Update Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit (BCA, Bank Mandiri, BNI, BRI)

Kartu kredit atau credit card menjadi salah satu alat pembayaran yang cukup digemari. Dengan kartu kredit, seseorang bisa berbelanja atau melakukan transaksi apa pun secara mencicil dengan membayar bunga bank dan tagihan per bulannya. Namun, kartu kredit memiliki atau batas nominal yang bisa Anda gunakan untuk bertransaksi. Bagi sebagian orang, limit kartu kredit mereka mungkin terlalu kecil atau kurang mencukupi kebutuhan. Oleh sebab itu, menaikkan limit kartu kredit bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan.

Kartu kredit
Kartu kredit

Untuk menaikkan kartu kredit, kita bisa mengajukan permintaan kepada bank yang bersangkutan setelah kartu kredit berjalan tiga atau enam bulan; atau kita bisa menunggu agar limit kartu naik sendiri. Untuk meminta kenaikan limit kartu kredit, kita diharuskan membuat permohonan yang di-faksimile ke kantor bank pusat disertai fotokopi kartu kredit.

Bacaan Lainnya

Selama permintaan tersebut belum disetujui, sebaiknya kartu kredit yang digunakan saat itu maksimal 30 persen. Namun, jika kenaikan limit terjadi secara otomatis, syarat apa pun tidak diperlukan. Karenanya, lebih baik tidak meminta kenaikan limit karena bisa naik secara otomatis.

Apalagi, jika setelah tagihan dilunasi, kartu kredit tidak lagi digunakan. Dalam satu atau dua bulan, biasanya pihak bank akan menelepon untuk menanyakan alasan tidak digunakannya kartu. Saat bank menanyakan hal itu, kita bisa jawab bahwa limitnya terlalu kecil. Biasanya, pihak bank akan menantang kita untuk menentukan limit. Dalam kasus ini, pihak bank cenderung akan memberikan kenaikan lebih besar dibanding jika kita mengajukan permintaan kenaikan atau kenaikan secara otomatis. Bila ada kartu kredit yang limitnya tidak naik setelah sekian lama, kita tidak perlu menggunakannya lagi, sebaiknya diakhiri atau digunting saja.[1]

Nah, apabila Anda berencana untuk menaikkan kartu kredit, perlu diingat bahwa tiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Anda dapat menanyakan langsung ke pihak bank yang bersangkutan. Selain itu, beberapa bank ada yang memberikan tips di website resmi mereka. Berikut ini cara menaikkan limit kartu kredit di BCA, Bank Mandiri, BNI, dan BRI.

Cara Menaikkan Kartu Kredit BCA

  • Koneksikan dulu kartu kredit Anda dengan BCA Mobile (bagi yang belum terkoneksi).
  • Buka aplikasi BCA mobile dan pilih m-BCA, masukkan kode akses, dan pilih fitur m-Admin.
  • Pilih menu Request Kartu Kredit.
  • Set baru yang Anda inginkan dengan mengklik tanda “+”, lalu klik send.
  • BCA akan melakukan penilaian terhadap permohonan Anda. Kalau diterima, Anda akan menerima konfirmasi melalui pesan singkat (SMS) beberapa hari kemudian.
Ilustrasi: Transaksi Menggunakan Kartu Kredit (Sumber: querygenie)

Selain menggunakan BCA Mobile, Anda juga bisa menaikkan limit kartu kredit BCA dengan mengajukan permohonan peningkatan limit di kantor cabang bank atau menghubungi layanan konsumen di Halo BCA 1500888. Nantinya, pihak BCA akan melakukan penilaian berdasar riwayat penggunaan kartu kredit, yang meliputi riwayat transaksi dan pembayaran. Apabila selama ini Anda selalu tertib membayar tagihan tepat waktu, permohonan kenaikan limit kartu kredit BCA dapat berjalan mulus.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Mandiri

  • Anda dapat mengunjungi situs resmi Mandiri Kartu Kredit dan memilih opsi upgrade kartu limit.
  • Pada halaman menu tersebut, Anda akan diminta memilih tiga opsi, yakni Naik Limit Permanen, Upgrade dengan Kenaikan Limit, dan Upgrade tanpa Kenaikan Limit. Pilih sesuai yang Anda inginkan.
  • Untuk opsi Naik Limit Permanen misalnya, Anda akan diminta memasukkan 16 digit nomor kartu kredit Anda.
  • Setelah itu, isi kolom Limit yang Diinginkan.
  • Kemudian, Anda diminta mengisi nominal penghasilan per bulan, upload dokumen penghasilan atau SPT, memasukkan nomor NPWP, upload NPWP dan KTP, serta memasukkan alamat email.
  • Setelah itu, Anda centang kolom Saya bukan robot dan Submit.

