Update Harga Biola Cavaliers (Semua Tipe)

Biola merupakan salah satu instrumen atau yang dimainkan dengan cara digesek. Saat ini, jika ingin belajar bermain alat musik tersebut, Anda bisa membelinya di berbagai toko musik maupun situs beli online. Dari berbagai merk biola yang beredar di pasaran, terdapat sejumlah rekomendasi brand untuk pemula karena harga banderolnya cukup terjangkau, salah satunya biola merk Cavaliers atau dikenal dengan CAVI.

Biola Cavaliers (sumber: shopee)
Biola Cavaliers (sumber: shopee)

Banyak kalangan yang percaya bahwa alat musik biola pertama kali dibawa ke Asia Timur, India, Byzantium, dan Timur Tengah. Di tempat-tempat tersebut, alat musik ini menyesuaikan dengan lingkungannya dan berkembang menjadi alat musik erhu, esra, harpa tangan Bizantium, dan rebab. Sementara, biola dalam bentuk modern bermula dari Italia Utara pada awal abad ke-16, terutama di kota pelabuhan Venice dan Genoa, yang berhubungan langsung ke Asia Tengah lewat jalur sutera.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, biola Eropa modern dipengaruhi oleh berbagai alat musik, terutama dari Timur Tengah dan Bizantium. Tiga jenis alat musik mula-mula yang biasanya disebut sebagai cikal-bakal biola adalah rebec (yang diturunkan dari harpa tangan Bizantium dan rebab), vielle (biola abad Renaisans), dan lira da braccio (yang juga diturunkan dari harpa tangan Bizantium).

Layaknya instrumen musik lainnya, biola juga dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian pertama adalah badan biola yang terdiri atas dua papan suara yang melengkung yang disatukan oleh kayu yang disebut iga biola yang dilem menggunakan lem binatang, lem binatang, atau resin. Badan biola berdesain menyerupai bentuk jam pasir, baik ketika dipandang dari depan maupun dari belakang.

Bagian kedua adalah leher biola yang biasanya terbuat dari kayu mapel yang sejenis dengan bagian belakang dan samping badan biola. Pada leher biola, terdapat papan jari yang dibuat dari kayu eboni atau kayu lain yang dicat hitam. Kemudian, bagian yang terdapat di dalam biola adalah jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu (pasak penyetel untuk setiap senar, ekor biola untuk menahan senar, pin dan tali untuk menahan ekor biola, beberapa penyetel tambahan pada ekor biola bila diperlukan, dan sebuah penyangga dagu).

Nah, untuk Anda yang baru saja menekuni alat musik jenis ini, selain Cremona, merk biola yang direkomendasikan adalah Cavaliers. Biola Cavaliers sendiri merupakan biola produk impor yang dibuat dari bahan kayu berkualitas dan yang ringan. Biola tersebut sudah bisa Anda beli di berbagai toko musik dan juga situs jual beli online. Berikut info terbaru harga biola Cavaliers di pasaran.

Harga Biola Cavaliers

Tipe Biola Cavaliers Harga
Cavaliers 4/4 TY-1A Brown Solid Wood Rp1.053.000
Cavaliers CV-1-A 1/2 Rp1.064.000
Cavaliers CV-1-A 3/4 Rp1.386.000
Cavaliers CV-300 3/4 Rp1.440.000
Cavaliers CV-300 1/2 Rp1.420.000
Cavaliers SYN-200B 1/2 Rp1.816.500
Cavaliers CV-700 4/4 Rp2.290.000
Cavaliers CV-700 3/4 Rp2.523.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga biola Cavaliers saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Cavaliers tipe CV-1-A 1/2 yang semula dijual seharga Rp910.000, tahun 2022 dan 2023 naik menjadi Rp1.064.000. Berbeda dengan harga Cavaliers SYN-200B 1/2 yang justru turun dari Rp2,1 juta menjadi Rp1,8 juta pada 2022, namun sekarang sedikit naik jadi Rp1.816.500.

Daftar harga biola merk Cavaliers di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat musik dan situs jual beli online. Daftar harga biola Cavaliers tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Perlu diketahui juga bahwa harga di toko yang satu mungkin bisa saja berbeda dengan toko lainnya.

[Update: Dian]

Pos terkait