Update Harga Bosh Arm Yamaha Vixion (Original, Lokal, Set)

Apakah Anda pemilik sepeda motor Yamaha Vixion dan akhir-akhir ini sering merasakan kuda besi Anda ‘goyang’ ketika dipakai untuk menikung? Jika iya, mungkin disebabkan kondisi bosh arm yang sudah aus atau rusak. Apabila kondisinya memang demikian, Anda tidak perlu khawatir. Anda cukup mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Di pasaran, harga bosh arm untuk Vixion pun relatif bersahabat.

Bosh Arm Vixion (sumber: pegayos.com)
Bosh Arm Vixion (sumber: pegayos.com)

Fungsi Bosh Arm

Jika Anda mengaku sebagai penggemar motor sejati, pasti sudah tidak asing lagi dengan swing arm atau lengan ayun. Swing arm salah satu komponen di kuda besi yang berfungsi untuk menyambungkan roda belakang rangka, sebagai penahan roda penggerak, dan sebagai tumpuan shock breaker.[1] Umumnya, swing arm ini dapat ditemukan pada sepeda motor jenis sport bike serta moped alias motor bebek.

Bacaan Lainnya

Nah, di dalam swing arm ini, terdapat komponen yang bernama bushing arm atau sering disebut bosh arm. Komponen ini berguna sebagai penyeimbang gerak swing arm sekaligus meredam getaran, terutama ketika motor diajak melaju di atas jalanan yang bergelombang. Lokasi bosh arm memang tersembunyi, berada di dalam bagian depan swing arm dan tertutup oleh as.

Bosh arm sendiri terdiri dari dua collar dan dua bearing bambu. Jika salah satu atau bahkan keduanya sudah aus, maka sepeda motor dijamin akan terasa goyang-goyang. Hal tersebut dapat dicek dengan cara menggoyang-goyangkan sepeda motor saat posisi standar tengah. Jika terasa oblak, kemungkinan besar bearing bosh arm sudah bermasalah.

Kondisi bosh arm juga sangat tergantung pada pemakaian sepeda motor. Seperti diketahui, jika Anda sering mengendarai sepeda motor di jalanan yang bergelombang atau tidak rata, akan mengakibatkan getaran berlebih pada kuda besi. Nah, getaran pada motor tersebut akan berpengaruh terhadap kondisi struktur swing arm.[2] Bukan tidak mungkin keadaan bosh arm di dalamnya mengalami kerusakan.

Penyebab lain yang bisa mengakibatkan kondisi bosh arm aus atau mengalami kerusakan adalah karena sering mengangkut beban berlebih. Perlu diketahui, mengangkut beban berlebih akan membuat kinerja bushing arm lebih berat sehingga akan mengalami keausan. Penyebab lainnya yang memang tidak bisa dihindari adalah faktor usia pemakaian.

untuk sepeda motor sport, Yamaha Vixion misalnya, komponen ini juga dapat rusak akibat gesekan antara as (collar) dengan bosh (bearing bambu) yang sama-sama berbahan besi. Hal ini diperparah jika seal bosh swing arm juga sudah rusak. Karena, seal-nya sudah getas, sehingga air masuk ke dalam, kemudian membuat karat dan celah di komponen. Celah inilah yang seringkali membuat bosh arm Yamaha Vixion oblak.

Cara Cek Kondisi Bosh Arm

  • Seperti disinggung atas, Anda cukup standar tengah motor, lalu motor digoyang ke kanan-kiri, sambil menahan roda belakang. Bila terasa goyang, tandanya bushing arm mulai aus.
  • Cara lain untuk mendeteksi bosh swing arm yang mulai aus adalah dengan cara merasakan kondisi pada bagian belakang saat motor sedang digunakan. Biasanya, bosh swing arm yang aus akan terasa goyang ketika motor dipakai dengan kecepatan tinggi dan bila sudah parah, terasa bergoyang ketika digunakan untuk melewati jalanan yang rusak.
Ilustrasi: proses perbaikan bosh arm Vixion (sumber: Bukalapak)

Apabila Anda menemukan satu di antara gejala tersebut, tentunya tidak boleh Anda biarkan. Pasalnya, bushing swing arm yang rusak dan dibiarkan akan mengganggu kenyamanan berkendara dan dapat membahayakan ketika sepeda motor digunakan dalam kecepatan tinggi. Selain itu, bosh arm yang telah aus juga berpotensi mengikis ban dengan tidak merata.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini, tentu saja mengganti bosh arm yang sudah rusak dengan yang masih baru. Di sendiri, komponen tersebut sudah dijual bebas di bengkel resmi maupun bengkel umum. Jika Anda hendak memakai produk aftermarket, disarankan menggunakan bosh arm berbahan teflon yang sebagian besar berbahan Polyurethane (PU) sehingga dapat meminimalkan gesekan ke as dan tidak mudah aus.

Harga Bosh Arm Vixion

Merk/Tipe Bosh Arm Harga
Bosh Arm Vixion Lokal Rp50.000 per buah
Bosh Arm Vixion Relay Original Rp55.000 – Rp62.900 per buah
Bosh Arm Vixion Original Rp68.000 per buah
Bosh Arm Vixion 1 Set Rp161.000 – Rp215.000.000 per set
Bosh Arm New Vixion 1 Set Rp230.000 per set

Harga bosh arm Yamaha Vixion di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel umum dan situs jual beli online. Harga bosh arm Vixion tersebut tentu saja tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.  Bosh arm Vixion lokal misalnya, tahun lalu dijual Rp56 ribu per buah dan sekarang turun menjadi Rp50 ribuan buah, sedangkan harga bosh arm New Vixion yang semula Rp225 ribuan per set, saat ini sedikit naik menjadi Rp230 ribuan per set. Jika membutuhkan informasi lebih detail, Anda dapat menuju bengkel sepeda motor terdekat di domisili Anda.

[1] Kholil, Ahmad. 2013. Analisis Dinamika Struktur Swing Arm Sepeda Motor Jenis Suspensi Monoshock Menggunakan Elemen Hingga. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Vol. 1: 1-13.

[2] Ibid.

Pos terkait