Pada tahun sebelumnya, Bank Mandiri menyediakan opsi menaikkan limit kartu kredit secara temporer. Namun, saat ini, mengutip situs resminya, pilihan tersebut sudah tidak tersedia.

Untuk BNI, seperti dikutip dari situs resminya, untuk menaikkan limit kartu kredit, nasabah bisa langsung menghubungi BNI Call 1500046. Jika penggunaan dan pembayaran kartu kredit Anda bagus, ada kemungkinan BNI akan menghubungi Anda untuk menawarkan kenaikan limit kartu kredit, tetapi tidak dengan mendatangi dan mengambil kartu kredit Anda.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BNI

  • Kunjungi situs BNI Layanan Digital, lalu pilih “Kartu Kredit BNI”
  • Pada bagian “Pengajuan fitur kartu kredit BNI”, pilih “Umum”
  • Pilih menu “Permohonan kenaikan limit kredit”
  • Selanjutnya, lengkapi formulir permohonan yang berisi jenis kenaikan, nomor kartu kredit BNI, nama pemegang kartu, tanggal lahir, limit kartu kredit saat ini dan limit yang diinginkan, serta periode kenaikan limit yang diinginkan.
  • Unduh dokumen yang diperlukan, meliputi KTP, NPWP, bukti penghasilan terbaru, serta surat permohonan yang telah ditandatangani.
Ilustrasi: kartu kredit (sumber: zdnet.com)

Apabila semua tahapan sudah dilakukan, Anda tinggal menunggu konfirmasi sekaligus proses verifikasi dari pihak BNI melalui telepon. Pihak BNI akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait pribadi dan kenaikan limit. Biasanya pihak bank akan menghubungi Anda dalam kurun waktu sekitar 1 minggu sejak pengiriman email dilakukan. Setelah itu, maksimal dalam 3 hari kerja Anda akan memperoleh informasi hasil pengajuan kenaikan limit kartu kredit melalui SMS.

Sementara itu, pengajuan kenaikan limit kartu kredit BRI bisa dilakukan melalui call center BRI di 14017 atau 021 150017. Customer service yang bertugas akan mencatat laporan permohonan serta meminta Anda mengirimkan persyaratan pendukung melalui email ke kartu_kredit@bri.co.id. Anda harus melengkapi sejumlah persyaratan sebagai berikut.

Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BRI

  • Surat keterangan kenaikan limit yang telah ditandatangani, dengan mencantumkan nama, nomor kartu kredit, dan alasan kenaikan limit.
  • Scan KTP dan bukti slip gaji.
  • Bank BRI akan memproses pengajuan kenaikan limit dalam 5 hari setelah persyaratan dokumen dikirimkan. Jika pengajuan limit ditolak, kamu perlu menunggu hingga 6 bulan ke depan untuk mengajukan permohonan kembali.

Sebelum menaikkan limit kartu kredit, pertimbangkan betul kondisi keuangan dan kebutuhan Anda. Jangan sampai “besar pasak dari tiang” yang justru mengakibatkan keuangan Anda tertekan oleh tagihan kartu kredit hingga berbulan-bulan. Supaya pengajuan tambahan limit kartu kredit lebih mudah untuk diterima, pastikan pula Anda selalu membayar tagihan bulanan tepat pada waktunya.

Bagi Anda yang berencana menaikkan limit kartu kredit, pastikan Anda mengajukannya di waktu yang tepat atau di saat kondisi keuangan sedang stabil. Selain itu, pastikan untuk sering menggunakan kartu kredit agar pengajuan kenaikan limit kredit diterima. Cara lainnya adalah dengan menggunakan kartu kredit sampai batas maksimum. Terakhir yang tak kalah penting adalah menjaga riwayat kartu kredit dengan membayar tagihan tepat pada waktunya.

[Update: Panca]

[1] Muzaki, H. B. 2014. Solusi Utang yang Untung. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pos terkait