Update Harga Buah Matoa (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Anda yang tinggal di sekitar Indonesia bagian timur, mungkin tidak sulit untuk mendapatkan buah matoa. Akan tetapi, untuk daerah lain, mungkin harus ke supermarket dulu. Sebab, buah legit ini tidak dijual sembarangan di pinggir-pinggir jalan. Buah matoa yang memiliki manfaat baik bagi tubuh ini dijual dengan harga puluhan ribu per kg.

Harga, buah, matoa, per, 1, kg, khasiat, manfaat, kesehatan, kecantikan, rasa, duren, kelengkeng, tekstur, unik, asal, Indonesia Timur, Papua, faktor, vitamin, antioksidan, penuaan, dini, kanker, jerawat, kulit, wajah, bentuk, tekstur, pohon, unik, rasa, diameter, fungsi, produk, toko, online, supermarket
Buah matoa di pohon (sumber: info.okeygan.com)

Memang, matoa sudah bisa dijumpai di seluruh Indonesia, tapi sejatinya pohon buah matoa hanya tumbuh di Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Buah berbentuk unik ini berasal dari pohon Pometia pinnata. Pohon ini memiliki ketinggian 20-40 meter dengan diameter mencapai 100 cm. Biasanya pohon ini berbunga sekali dalam setahun dengan rentang waktu Juli hingga Oktober. Setelah berbunga, buah matoa perlahan mulai matang. Kira-kira waktu yang dibutuhkan adalah empat bulan.

Bacaan Lainnya

Secara umum, buah matoa berbentuk bulatan kecil berwarna hijau. Bila kulitnya dikupas, sepintas buah ini terlihat seperti kelengkeng. Akan tetapi, rasanya manis mirip dengan durian, dengan tekstur buah tergantung dari jenis matoa itu sendiri. Di Papua, terdapat dua jenis matoa, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Tekstur matoa kelapa kenyal, tapi padat seperti rambutan, sedangkan matoa papeda memiliki tekstur lengket dan lembek pada dagingnya.

Buah matoa ini juga sebenarnya lazim ditemukan di daerah lain, tetapi penyebutannya berbeda. Di Sumatera Utara, buah ini dikenal dengan nama pakam, di Minangkabau dikenal dengan nama langsek anggang, di Jawa Barat dikenal dengan nama leungsir, dan di dikenal dengan nama kayu sapi.

Menjadi buah khas dari Papua, rupanya matoa juga sudah cukup populer di seluruh Indonesia. Aromanya yang sedap seperti durian dan teksturnya yang seperti kelengkeng memang sangat unik, belum lagi rasanya juga sangat manis. Usut punya usut, rupanya buah ini juga punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Manfaat Buah Matoa

  • Bantu penuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Buah matoa kaya akan vitamin C dan E, yang diandalkan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin E dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan kesuburan . Dalam buah berkonsistensi kenyal ini terkandung pula beberapa mineral seperti kalsium dan kalium.
  • Bantu menangkal penyakit kronis. Buah matoa ternyata juga kaya akan zat tanin yang merupakan antioksidan. Antioksidan adalah penangkal utama radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan banyak sel-sel rusak, penyakit kronis, bahkan kanker. Meskipun begitu, manfaat matoa yang satu ini masih harus diteliti lebih lanjut. Pasalnya, para ahli belum mengetahui seberapa banyak zat tanin yang harus dikonsumsi supaya radikal bebas tidak terjadi di dalam tubuh.
  • Manjur untuk melawan kuman penyakit. Penelitian yang dilakukan di Bogor, Jawa Barat membuktikan bahwa buah matoa berhasil menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih. Bahkan, para ahli mengungkapkan bahwa bukan tidak mungkin suatu saat nanti buah matoa menjadi sumber bahan alami untuk pembuatan antibiotik.
  • Bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tidak hanya daging buahnya, ekstrak biji dan daunnya juga terbukti bisa membantu menurunkan darah tinggi. Ekstrak buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis, yaitu meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Ketika cairan di dalam tubuh terlalu banyak, tekanan darah akan otomatis meningkat. Jadi, jika kadar cairan kembali normal bisa membuat tekanan darah turun.

Meski begitu, semua manfaat buah matoa ini memang masih harus diteliti lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya untuk sekali-kali mencoba buah dengan rasa unik ini, karena punya serat dan kandungan nutrisi yang tak kalah dengan buah lainnya. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, matoa juga dapat menjadi sahabat terbaik para perempuan yang ingin cantik dari dalam. Fungsinya bisa sama dengan produk-produk kecantikan, sebut saja mencegah dini dan menyamarkan garis halus seperti keriput.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah seperti jerawat, buah ini bisa menjadi solusi yang membantu wajah Anda menjadi lebih bersih dan merona alami. Hal ini dikarenakan buah matoa berfungsi sebagai pembersih racun dalam tubuh. Hasil nyatanya juga terlihat dari kulit wajah yang lebih bersih. Rutin mengonsumsi buah ini juga akan menjaga kulit dari paparan sinar matahari langsung yang bisa merusak kulit.

Buah matoa (sumber: orami)
Buah matoa (sumber: orami)

Sebagai buah yang punya segudang manfaat, tidak heran kalau buah matoa dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Jika Anda membuka toko online, ada beberapa yang menawarkan buah matoa segar yang siap dipesan. Lantas, berapa harga buah tersebut saat ini?

Harga Buah Matoa

Buah Matoa Harga 
Buah Matoa 250 gr Rp23.000
Buah Matoa Papua 200 gr Rp29.000
Buah Matoa 500 gr Rp39.000
Buah Matoa 1 kg Rp89.000 – Rp125.000
Buah Matoa Papua 1 kg Rp97.900 – Rp185.00

Informasi harga buah matoa di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga buah tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Sebagai perbandingan, tahun lalu buah matoa 500 gram dijual Rp37 ribu, sedangkan untuk pembelian 1 kilogramnya sekitar Rp42 ribu hingga Rp70 ribu. 

Tak hanya buah, di beberapa marketplace, Anda juga akan menemukan bibit buah matoa Harga bibit buah matoa dengan tinggi sekitar 50-70 cm saat ini sekitar Rp50 ribu per pohon. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko pertanian terdekat atau memesannya secara online.

[Update: Ditta]

Pos terkait