Tips Merawat dan Update Harga Channa Auranti (Semua Ukuran)

Bagi Anda yang gemar mengoleksi ikan predator air tawar, tak ada salahnya untuk memelihara ikan channa auranti yang termasuk dalam suku Channidae. Suku Channidae sendiri terdiri dari dua genus, yakni Channa yang banyak ditemukan di Asia dan Parachanna dari Afrika.[1] Tak heran jika keberadaan channa auranti sangat umum di Indonesia dan dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah per ekor.

Ikan channa auranti (sumber: jabarekspress.com)
Ikan channa auranti (sumber: jabarekspress.com)

Karakteristik Channa Auranti

Berbeda dengan ikan channa konsumsi, channa auranti dipelihara sebagai hewan peliharaan sekaligus penghias akuarium. Termasuk jenis ikan predator, channa auranti memiliki bentuk fisik yang unik. Dari ujung kepala hingga ekor, terdapat bintik-bintik dan corak garis berwarna hitam. Sementara itu, warna dasar sisiknya adalah biru kekuningan.

Bacaan Lainnya

Secara umum, ikan channa auranti hidup di air tawar dan banyak ditemukan di rawa. Rawa merupakan lahan genangan air yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat yang terhambat. Karena bersifat predator, tak heran ikan channa auranti akan tumbuh dengan baik di rawa-rawa, apalagi jika rawa tersebut dipenuhi tumbuhan dan ditinggali banyak katak.

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan channa auranti, Anda tidak perlu khawatir dengan habitatnya. Pasalnya, ikan channa auranti adalah ikan yang mampu beradaptasi dengan mudah di berbagai macam lingkungan. Anda bahkan bisa meletakkannya dalam akuarium dengan air yang jernih.

Selain fisik yang unik, banyak penggemar ikan predator yang memilih memelihara ikan channa tersebut karena sifatnya yang unik. Ikan channa auranti memiliki sifat yang agresif dan keagresifannya bisa meningkat saat mereka memangsa makanan. Cara ikan memangsa makanannya merupakan hiburan tersendiri bagi banyak kolektor ikan predator.

Ikan channa auranti juga salah satu jenis ikan yang dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya. Ikan gabus tersebut memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah sakit atau stres, sehingga tidak mengherankan apabila cara merawat atau memelihara ikan channa auranti juga tergolong mudah.

Tips Merawat Ikan Channa Auranti

Untuk pakan ikan channa auranti, Anda bisa memberikan pakan hidup dan mati. Jenis pakan hidup yang terbilang disukai channa auranti, antara lain ikan sungai berukuran , jangkrik, dan belalang. Jika Anda malas memberikan pakan hidup, Anda bisa berikan pakan mati, seperti ikan rucah, cincangan siput sawah atau bekicot, dan pelet ikan berprotein tinggi.

Sebaiknya Anda memilih jenis pakan dengan kandungan protein dan lemak yang seimbang. Hal ini akan membuat ikan channa auranti dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Ikan channa sendiri dapat tumbuh hingga sepanjang 1 m, tergantung dari jenisnya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan vitamin ikan untuk menjaga kesehatan ikan dan mencegah penyakit.

Jenis Channa Auranti - (nakamaaquatics.id)
Jenis Channa Auranti – (nakamaaquatics.id)

Jangan lupa untuk selalu membersihkan akuarium agar ikan bisa berenang dengan nyaman dan tidak keracunan. Supaya lebih mudah, Anda bisa memasang filter ganda di tempat pemeliharaan, sehingga Anda tidak harus sering-sering membersihkan akuarium. Setidaknya, dengan akuarium yang sudah dilengkapi filter ganda, Anda hanya perlu membersihkan akuarium seminggu sekali tanpa membilas airnya.

Anda bisa menguras atau mengganti air pada akuarium jika airnya sudah mulai keruh. Sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengurasnya, karena bisa membuat ikan channa auranti stres. Disarankan, Anda mengganti air akuarium sebulan sekali dengan air bersih yang sudah diendapkan selama satu malam.

Jika Anda ingin membudidayakan ikan channa auranti, sebaiknya Anda juga menyediakan kolam atau akuarium khusus untuk pemijahan. Selain itu, sediakan tempat khusus penetasan telur ikan, tempat pemeliharaan larva ikan, tempat pembesaran benih ikan, dan tempat pemeliharaan bibit ikan hingga dewasa.

Nah, saat ini tidak sulit menemukan pedagang channa auranti. Anda dapat membelinya di berbagai toko ikan hias. Selain itu, Anda juga bisa menemukan hewan air tawar tersebut di sejumlah situs beli online dalam negeri. Berikut referensi terbaru harga ikan channa auranti di pasaran saat ini.

Harga Channa Auranti

Ukuran Channa Auranti Harga
Channa Auranti Baby 2 cm Rp22.000 per ekor
Channa Auranti Baby 4 cm Rp73.000 per ekor
Channa Auranti Baby 5 cm Rp75.000 – Rp80.000 per ekor
Channa Auranti 17 – 19 cm Rp380.000 per ekor
Channa Auranti 20 cm Rp400.000 per ekor
Channa Auranti 22 cm Rp795.000 per ekor
Channa Auranti 25 cm Rp2.000.000 per ekor
Channa Auranti 30 cm Grade A Rp3.150.000 per ekor

Harga ikan channa auranti di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs e-commerce. Perlu diingat, harga ikan channa auranti tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga ikan channa auranti ukuran 25 cm sekitar Rp799 ribu per ekor, sedangkan harga ikan channa auranti baby ukuran 4 cm mulai Rp65 ribuan per ekor.

(Panca)

[1] Sinaga, Ernawati, Suprihatin, Nonon Saribanon. 2019. Ikan marga Channa, Potensinya sebagai Bahan Nutrasetikal. Jakarta Selatan: UNAS Press.

Pos terkait