70 ribuan per 1 kilogram. Dan lemon import per karton bisa dijual mencapai Rp460 ribuan di pasaran.

Lalu, pada 2021 harga lemon lokal dan impor per kg kembali mengalami kenaikan. Lemon lokal bisa mencapai lebih dari Rp20 ribu sekilo, sedangkan lemon impor dijual mulai dari Rp23 ribuan hingga lebih dari Rp30 ribu per kilogram.

Perubahan harga jeruk lemon juga terjadi di tahun 2022. Jeruk lemon lokal yang dibanderol Rp10.000 hingga Rp27.000 tahun 2021, naik menjadi Rp12.000 hingga Rp31.000 di tahun 2022. Sementara itu, lemon impor yang dibanderol Rp16 ribuan hingga Rp33 ribu di tahun 2021, naik menjadi Rp18 ribuan hingga Rp41 ribuan tahun 2022. Daftar harga buah lemon tersebut bisa saja berbeda dengan daerah Anda dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

[Update: Almas]

Pos terkait