Kandungan dan Update Harga Bibit Seledri

Siapa yang tak mengenal seledri? Tanaman satu ini kerap ditemukan pada masakan sehari-hari, seperti sup. Aroma seledri sangat khas dan kuat, baik daun, batang, umbi, dan akarnya mampu menambah cita rasa pada setiap masakan. Tak heran jika permintaan seledri untuk dibudidayakan cukup tinggi, dengan harga bibit yang cukup terjangkau.

Tanaman seledri (pexels: Milada Vigerova)
Tanaman seledri (pexels: Milada Vigerova)

Seledri termasuk jenis tumbuhan dari suku Apiaceae (satu suku dengan adas) yang tergolong sayuran atau penyedap. Tanaman dengan nama ilmiah Apium graveolens ini banyak digunakan sebagai lalapan atau pelengkap sup, bakso, dan soto. Bagian yang dimakan biasanya daun dan batangnya yang masih muda. Namun, di Eropa, semua bagian tanaman seledri dapat dimanfaatkan untuk makanan maupun obat.

Bacaan Lainnya

Salah satu bibit seledri yang populer di tengah masyarakat yakni Amigo. Benih sayuran unggulan tersebut diproduksi oleh PT East West Seed (Cap Panah Merah). Benih seledri Amigo ini direkomendasikan untuk dibudidayakan di dataran rendah hingga menengah. seledri Amigo dapat dipetik setelah berumur 90 sampai 100 HST dengan potensi hasil 10 hingga 12 ton/ha. Sayuran seledri Amigo cocok ditanam di halaman rumah Anda dengan sistem hidroponik.

Menanam seledri dapat dilakukan di polybag dengan cara menyemai di baki terlebih dulu. Media semai terdiri dari campuran tanah dan kompos yang telah diayak dengan perbandingan 2:1. Anda disarankan memberikan perlindungan pada tanaman menggunakan plastik bening pada bedengan semai agar terhindar dari air hujan langsung dan terik matahari.

Selanjutnya, buat alur garitan di atas bedengan sedalam 0,5 cm dengan jarak antar alur sekitar 10 sampai 20 cm. Lalu, tebarkan benih ke dalam alur tersebut dan tutup dengan tanah. Perlu diketahui, Anda wajib menjaga kelembapan media persemaian. Bibit siap dipindahkan ke pot atau polybag setelah 1 bulan atau setelah tumbuh 3 hingga 4 helai daun. Tanaman dengan tinggi di bawah 1 cm ini memiliki karakteristik daun yang berwarna hijau dan bergerigi di tepinya.

Kandungan Tanaman Seledri

  • Flavonoid.
  • Saponin.
  • Tanin 1%.
  • Minyak Atsiri 0,033%.
  • Flavoglukosida (Apiin).
  • Apigenin.
  • Kolin.
  • Lipase.
  • Asparagine.
  • Zat Pahit.
  • Vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Daun seledri juga diyakini memiliki kandungan kalsium dan vitamin B1, B2, dan B6. Sementara itu, akar seledri diketahui mengandung asparagine, zat pati, minyak atsiri, pentosan, glutamine, dan tirosin, sedangkan biji seledri mengandung apiin, minyak volatil, apigenin, dan alkaloid.

Bibit Seledri – www.lazada.co.id

Manfaat Seledri

Apigenin pada seledri berkhasiat hipotensif, sehingga seledri sering dimanfaatkan sebagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Khasiat lain seledri adalah sebagai peluruh (diuretika), rematik, mengatasi anemia, serta pembangkit nafsu makan. Umbi seledri bermanfaat sebagai bahan afrodisiak atau pembangkit gairah seksual.

Sebagian orang mengklaim mampu mengobati sejumlah lain dengan kerap mengonsumsi seledri. Penyakit lain yang dapat diobati meliputi vertigo, masuk angin, mual, kolik, diare, rematik gout, hiperkolesterol, bronkitis, asma, dan sakit mata. Kandungan antioksidan pada seledri membuat sayuran ini juga berkhasiat sebagai pencegah kanker.[1] Selain itu, daun seledri juga sangat baik untuk kecantikan, di antaranya untuk membantu meningkatkan kualitas rambut dengan menyuburkan dan melebatkan rambut Anda.

Harga Bibit Seledri

Varian Bibit Seledri Kisaran Harga
Seledri Batang Besar Tall Utah 400 butir Rp13.750
Bibit Seledri Amigo Cap Panah Merah 10 gr Rp15.500
Bibit Seledri 1 pack isi 4000 benih Rp16.000
Bibit Seledri Amigo Cap Panah Merah 1 pack isi 10.000 benih Rp19.000
Benih Seledri Summer Green 5 gr Rp25.900
Benih Seledri Tall Utah 400 biji 20 gr Rp31.000
Benih Celery Giant Red 1000 Biji – Mr Fothergills Rp46.000
Benih Seledri Green Sleeves 100 Biji – Mr Fothergills Rp57.000
Benih Seledri Titus 100 Biji – Johnsons Seeds Rp58.000
Benih Celeriac Monarch 250 Biji – Mr Fothergills Rp70.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga bibit seledri di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, bibit seledri Amigo Cap Panah Merah 10 gr yang semula dijual seharga Rp12 ribu, kini menjadi Rp15.500. Berbeda dengan benih seledri 1 pack isi 4000 biji tanpa merk yang sedikit turun dari Rp17 ribu menjadi Rp16 ribu. Anda dapat membeli bibit seledri di toko pertanian terdekat.

Bibit Seledri (sumber: zen.yandex.ru)

Harga Daun Seledri

Berat Daun Seledri Harga
Harga Seledri per ikat (100 gr) Rp6.000
Harga Seledri 500 gr Rp32.500
Harga Seledri 1 kg Rp60.000

Harga seledri di atas bersifat tidak mengikat karena dapat berubah sewaktu-waktu tergantung penawaran penjual. Anda dapat membeli seledri dengan mudah di pasar tradisional atau supermarket terdekat, seperti Superindo dengan harga bersaing.

[Update: Ditta]

[1] Subakti, Yazid. 2012. Bahan Makanan Terbaik menurut Al-Qur’an dan Sunnah. Yogyakarta: Galangpress Publisher, hlm. 112.

Pos terkait