Update Harga Garam Krosok

Bagi Anda pelaku bisnis bahan pangan maupun industri tekstil, pastinya sudah tidak asing lagi dengan krosok. Berbeda dengan garam dapur, garam krosok memiliki tekstur lebih kasar dan bentuknya hampir mirip dengan kristal. Di pasaran sendiri, garam krosok dijual dengan berbagai macam merk dan kemasan dengan bervariasi.

Garam krosok (sumber: koyuncusalt.com)
krosok (sumber: koyuncusalt.com)

Manfaat Krosok

krosok atau yang lebih dikenal dengan nama “Crude Solar Salt” adalah garam yang dihasilkan melalui proses evaporasi dan kristalisasi air laut. Garam krosok ini memiliki kualitas yang lebih rendah jika dibandingkan dengan garam dapur. Dikatakan memiliki kualitas yang rendah, karena garam krosok hanya memiliki kadar natrium klorida rata-rata sebesar 85%.

Bacaan Lainnya

Selain mengandung NaCl rendah, krosok juga mengandung bahan pengotor seperti magnesium sulfat (MgSO4), kalsium sulfat (CaSO4), magnesium klorida (MgCl2), kalium klorida (KCl), dan pengotor tanah. Kandungan NaCl rendah yang diimbangi bahan pengotor tersebut, membuat garam krosok tidak bisa dikonsumsi secara langsung oleh masyarakat karena masih di bawah SNI.[1]

Karena tidak bisa dikonsumsi secara langsung, penggunaan garam krosok tidak diperuntukkan di bidang industri pangan. Secara umum, garam krosok biasanya digunakan dalam industri kecantikan, industri tekstil, industri minyak, dan industri bahan pengawet. Meskipun begitu, ada jenis garam krosok khusus yang bisa digunakan dalam industri pangan.

Garam krosok yang sudah diolah dan dibersihkan, bisa digunakan sebagai salah satu jenis bahan pengawet alami. Kebanyakan orang menggunakan garam krosok tersebut untuk mengawetkan ikan, daging, dan jenis seafood agar tidak berbau dan memiliki citarasa lebih gurih.

Selain itu, dilansir dari nakita.id, garam krosok ternyata memiliki manfaat di bidang kesehatan. Garam krosok yang terbuat dari air laut murni tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti garam mandi. Cara mengaplikasikannya juga tidak sulit. Anda hanya perlu memasukkan 3 hingga 5 sendok makan garam ke dalam air hangat.

Setelah garam benar-benar larut, Anda bisa berendam dalam air hangat campur garam krosok. Berendam selama 5 menit hingga 10 menit, akan menghilangkan rasa lelah dan penat yang Anda rasakan. Anda juga bisa menuangkan sedikit garam krosok yang dioven dalam mangkuk dan menggosokkannya menggunakan kain di bagian tubuh yang nyeri atau kram, untuk menghilangkan rasa nyeri dan kram.

Dalam dunia kecantikan sekaligus medis, garam krosok juga bisa digunakan sebagai salah satu obat untuk mengatasi gejala penyakit kulit. Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat di tubuh, seperti di bagian punggung atau leher, Anda bisa menggunakan garam krosok sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat. Garam krosok akan membantu mengempiskan jerawat dan membuat jerawat lebih cepat kering. Manfaat lainnya yaitu membantu proses eksfoliasi kulit, mengurangi peradangan jerawat, melancarkan peredaran darah, mengobati penyakit kulit, mengatasi jamur kulit, dan mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Garam krosok

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat garam krosok, saat ini tidak sulit mencari barang tersebut di pasaran. Anda bahkan bisa membelinya di toko kelontong pinggir jalan atau memesan lewat situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut adalah garam krosok dari berbagai jenis merk dan varian yang sudah dijual di Indonesia.

Garam Krosok

Merk/Varian Garam Krosok
Garam Krosok Cap Garam Kasar 1 kg Rp5.200
Garam Krosok Keto 1 kg Rp7.500
Garam Krosok Cap Garam Kasar Premium 500 gr Rp8.000
Garam Krosok Kualitas Super 1 kg Rp14.000
Garam Krosok Natural Sea Salt 500 gr Rp23.000
Garam Krosok Madura Asli 1 kg Rp35.000
Garam Krosok Himalaya Rock Salt 500 gr Rp55.000
Garam Krosok Industri 1 ton Rp120.000
Garam Krosok untuk Ikan 50 kg Rp140.000

Informasi garam krosok di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada pula yang turun. Garam krosok asli Madura misalnya, awalnya dijual Rp30 ribu dan sekarang naik menjadi Rp35 ribuan per kg. Sementara itu, harga garam krosok 50 kg untuk ikan turun dari Rp170 ribu menjadi Rp140 ribu.

[Update: Panca]

[1] Sumada, Ketut, dkk. 2016. Garam Industri Berbahan Baku Garam Krosok dengan Metode Pencucian dan Evaporasi. Jurnal Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri UPN Veteran Surabaya, Vol. 11(1): 30-36.

Pos terkait