Update Harga Bridge Gitar Akustik dan Elektrik

Bagi mereka yang menggeluti alat gitar, memang tidak cukup hanya mengetahui cara memetik dan memainkan kunci atau chord. Fungsi bagian-bagian gitar pun harus diketahui lantaran berpengaruh pada suara yang dikeluarkan instrumen tersebut. Nah, salah satu bagian yang berbentuk simpel tetapi berpengaruh besar pada audio gitar adalah bridge, tempat meletakkan senar pada posisi yang tepat. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak varian bridge gitar yang ternyata dijual dengan harga cukup terjangkau.

Bridge gitar akustik (sumber: stewmac.com)
Bridge gitar akustik (sumber: stewmac.com)

Merupakan instrumen musik paling populer, pasti Anda sudah tahu apa itu gitar. Gitar adalah alat musik berdawai yang dimainkan dengan cara dipetik, biasanya dimainkan dengan jari atau pick (alat petik gitar).[1] Dibandingkan instrumen musik lainnya, gitar dapat dikatakan sebagai model yang paling populer dan digemari semua kalangan, salah satunya karena mudah dimainkan.[2] Selain itu, gitar dapat diperoleh dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong.

Bacaan Lainnya

Setidaknya, ada dua jenis gitar yang paling sering dimainkan, yakni gitar akustik dan gitar elektrik. Gitar akustik sering disebut sebagai gitar kopong, biasanya terbuat dari material kayu seperti mahogany, alder, basswood, rosewood, spruce, dan lainnya. Sementara itu, gitar elektrik punya badan yang padat dan harus menggunakan bantuan amplifier sebagai penguat untuk menghasilkan suara.[3]

Seperti alat musik lainnya, gitar juga tersusun atas beberapa bagian. Headstock atau kepala gitar misalnya, terdiri dari tuning machine yang berfungsi untuk mengatur tegangan senar. Ada pula neck atau leher gitar, yang di dalamnya termasuk fretboard atau fingerboard, serta bodi gitar yang mencakup pick up untuk tempat penangkap sinyal getaran senar dan volume control (pada gitar elektrik).

Fungsi dan Jenis Bridge Gitar

Selain bagian-bagian tersebut, ada pula yang disebut dengan bridge gitar. Bridge adalah bagian dalam gitar yang berfungsi untuk menempatkan senar pada posisi yang tepat, sehingga gitar dapat mengeluarkan suara yang enak didengar. Bisa dikatakan, bridge adalah bagian gitar yang memengaruhi keluaran suara gitar.

Ada beberapa jenis bridge gitar, yang biasanya disesuaikan dengan jenis gitar yang bersangkutan. Untuk gitar akustik misalnya, karena menggunakan senar berbahan , maka bridge yang dipakai punya konstruksi khusus untuk membuat senar tersebut dapat menempati posisi yang tepat dan tidak mudah kendor. Bridge untuk gitar klasik juga dirancang khusus agar sesuai dengan senar berbahan nilon yang memang umumnya dipakai gitar jenis tersebut.

Sementara itu, untuk gitar elektrik, setidaknya ada dua kategori besar bridge, yakni fixed bridge dan tremolo. Fixed bridge banyak ditemui pada semua gitar elektrik, dengan beragam model, seperti hardtail, wrap-around, tune-o-matic, dan lainnya. Fixed bridge hingga detik ini masih menjadi favorit banyak gitaris karena memang terbukti memiliki kestabilan yang mudah dan gampang melakukan maintenance, seperti set up action, tuning, dan intonasi.

Nah, apabila Anda sekarang sedang mencari bridge baru untuk gitar kesayangan Anda, tidak sulit mendapatkan alat ini. Pasalnya, sudah banyak toko instrumen musik yang menjual komponen tersebut. Jika malas pergi ke toko musik, Anda pun bisa memesan lewat sejumlah situs jual beli online. Harga yang ditawarkan memang bervariasi, tetapi relatif terjangkau. Jika tidak percaya, Anda bisa menyimak tabel berikut.

Harga Bridge Gitar Akustik

Varian Bridge Gitar Akustik Harga
Bridge Gitar Akustik Kayu Sonokeling Rp15.000 – Rp25.000
Bridge Gitar Akustik Tembaga Murni 28 mm Rp69.000
Bridge Gitar Akustik ABS 72 mm Rp88.500
Bridge Gitar Akustik 12 String Rosewood Rp94.300
Bridge Gitar Akustik 6 Strings Bone Rp96.500
Bridge Gitar Yamaha JR2 Rp114.000
Bridge Gitar Akustik 12 Strings Bone Rp124.659
Bridge Gitar Akustik Kayu Ebony 11 cm Rp130.000
Bridge Gitar Akustik Kayu Rosewood 72 mm Rp197.000
Bridge Gitar Akustik Logam 72 mm Rp321.000

Informasi harga bridge gitar akustik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko instrumen musik dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga bridge gitar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga bridge gitar akustik kayu ebony 11 cm berkisar Rp14 ribuan, sedangkan harga bridge Yamaha JR2 Rp100 ribuan.

Bridge Gitar Elektrik - (www.guitarmeet.com)
Bridge Gitar Elektrik – (www.guitarmeet.com)

Harga Bridge Gitar Elektrik

Varian Bridge Gitar Elektrik Harga
Bridge Gitar Elektrik Fixed 6 String Chrome Rp55.000
Bridge Gitar Elektrik Hardtail Gold G983 Rp90.000
Bridge Gitar Elektrik Vintage Gold Rp93.000
Bridge Gitar Elektrik Tremolo Whammy Rp95.000
Bridge Gitar Elektrik Parts Front Gibson Les Paul Rp100.000
Bridge Gitar Elektrik 6 String Hardtail Metal Rp113.000
Bridge Gitar Elektrik Ibanez Cosmo 68 mm Rp125.000
Bridge Gitar Elektrik Ibanez Original Gio Hardtail Rp125.000
Bridge Gitar Elektrik Tune O Matic Saddle Roller Parts Front Gold Rp140.000
Bridge Gitar Elektrik Fender Mustang 6 String Chrome Rp175.000
Bridge Gitar Elektrik Tune O Matic Tailpiece Gibson Les Paul Gold Rp204.000
Bridge Gitar Elektrik 7 String Gold Rp225.700
Bridge Gitar Elektrik Telecaster 6 String Carved Rp232.000
Bridge Gitar Elektrik Tremolo Chrome Fender Stratocaster Rp350.000
Bridge Gitar Elektrik Tremolo Fender Squier Rp350.000

Daftar harga bridge gitar elektrik di atas juga kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko instrumen musik dan sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini terpantau mengalami kenaikan. Harga bridge 6 String Hardtail Metal misalnya, semula Rp106 ribu dan sekarang menjadi Rp113 ribuan, sedangkan harga bridge Tremolo Chrome Fender Stratocaster naik dari Rp260 ribu menjadi Rp350 ribu.

(Panca)

[1] Dharaka, Sinatrya, Deddi Duto H., Cindy Muljosumarto. 2014. Perancangan Media Promosi Koz Gitar. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, Vol. 2(5).

[2] Adzhar, Hanip. 2015. Sistem Penyeteman Nada Dawai Gitar Otomatis dengan Motor Servo Continuous Menggunakan Kontroler PID Berbasis Arduino Mega 2560 (Skripsi). Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

[3] Radifan. 2014. Buku Terbaik Gitar. Yogyakarta: PT Agromedia Pustaka, hlm. 6.

Pos terkait