Ciri Fisik dan Update Harga Anjing German Shepherd

Umumnya, anjing berkarakter patuh dan dapat bergaul dengan anak kecil. Tak heran jika anjing kerap dipilih sebagai hewan peliharaan yang mampu menjaga dan melindungi keluarga maupun lingkungan rumah. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis anjing, salah satunya German Shepherd. German Shepherd atau yang populer disebut herder ini memiliki kelebihan tersendiri sehingga diminati pencinta anjing. Namun, harga jual anjing German Shepherd relatif mahal, bisa mencapai Rp30 jutaan per ekor.

Anjing german shepherd
Anjing german shepherd

German shepherd pertama kali diperkenalkan sebagai anjing penjaga oleh tentara Jerman pada Perang I. Para tentara memanfaatkan anjing untuk menjaga pasukan dan instalasi militer atau suatu proyek militer strategis untuk mencegah musuh melakukan penyusupan. Sebelumnya, anjing gembala ini banyak dipakai oleh peternak untuk menjaga ternaknya, seperti domba, sapi, dan biri-biri. Di peternakan, anjing German Shepherd bertugas mengiringi kawanan ternak yang biasanya akan menggonggong dan mengembalikan ternak yang lepas atau menjauh dari kelompoknya.[1]

Bacaan Lainnya

German shepherd memiliki kelebihan dari segi penampilan yang gagah dan menawan. Anjing asal Jerman ini terkenal dengan kepatuhan dan kesetiaannya terhadap majikan. Hewan tersebut memiliki karakter berwibawa, cerdas, mudah dilatih, dan penuh loyalitas. Bahkan, anjing German Shepherd memiliki inisiatif dalam menjalankan perintah yang diberikan dengan tingkah yang lembut.

Ciri Fisik Anjing German Shepherd

  • Struktur tubuh yang agak memanjang, proporsional, berotot, dan memiliki struktur tulang yang solid.
  • Bobot antara 34-43 kg.
  • Tinggi kisaran 57,5-62,5 cm.
  • Hidung umumnya berwarna hitam kadang ada juga berwarna biru atau merah hati.
  • berwarna gelap dan berbentuk almond.
  • Telinganya berdiri tegak dengan lebar di bawah dan mengecil di atasnya.
  • Bulu: cukup pendek dengan lapisan bawah paling tebal.
  • Warna: black/tan, gold, light gray, sable.

Di tempat asalnya, bulu anjing German Shepherd cenderung tebal, tetapi karena pengaruh iklim di Indonesia, bulunya menjadi pendek dan padat. Warna bulunya bisa beraneka ragam, ada yang hitam, cokelat, hingga keemasan. Biasanya anjing German Shepherd memiliki warna campuran antara hitam, cokelat, dan keemasan.

Anjing dengan nama lain Deutsche Schaferhund dan Alsatian Herder ini telah teregistrasi FCI dengan keistimewaan pandai, setia, berani, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan unggul dalam mental serta fisik. Jika kecerdasannya tidak diarahkan, suatu ketika anjing ini dapat menjadi bumerang bagi pemiliknya. Anjing german shepherd ini bahkan belajar dari hal-hal buruk yang menguntungkan dirinya berdasarkan pengalaman hidupnya.

Ciri Fisik Anjing German Shepherd – dogtime.com

Tak hanya berfungsi sebagai penjaga rumah, anjing German Shepherd dapat dijadikan anjing gembala hingga penuntun orang buta. Untuk menjalankan peran tersebut, biasanya pemilik memberikan latihan-latihan keras dan berbagai keterampilan. Tak jarang, keistimewaan german shepherd banyak dimanfaatkan oleh kepolisian maupun militer.[2]

Sifatnya yang selalu ingin mempertahankan daerah teritorial, membuat anjing ini dominan dan cenderung menyerang orang asing. Sebagai penjaga andalan, German Shepherd memiliki daya penciuman dan pendengaran yang tajam, bahkan lebih tajam daripada anjing-anjing lain. Sejumlah keterampilan khusus dapat diberikan untuk anjing German Shepherd kesayangan Anda. Lalu, berapa harga anjing penjaga yang satu ini?

Harga Anjing German Shepherd

Kategori Anjing German Shepherd Kisaran Harga per Ekor
Anak anjing German Shepherd Rp900.000
Anak anjing German Shepherd mix Labrador Rp2.000.000
Anak anjing German Shepherd betina Rp9.000.000
Anjing German Shepherd betina remaja umur 8 bulan Rp10.000.000
 anjing German Shepherd jantan Rp15.000.000
Anjing German Shepherd hitam Rp17.500.000
Anjing German Shepherd indukan umur 3 tahun Rp25.000.000
 anjing German Shepherd putih Rp30.000.000

Pada 2022, beberapa jenis anjing German Shepherd mengalami perubahan harga. Anak anjing German Shepherd mix Labrador misalnya, yang awalnya dibanderol mulai Rp1 juta, kini naik menjadi Rp2 juta per ekor. Harga anak anjing German Shepherd betina juga terpantau naik, semula Rp8 juta menjadi Rp9 juta per ekor.

Perlu diingat, harga anjing German Shepherd dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat menelusuri sejumlah situs jual beli online untuk membandingkan harga terbaik dengan lokasi terdekat. Tak ada salahnya untuk datang langsung ke sejumlah pet house dengan harga bersaing.

[Ditta]

[1] Sianipar, dkk. 2004. Merawat & Melatih Anjing Penjaga. Jakarta: AgroMedia, hlm. 15.

[2] Hatmosrojo, Rachmatdi. 2003. Melatih Anjing Penjaga. Jakarta: Niaga Swadaya, hlm. 33.

Pos terkait