Info Lengkap Rute dan Harga Tiket Kapal Feri ke Langkawi

Langkawi menjadi salah satu tujuan pariwisata utama di . Berbagai atraksi alam yang sangat menakjubkan ditawarkan spesial bagi pengunjung, mulai dari Kilim Geoforest Park, Pulau Dayang Bunting, fasilitas cable car, eagle feeding hingga Under Water World.[1] Jika berada di Under Water World, Anda dapat menuju Pulau Langkawi sekitar satu setengah jam saja. Berbagai wisatawan yang berasal dari luar daerah seperti Penang kerap berkunjung ke sana menggunakan feri dengan mulai Rp270 ribuan.

Langkawi tampak dari ketinggian (sumber: langkawi-info.com)

Langkawi tampak dari ketinggian (sumber: langkawi-info.com)

Kata “Langkawi” berasal dari elang dan kawi. Elang adalah nama burung dan kawi artinya batu. Jadi secara harfiah Langkawi diartikan sebagai batu elang atau batu tempat burung elang bertengger. Tak heran jika landmark dari Pulau Langkawi yakni burung elang yang hinggap di batu.

Langkawi adalah kepulauan paling utara yang terletak di pantai barat semenanjung Malaysia di Selat Malaka, Andaman. Pulau yang berada di 30 km dari daratan ini terdiri dari pulau utama Langkawi dan hampir 100 pulau kecil di sekitarnya. Pulau yang merupakan surganya wisatawan ini terbilang dekat dengan perbatasan negara lain seperti Thailand dan Indonesia. Misalnya, Pulau Koh Lipe Thailand hanya berjarak 30 menit menggunakan perahu dari Pulau Langkawi.

Baca juga  Info Terkini Harga Tiket Bus Lorena Rute Jakarta-Bali

Rute Kapal Feri ke Langkawi

Apabila Anda menggunakan moda darat yakni kapal feri, terdapat beberapa rute yang dapat ditempuh menuju Langkawi. Terdapat beberapa lokasi penyebrangan yang ada di Kuala Perlis. Anda dapat menuju Langkawi dari Kuala Perlis dengan lama sekitar 1 jam 45 menit. keberangkatan kapal feri dimulai pukul 07.00-19.00 setiap hari waktu setempat.

Khusus rute kapal penyeberangan feri yang paling banyak digunakan oleh wisatawan yakni di Kuala Kedah. Lama perjalanan dari terminal di Kuala Kedah yaitu 1 jam 45 menit. Nah, alternatif lainnya yang dapat Anda gunakan menuju Pulau Langkawi yakni lewat Penang. Bahkan melalui rute yang satu ini,  Anda cukup menghabiskan waktu selama kurang lebih 30 menit saja.

Anda dapat menggunakan Super Fast Ferry Venture (SSFV) yang menawarkan bepergian dengan kecepatan tinggi antara kedua pulau tersebut. Jika Anda datang dari Penang, Anda dapat menuju ke Swettenham Pier atau juga dikenal sebagai Terminal Jetty Penang. Lokasi ini merupakan salah satu terminal transportasi tertua di sekitarnya yang juga berfungsi sebagai titik penghubung Rapid Penang. Berikut tiket kapal feri dari Penang menuju Langkawi sesuai kategori penumpang.

Baca juga  Tarif Tol Surabaya-Jombang (via Surabaya-Mojokerto & Mojokerto-Jombang)
Kapal feri Langkawi (sumber: langkawi-ferry.com)

Kapal feri Langkawi (sumber: langkawi-ferry.com)

Harga Tiket Kapal Feri dari Penang ke Langkawi

Kategori PenumpangSekali JalanPulang Pergi
Anak (di bawah 3 tahun)RM25RM50
Anak (3 – 11 tahun)RM45RM90
DewasaRM75RM150

Jika dikonversikan ke rupiah saat ini 1 Ringgit Malaysia setara dengan Rp3.567. tiket sekali jalan kapal ferry dari Penang ke Langkawi untuk anak di bawah usia 3 tahun yakni RM25 setara dengan Rp89.919. Anak usia 3-11 tahun dikenakan biaya sebesar RM45 atau setara  Rp160.538. Sedangkan, bagi penumpang dewasa tiketnya ditaksir mencapai RM75 atau setara Rp269.821. Apabila hendak membeli tiket pulang pergi, maka Anda perlu menyiapkan kocek dua kali lipat mulai RM50 – RM150 atau Rp178.375 hingga Rp539.767.

Nah, bagi keberangkatan dari Kuala Perlis ke Langkawi, tarif tiket yang ditawarkan tentu berbeda. Untuk satu kali jalan, Anda dapat merogoh kocek mulai RM13 atau setara Rp46.817 bagi anak usia 3 – 11 tahun. Sedangkan penumpang dewasa dibanderol mulai RM33 atau setara Rp118.844. Bagi Anda yang membawa anak di bawah usia 3 tahun tidak dikenakan biaya, sehingga pihak kapal tidak menyediakan kursi.

Baca juga  Update Tarif Angkot di Kota Bekasi (Konvensional dan Online)

Harga tiket di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Perlu diingat, harga tiket kapal feri dari Penang menuju Langkawi dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dulu. Anda dapat menelusuri sejumlah situs online untuk memeriksa ketersediaan tiket, harga, dan jadwal keberangkatan kapalnya.

[1] Kartika, Titing. Literasi Pariwisata: Dari Lokal Hingga Global (Jakarta: Deepublish, 2020), hlm. 46

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Rute dan Harga Tiket Kapal Feri ke Langkawi"