Update Harga Alat USG 4 Dimensi dan Spesifikasinya

Jika menjadi seorang dokter kandungan atau bidan, pastinya Anda membutuhkan alat USG. Apalagi bagi Anda yang ingin membuka praktik sendiri di rumah. Saat ini, alat USG sudah dikembangkan menjadi semakin canggih. Dengan USG 4 dimensi, Anda tidak hanya bisa melihat jenis kelamin janin, tetapi juga bisa mendengarkan suara dan melihat bentuk wajah janin secara keseluruhan. Harga alat USG 4 dimensi sendiri mulai ratusan juta rupiah untuk satu perangkatnya.

Foto hasil USG 4D (sumber: grid.id)
Foto hasil USG 4D (sumber: grid.id)

USG 4 dimensi ini termasuk salah satu praktik dokter kandungan atau bidan yang canggih. Anda tidak perlu repot lagi untuk mengetahui jenis kelamin dan kondisi janin pada pasien. Ini berbeda jika Anda menggunakan alat USG 2 dimensi atau 3 dimensi. Jika Anda menggunakan alat USG di bawah 4 dimensi, Anda masih perlu menggunakan alat lain untuk mengetahui kondisi janin pada pasien. Berikut ini adalah keunggulan USG 4 dimensi yang sudah banyak beredar di .

Bacaan Lainnya

Lebih Akurat Mendeteksi Kelainan pada Janin

Salah satu kelebihan menggunakan USG 4 dimensi ini, Anda bisa dengan mudah mengenali gejala kelainan atau gangguan pada janin. Alat ini akan memperlihatkan pada Anda bagian tubuh janin yang mengalami gangguan secara detail. Anda juga bisa melihat apakah perkembangan janin dalam rahim normal atau tidak. Pertumbuhan pada janin juga akan terlihat lebih jelas dan akurat, dengan begini Anda bisa mencatatnya dengan mudah dan cepat.

Kelainan pada janin yang terlihat jelas pada monitor akan mempermudah Anda untuk menentukan tindakan dan pengobatan berkelanjutan pada pasien. Anda bisa melihat kondisi janin di dalam perut pasien dengan lebih fokus, apakah janin terlilit tali pusat atau tidak, atau apakah janin memiliki kelainan letak pada plasentanya. Dengan begini, Anda bisa menentukan apakah ibu dan janinnya memiliki risiko saat kelahiran atau tidak.

Mendeteksi Umur Janin

Setelah Anda melakukan , dengan menggunakan gel khusus dan alat sensor USG 4 dimensi pada perut pasien, Anda akan melihat ukuran janin dengan lebih fokus. Dari sini, alat USG 4 dimensi akan mengirimkan sinyal khusus. Sinyal tersebut akan diterjemahkan dalam bentuk tulisan dan , sehingga Anda dapat mengetahui umur janin dengan lebih mudah.

Informasi umur janin pada pasien yang diinformasikan oleh alat USG 4 dimensi dikatakan jauh lebih akurat dibanding dengan alat USG 2 dimensi atau 3 dimensi. Anda juga tidak perlu menanyakan pada pasien untuk mendiagnosis umur janin mereka.

Memperlihatkan Kondisi Janin dalam Bentuk Video

Salah satu keunggulan USG 4 dimensi yang tidak ada pada alat USG lainnya, yaitu Anda bisa melihat kondisi bayi melalui video/film. Alat sensor pada USG 4 dimensi akan mengirimkan sinyal dan gelombang suara yang ditangkap oleh janin dan dinding rahim. Dari situ, gelombang dipantulkan dan diterjemahkan oleh monitor USG 4 dimensi menjadi sebuah gambar dan video. Anda dan pasien dapat melihat gerakan-gerakan kecil yang dilakukan oleh janin.

Anda bisa melihat janin menggerakkan tangannya, menendangkan kakinya, atau berpindah posisi. Ini adalah salah satu hal yang menyenangkan untuk pasien Anda. USG 4 dimensi juga telah dilengkapi dengan fitur printer untuk mencetak foto wajah janin pada rahim pasien.

Alat USG 4 dimensi (sumber: klinikkeluarga.com)
Alat USG 4 dimensi (sumber: klinikkeluarga.com)

Saat ini, sudah banyak merk alat USG 4 dimensi yang dapat Anda pilih. Anda bisa membelinya di berbagai toko perlengkapan medis atau melalui beberapa situs jual online. Karena hadir dengan fitur yang lebih modern, harga alat USG 4 dimensi memang relatif mahal. Berikut informasi terbaru kisaran harga alat tersebut.

Harga Alat USG 4 Dimensi

Merk USG 4 Dimensi Spesifikasi Harga
Mindray Z6-4D Dilengkapi 3 probe, printer BW, printer warna, trolley, dan stabilizer Rp343.850.000
Chison i3-4D dilengkapi dengan meja USG, terdapat fitur , LCD kapasitas HD, sistem autofokus Rp370.500.000
Edan i8-4D LCD 19 inch, terdapat 4 probe konektor aktif, ada paket display, terdapat aplikasi layanan berbagi, bisa untuk mengetahui detak jantung, pembuluh darah, AB, OB/GYN, MSK, urologi, pediatri, teknologi visual didukung oleh THI, SRA, compounding, elastography, dilengkapi super needle, informasi akurat. frekuensi tinggi hingga 18 MHZ, jejak PW otomatis Rp462.880.000
Edan AX8-4D LCD 15 inch, bisa mode touch screen, gambar lebih detail, informasi akurat, dapat dihubungkan melalui DICOM dan USB, bisa dihubungkan ke internet, file dapat di export, terdapat fitur video, fitur PDF, fitur AVI, dan dilengkapi dengan fitur audio Rp518.000.000
Orcheo Lite Sonoscanner Terdapat fitur audio, dilengkapi control panel yang mudah digunakan, sistem auto fokus, terdapat fitur touch screen, dilengkapi dengan LCD resolusi HD Rp911.950.000
Zoncare Q9-4D Dilengkapi fitur elasticity image, spatial compounding imaging, trapezoidal extended imaging, panoramic imaging, extended pulse imaging(EPI), speckle noise removal technology, pulse inversion harmonics technology, free-hand 3D imaging, DPDI, dual/triple synchronous, dan color deflection technology. Memiliki sistem diagnostik ultrasonik yang baik dalam memperbaiki jantung, obstetri, urologi, abdomen, ginekologi, ortopedi, bagian pembuluh darah, dll Rp1.227.203.000
Doppler DC 8-4D Mindray LCD 19 inch, resolusi LCD high-resolution, terdapat fitur touch screen 10.4 inch, mudah digunakan, dilengkapi control panel, auto fokus, mudah mengidentifikasi objek Rp1.710.000.000

Harga alat USG 4 dimensi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan medis. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga alat USG 4 di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Chison i3-4D yang semula dijual dengan harga mulai Rp461,8 juta, sekarang sedikit turun menjadi Rp370,5 juta. Namun, ada juga yang naik seperti Mindray Z6-4D yang awalnya dijual Rp330 juta dan sekarang menjadi Rp343,85 juta. Untuk info lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi toko perlengkapan kesehatan terdekat.

[Update: Ditta]

Pos terkait