Manfaat dan Harga Asam Asetat (Semua Kemasan)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan asam asetat. Ini adalah salah satu bahan yang dapat dijadikan alternatif manajemen perawatan luka kronik. Tidak hanya untuk kebutuhan medis, asam asetat juga dapat dipakai salah satu bahan untuk membuat bahan kimia seperti polimer vinyl asetat untuk pembuatan lem. Dapat dibeli di apotek atau lewat situs jual beli online, harga asam asetat rata-rata puluhan ribu rupiah per botol.

Asam asetat (sumber: usgs.gov)
Asam asetat (sumber: usgs.gov)

Apa Itu Asam Asetat?

Dilansir dari berbagai sumber, asam asetat adalah senyawa karboksilat yang higroskopis, tidak berwarna, dan memiliki aroma yang sangat tajam serta korosif terhadap logam dan jaringan. Memiliki rumus kimia C2H4O2 (tetapi sering ditulis CH3COOH), asam asetat juga dikenal sebagai asam etanoat, asam etilat, asam metana karboksilat, atau asam cuka.

Bacaan Lainnya

Asam asetat merupakan komponen utama vinegar yang pada umumnya dihasilkan oleh asam asetat, baik secara tradisional (dengan fermentasi spontan pada bahan dasar yang mengandung gula seperti air kelapa, nira kelapa, nira tebu, dan buah-buahan) atau melalui proses fermentasi terkendali dengan starter bakteri asam asetat.[1]

Faktor-faktor yang berpengaruh pada proses fermentasi adalah potensi kultur di dalam memproduksi asam asetat, daya tahan atau resistensi terhadap etanol sebagai substrat maupun asam asetat sebagai produk, dan kondisi proses yang meliputi konsentrasi substrat, pH awal media, aerasi, suhu, serta waktu fermentasi.[2]

Manfaat Asam Asetat

Ada banyak manfaat yang dapat dilakukan asam asetat. Dalam bidang medis misalnya, dilansir dari Hellosehat, asam asetat diketahui sebagai obat untuk mengatasi infeksi karena jamur dan bakteri, termasuk juga infeksi telinga bagian luar atau otitis eksterna. Asam asetat adalah golongan obat antibiotik yang bekerja mengurangi rasa sakit sekaligus pembengkakan akibat radang.

Asam asetat atau asam cuka adalah salah satu metode alternatif dalam manajemen luka kronik yang efektif dan memiliki berbagai keuntungan. Asam cuka bekerja sebagai terapi antimikroba alternatif mentarget microenvironment bio film luka kronik dan secara tidak langsung memengaruhi pertumbuhan bakteri.

Jejak asam asetat untuk mengatasi luka kronik dapat ditelusuri pada tahun 1916 silam. Kala itu, seseorang bernama Taylor pertama kali menggunakan larutan asam asetat 1% untuk merawat luka korban perang yang terinfeksi Bacillus pyocyaneus (sekarang dikenal sebagai Pseudomonas aeruginosa). Sejak itu, asam asetat telah diteliti sebagai metode perawatan luka yang potensial.

Apabila digunakan untuk mengatasi infeksi telinga luar, asam asetat diaplikasikan dengan cara ditempelkan pada bagian telinga luar tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan kapas yang sebelumnya telah diteteskan atau direndam oleh obat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya dengan meneteskan beberapa tetes obat asam asetat menggunakan pipet ke bagian luar telinga.

Untuk mencegah terjadinya kontaminasi, hindari menyentuh bagian ujung pipet atau bagian telinga yang terinfeksi langsung menggunakan tangan. Jika Anda menggunakan pipet, teteskan obat dengan posisi tubuh berbaring miring sembari memegang bagian cuping telinga untuk mempermudah prosesnya. Tunggu sekitar 2 menit sebelum kembali menegakkan tubuh Anda, sampai obat meresap ke dalam telinga yang terinfeksi dengan sempurna.

Tidak hanya di bidang medis, asam asetat juga kerap digunakan dalam bidang industri. Bahan ini biasa dipakai pada proses purifikasi atau pemurnian bahan kimia organik, karena ia dapat digunakan sebagai pelarut rekristalisasi. Selain itu, asam asetat juga digunakan pada proses pembuatan bahan kimia seperti ester, asetat anhidrat, monomer vynil asetat, dan polimer lainnya, serta digunakan pula untuk menghilangkan karat dan kerak (de-scaller) pada peralatan.

Asam asetat (sumber: megazyme.com)

Karena kaya akan manfaat, asam asetat memang menjadi salah satu bahan yang sering dicari. Untung saja, saat ini tidak sulit mendapatkan asam asetat karena Anda sudah bisa membelinya di apotek, toko bahan kimia, atau lewat situs e-commerce. Harga yang ditawarkan beragam, biasanya tergantung kemasan dan merk produk.

Harga Asam Asetat

Merk/Kemasan Asam Asetat Harga
Asam Asetat 6% 100 ml Rp33.000
ROFA Asam Asetat 500 ml Rp50.000 – Rp80.000
Asam Asetat 99,8% 1 L Rp62.000
Asam Asetat Technical Grade 1 L Rp92.400
Asam Asetat 6% 500 ml Rp111.000
MERCK Asam Asetat 30% 500 ml Rp755.000
Asam Asetat Glasial 2.500 ml Rp850.000
MERCK Air dengan Asam Asetat 0,1% 2,5 L Rp966.000
MERCK Asetonitril dengan Asam Asetat 0,1% 2,5 L Rp4.428.000

Informasi harga asam asetat di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan kimia dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga asam asetat tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

[1] Luwihana, Sri, dkk. 2010. Fermentasi Asam Asetat dengan Sel Amobil Acetobacter pasteurianus Int-7 dengan Variasi pH Awal dan Kadar Etanol. Agritech, Vol. 30(2): 123-132.

[2] Ibid.

Pos terkait