Cara Kerja dan Update Harga Clearblue Digital Ovulation Test

Dahulu, ketika seorang perempuan ingin mengetahui apakah dirinya sedang hamil atau tidak, maka mereka perlu memeriksakan diri ke rumah sakit atau laboratorium. Namun kini, ada yang lebih praktis untuk mendeteksi seseorang, yaitu menggunakan alat yang disebut dengan test pack. Test pack ini hadir dalam bermacam-macam merk, salah satunya Clearblue yang merupakan test pack digital dan karenanya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan test pack strip.

Clear Blue digital ovulation test (sumber: cheapstery.com)
Clear Blue digital ovulation test (sumber: cheapstery.com)

Sebelum membahas mengenai test pack Clearblue, alangkah lebih baik kita mengetahui sedikit mengenai test pack. Test pack adalah alat uji berbentuk stik yang dirancang untuk mengetahui apakah urine yang dijadikan sampel mengandung hormon hCG. Hormon ini sendiri diproduksi setelah sel telur yang telah dibuahi dan menempel di dinding rahim. Saat hamil, produksi hormone chorionic gonadotropin alias hCG melonjak tajam, meningkat dua kali lipat tiap dua atau tiga hari dan umum terjadi sekitar enam hari setelah pembuahan.

Bacaan Lainnya

Secara umum, ada dua jenis test pack yang digunakan untuk mendeteksi kehamilan, yaitu dengan sampel urine dan sampel darah. Tes yang menggunakan sampel urine bisa dilakukan di maupun secara mandiri di rumah. Sementara itu, tes kehamilan dengan menggunakan sampel darah hanya bisa dilakukan oleh dokter, dan cenderung memiliki hasil yang lebih akurat.

Dilihat dari segi bentuknya, test pack memiliki beberapa macam, ada yang berbentuk strip, stick, pallet, dan kini ada juga yang menerapkan teknologi digital. Khusus untuk model digital, alat tes model terbaru ini dirancang guna memberikan hasil yang lebih jelas. Pasalnya, beberapa perempuan masih banyak yang bingung membaca simbol-simbol hasil tes yang terdapat pada test pack analog.

Jika test pack analog biasanya menyajikan dua garis merah pudar, dan bahkan nyaris tak terlihat, yang seringkali membingungkan, maka test pack digital ini hanya memberikan simbol titik-kosong atau positif-negatif. Jadi, para perempuan tidak perlu lagi menebak-nebak apakah dirinya benar-benar hamil atau tidak.

Nah, salah satu merk test pack yang banyak digunakan oleh perempuan di Indonesia adalah merk Clearblue. Pertama kali hadir di Eropa pada tahun 2008 lalu, alat tes ini disebut fenomenal karena mampu memberikan informasi kehamilan secara lebih lengkap. Jika pada test pack biasa perempuan hanya akan melihat tanda strip sebagai pertanda hamil, maka alat ini memungkinkan perempuan untuk melihat tulisan apakah mereka sedang hamil atau tidak.

Kerja Clearblue Digital Ovulation Test Pack

Cara kerja alat ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan test pack biasa. Clearblue juga mendeteksi kadar hormon hCG dalam urine. Bedanya, test pack Clearblue punya dua strip pengukuran internal. Salah satu strip dapat mendeteksi rendahnya tingkat hormon hCG pada minggu-minggu awal kehamilan. Sementara itu, strip lainnya digunakan untuk mendeteksi tingkat hCG yang lebih tinggi. Biasanya, kadar hormon hCG yang lebih tinggi terdeteksi tiga minggu setelah ovulasi.

Untuk menggunakan alat test pack ini, setelah urine dibubuhkan ke Clearblue, Anda bisa menunggunya beberapa saat. Kemudian, alat ini akan memberikan satu dari empat informasi yang bisa dideteksi dari urine Anda, apakah Anda tidak hamil (non-pregnant), hamil 1 -2 minggu (pregnant 1-2 weeks), hamil 2-3 minggu (pregnant 2-3 weeks), atau hamil lebih dari 3 bulan (pregnant 3+). Prediksi usia pada alat ini diperoleh karena adanya weeks estimator atau estimator mingguan.

Clearblue Digital Ovulation Test Pack (sumber: clearblue.com)

Harga Clearblue Digital Ovulation Test Pack

Varian Clearblue Digital Ovulation Test Pack Harga
Clearblue Digital Ovulation Test Pack satuan Rp275.000
Clearblue Digital Ovulation Pink Stick Refill & Reader1 Limited 1 box Rp666.000
Clearblue Digital Advanced Ovulation Purple Stick 1 box Rp679.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Clearblue Digital Ovulation Test Pack di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Clearblue Digital Ovulation Test Pack yang semula dijual eceran seharga Rp217.500, sekarang menjadi Rp275 ribu. Begitu pula Clearblue Digital Ovulation Pink Stick Refill & Reader1 Limited 1 box yang naik dari Rp530 ribu menjadi Rp666 ribu.

Sebagai pencetus alat tes berwujud digital, keberadaan Clearblue juga menjadi brand test pack yang direkomendasikan oleh dokter-dokter kandungan di Amerika Serikat. Sayangnya, harga test pack digital satu ini memang relatif mahal. Sebagai referensi yang lebih murah, Anda dapat melihat tabel berikut.

Harga Test Pack Digital Lainnya

Merk Test Pack Digital Harga
Andalan Pregnancy Test Midstream Rp21.303
Blueone Test Pack Pregnancy Onemed Rp58.000
Sensitif Digital Test Pack Rp120.000

Walau test pack digital diklaim lebih akurat dibanding test pack biasa, perlu diingat bahwa hasil pengetesan dengan alat-alat tes kehamilan, baik yang tipe strip atau digital, masih memiliki kemungkinan salah atau tak akurat. Jika ingin memperoleh hasil yang pasti, Anda bisa melakukan pengujian sebanyak 2 kali dan berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan.

[Update: Ditta]

Pos terkait