Info Terupdate Harga Jasa Duplikat Kunci

Kunci menjadi benda penting yang tidak boleh disepelekan apalagi saat terjadi kehilangan. Entah itu kunci motor, mobil, atau rumah, membuat pemiliknya harus berhati-hati begitu menyimpannya. Kunci akan mudah hilang jika pemilik meletakkannya di sembarang tempat dan tidak memberikan gantungan. Tak heran, jika jasa duplikat kunci begitu dibutuhkan untuk saat ini. Anda pun tak perlu merogoh kocek mahal untuk membayar jasa duplikat kunci karena umumnya harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Rangkaian kunci
Rangkaian kunci

Umumnya, setiap orang akan mendapatkan dua kunci setelah membeli ataupun hunian. Sebagian orang cenderung meremehkan keberadaan kunci sebelum merasa kehilangan. Baru setelah kunci hilang, Anda pasti membutuhkan kunci cadangan dan segera menduplikatnya. Sebenarnya, di internet banyak terdapat ilmu mengenai duplikat kunci yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah.

Bacaan Lainnya

Cara Duplikasi Kunci Sendiri

Untuk menduplikat kunci sendiri, Anda perlu menyiapkan sejumlah bahan, yakni korek api, pita perekat atau selotip, dan tutup kaleng. Langkah pertama, Anda letakkan gagang kunci asli di atas api kecil dari lilin atau korek api. Pastikan bagian yang dibakar adalah bagian yang bergerigi hingga berwarna hitam. Selanjutnya, siapkan pita perekat atau selotip yang memiliki struktur lebih keras. Kemudian tempelkan kunci yang sudah berwarna hitam tadi ke selotip hingga membekas ke pita perekat.

Siapkan bagian tutup kaleng dan potong sesuai dengan cetakan gambar dalam pita perekat. Langkah ini memang agak sulit, untuk itu Anda harus berhati-hati dan teliti melakukannya. Perlu diingat, Anda harus memotong bagian kaleng agar benar-benar menyerupai struktur kunci yang terbentuk pada pita. Jika langkah ini berhasil, maka kunci duplikat Anda sudah selesai.

Tentu tidak mudah mengerjakannya sendiri di rumah, apalagi jika Anda tidak pernah memiliki pengalaman pada bidang tersebut. Tak menjadi masalah apabila Anda lebih memilih jasa duplikat untuk memperoleh kunci cadangan yang lebih aman disimpan. Jasa duplikat kunci terbilang mudah ditemui di pinggir jalan.

Duplikat Kunci Menggunakan Mesin CNC

Proses Duplikat Kunci Dengan Dengan Mesin (sumber: findit.com)

Jika dulu Anda harus menunggu cukup lama untuk menduplikasi kunci, namun berbeda dengan sekarang karena sebagian penyedia jasa duplikat kunci telah menggunakan mesin canggih. Anda hanya perlu menunggu selama 5 menit saja, maka kunci duplikat segera dikantongi. Mesin yang digunakan untuk menduplikat kunci kerap disebut mesin CNC.

Mesin duplikat kunci ini berbasis computerized dengan cara kerja menganalisis lekukan anak kunci yang akan diduplikasi dan disimpan di dalam komputer. Setelah mesin berhasil membaca lekukan tersebut, maka anak kunci asli dapat diambil dan diganti dengan anak kunci yang mentah.

Alat tersebut dapat digunakan untuk berbagai anak kunci dari yang giginya di samping sampai yang giginya di tengah seperti kendaraan keluaran sekalipun. Pengerjaannya pun hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja. Hasil kunci duplikat juga dijamin 100% presisi, sebab mesin duplikat kunci berbasis computerized memang memiliki tingkat akurasi lekukan lubang kunci yang presisi. Lalu, berapa harga jasa duplikat kunci saat ini?

Biaya Jasa Duplikat Kunci

Jenis Anak Kunci Tarif
Anak Kunci 1 25.000
Anak Kunci 2 25.000
Anak Kunci 3 40.000
Anak Kunci 4 40.000

Berbeda dengan duplikat kunci pintu, duplikat kunci mobil atau motor memang lebih rumit dan harga yang ditawarkan pasti berbeda. Harga duplikat kunci di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Biaya tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan penyedia jasa.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 hingga 2021, harga jasa duplikat kunci tahun 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, jasa duplikat anak kunci 1 yang dipatok Rp20 ribu tahun 2020 hingga 2021, naik menjadi Rp25 ribu tahun 2022.

Untuk menduplikat kunci menggunakan mesin CNC yang pengerjaannya cepat, maka Anda harus merogoh kocek yang cukup mahal. Dilansir dari e-commerce, untuk membuat satu anak kunci, Anda harus mengeluarkan biaya kisaran Rp125 ribu hingga Rp300 ribu di tahun 2021 hingga 2022, naik dari Rp100 ribu sampai Rp250 ribu di tahun 2020.

Harga tersebut tergantung tingkat kesulitan pengerjaan duplikat kunci. Jika dibandingkan dengan menduplikasi kunci dengan pengerjaan manual, biaya jasa tersebut terbilang murah tetapi berisiko kerusakan pada lubang kunci kendaraan Anda.

Bagi yang tak ada waktu untuk pergi ke tempat duplikat kunci, maka Anda dapat memanfaatkan jasa duplikat kunci panggilan. Anda dapat mengunjungi beberapa situs untuk order jasa tersebut. Menurut ulasan di internet, biaya membuat kunci duplikat jauh lebih murah jika Anda memanggil tukang kunci.

 

Jasa duplikat kunci (sumber: browleyglass.co.uk)

Harga Jasa Duplikat Kunci Panggilan

Jenis Kunci Tarif
Kunci Gembok Rp5.000-Rp20.000
Kunci Pintu Almari Rp10.000-Rp30.000
Kunci Sepeda Motor Rp25.000-Rp50.000
Kunci Mobil Rp20.000-Rp100.000
Kunci Brankas Rp50.000-Rp150.000
Kunci Immobilizer Rp500.000-Rp1.000.000

Harga jasa duplikat kunci panggilan di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk website penyedia jasa duplikat kunci. Perlu diingat, biaya jasa duplikat kunci panggilan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, tarif jasa duplikat kunci tahun 2021 hingga 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, jasa duplikat kunci sepeda motor yang dibanderol Rp15 ribu tahun 2020, naik menjadi Rp25 ribu hingga Rp50 ribu di tahun 2021 hingga 2022.

Anda dapat menjadikan informasi di atas sebagai referensi sebelum pergi memanggil jasa duplikat kunci. Ada baiknya, sebelum memesan jasa, Anda menanyakan terlebih dulu harga yang ditawarkan.

Mengingat pentingnya kunci dalam berbagai aktivitas, maka ada baiknya Anda menjaganya agar tidak mudah hilang. Anda dapat menggunakan gantungan kunci dengan beban yang cukup berat. Anda juga perlu menghindari menyimpan kunci di saku baju. Pasalnya, kunci akan rentan terjatuh karena gerakan tubuh yang tak disadari. Apalagi saku baju memiliki yang cukup luas, maka kemungkinan kunci motor hilang akan terbuka lebar.

Anda juga perlu menyediakan tempat kunci yang menempel di dinding kamar. Tempatkan gantungan khusus untuk menyimpan kunci motor di tempat-tempat yang paling sering dilewati saat berada di rumah. Dengan hal tersebut, Anda tidak akan mudah kehilangan atau lupa meletakkan kunci.

 

[Update: Almas]

Pos terkait