Ciri Fisik dan Update Harga Ikan Louhan Bonsai

Sejak tahun 2001-an, ikan louhan mulai marak diperbincangkan oleh pemijah atau pedagang ikan di Indonesia. Jenis ini sering dijadikan sebagai ikan karena sebagian orang percaya dapat membawa hoki bagi pemiliknya. Nah, salah satu jenis ikan louhan yang cukup diminati masyarakat adalah Bonsai. Harga jual ikan ini bervariasi, tergantung ukuran.

Ikan louhan bonsai (sumber: akuatik.id)
Ikan louhan bonsai (sumber: akuatik.id)

Ciri Ikan Louhan

Louhan memiliki nama latin Cichlasoma sp yang digemari oleh orang Malaysia karena punya kepala menonjol yang dikenal sebagai karoi atau kapal perang. Orang Taiwan juga menyukainya karena penduduk di negara tersebut menilai ikan louhan yang dahinya menonjol dan ekornya yang panjang merupakan tanda keberuntungan dalam geomenasi. Flowerhorn, nama lain ikan ini, memang begitu terkenal dengan dengan warna sisik dan benjolan yang khas di kepalanya.

Bacaan Lainnya

Merupakan spesies hibrid yaitu termasuk jenis ikan hias yang bukan berasal dari alam, ikan louhan adalah hasil perkawinan silang dari beberapa jenis cichlid di Amerika. Jenis cichlid tersebut meliputi cichlasoma trimaculatum, C. carpinte, C. nigrofasciatum, C. synspilum, dan C. salvini. Golden base termasuk ikan louhan yang diimpor pertama kali ke Amerika Serikat.[1]

Bicara soal keunikan, ikan louhan menawarkan keindahan tersendiri yang terletak pada nongnong di kepalanya serta corak di sisiknya, yang biasanya menyerupai tulisan. Terkadang, ada louhan yang coraknya berupa tulisan yang dapat terbaca dengan jelas. Louhan juga termasuk ikan hias yang mudah akrab dengan pemiliknya, sehingga tak heran jika ikan ini sering dipilih untuk menghiasi akuarium di rumah.[2]

Selain impor, jenis lokal tidak kalah cantiknya. Setidaknya, terdapat lima jenis ikan louhan lokal di Indonesia yang beredar di pasaran, yakni ikan louhan Cencu, ikan louhan SRD (super red dragon), ikan louhan Kemalau, ikan louhan Kamfa, hingga ikan louhan Bonsai. Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih jelas mengenai ikan louhan Bonsai.

Ikan Louhan Bonsai - (YouTube: P2LI Official Channel)
Ikan Louhan Bonsai – (YouTube: P2LI Official Channel)

Ciri Louhan Bonsai

Seperti namanya, ikan louhan jenis satu ini memiliki bentuk tubuh bonsai, artinya walaupun ikan louhan ini sudah dewasa, tubuhnya tidak akan bisa tumbuh besar. Hal tersebut lantaran kelainan genetik yang tidak dimiliki jenis louhan lainnya. Ciri khas ikan louhan Bonsai adalah terdapat jenong besar dengan berbagai macam warna, seperti: merah, silver, kuning, hijau, dan putih.

Pada lalu, ikan louhan Bonsai anakan dijual dengan harga mulai Rp250 ribu dan ikan louhan bonsai jenis golden base betina dilepas seharga Rp250 ribu per ekor. Kemudian pada 2022, harga ikan Bonsai anakan turun menjadi Rp200 ribu per ekor dan harga ikan louhan Bonsai jenis golden base betina menjadi Rp155 ribu saja per ekor. Lalu, berapa harga ikan louhan Bonsai di pasaran saat ini?

Harga Ikan Louhan Bonsai

Varian Ikan Louhan Bonsai Harga per Ekor
Ikan Louhan Bonsai Coin Anakan: Rp250.000
Dewasa: Rp572.000
Ikan Louhan Bonsai SRD (Super Red Dragon) Anakan: Rp300.000
Dewasa: Rp1.100.000
Ikan Louhan Bonsai Golden Base Dewasa Rp1.500.000
Ikan Louhan Bonsai (sumber: aquariawise.com)
Ikan Louhan Bonsai (sumber: aquariawise.com)

Informasi harga ikan louhan Bonsai di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs . Sebagai perbandingan, tahun lalu, ikan louhan jenis SRD dijual seharga Rp450 ribu per ekor. Namun perlu diingat, harga ikan louhan tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Anda dapat membeli ikan louhan Bonsai di toko ikan terdekat maupun sejumlah situs jual beli online dengan harga bersaing. Biasanya untuk pengiriman secara online, ikan yang akan dibeli disiapkan dalam waktu kurang dari dua hari. Perhitungkan juga ongkos kirim jika membeli lewat situs jual beli online.

Sebagai tambahan informasi, bagi Anda yang pertama kali memelihara louhan, maka harus berhati-hati dalam memilih ikan yang akan dibeli. Pasalnya, saat ini ada pedagang nakal yang berani menjual louhan palsu. Ada baiknya memilih ikan di pedagang atau louhan, baik lokal maupun impor yang resmi. Untuk mendapatkan ikan louhan Bonsai dengan harga yang terjangkau, Anda disarankan datang langsung ke peternakannya.[3]

[Update: Ditta]

[1] Yusup. 2002. Ragam Jenis Ikan Hias Air Tawar Populer: Aneka Jenis Ikan Air Tawar Hias. Jakarta: Putra Ayu, hlm. 90

[2] Tim Penulis. 2009. 200 Tips Merawat Ikan Hias di Rumah. Jakarta: Penebar Swadaya Grup, hlm. 17

[3] Suwandi dan Sitanggang. 2004. Memilih & Merawat Lou Han Kualitas Kontes. Jakarta: AgroMedia, hlm. 21

Pos terkait