Update Biaya Transfer Sesama BCA, BCA Syariah, & BCA Digital

Selain BCA konvensional, ada pula BCA Syariah. Keduanya memiliki berbagai layanan yang memudahkan urusan nasabahnya. Transaksi bisa dilakukan baik di ATM, di kantor cabang, maupun melalui online, baik di laptop atau di smartphone Anda. Tidak lupa, setiap transaksi akan dikenai biaya, termasuk transfer. Besarnya biaya transfer bisa berbeda, tergantung Anda melakukannya antar-bank atau sesama BCA/BCA Syariah/BCA Digital.

Kartu paspor/ATM BCA (sumber: mastekno.com)
Kartu paspor/ATM BCA (sumber: mastekno.com)

Transaksi dari BCA Syariah via ATM

Transaksi dari BCA Syariah bisa dilakukan melalui jaringan ATM Prima. Keikutsertaan BCA Syariah dalam Jaringan Prima membuktikan komitmen BCA Syariah dalam memberikan layanan yang optimal kepada nasabah. Bertransaksi menjadi lebih mudah dan fleksibel karena didukung dengan lebih dari 13.000 ATM berlogo Prima yang terhubung melalui jaringan ATM PRIMA.

Bacaan Lainnya

Pemegang kartu ATM BCA Syariah kini dapat melakukan transaksi tarik tunai, cek saldo, dan transfer antar bank di semua ATM yang berlogo Prima. Tidak hanya itu, melalui ATM berlogo Prima, Nasabah BCA Syariah juga dapat melakukan transfer ke bank lain yang tergabung dalam Jaringan ATM Bersama dan ALTO.

Biaya Transaksi BCA Syariah via ATM Prima

 Transaksi Biaya
Transfer ke rekening bank lain Rp6.500
Tarik Tunai Rp7.500
Inquiry Saldo Rp4.000

Jika kartu ATM BCA Syariah digunakan untuk bertransaksi akan tetapi transaksi tersebut tidak bisa berjalan dikarenakan saldo tidak cukup, salah PIN, dan sebab lainnya, maka akan dikenakan biaya decline sebesar Rp3.000. Ketentuan biaya transaksi dari BCA Syariah antar dan sesama bank via jaringan ATM Prima tahun ini masih sama seperti tahun lalu atau belum mengalami perubahan.

Selain melalui jaringan ATM Prima, transaksi BCA Syariah bisa juga dilakukan di jaringan ATM & Debit BCA. Nasabah bisa memanfaatkan luasnya jaringan ATM dan EDC BCA yang modern untuk kemudahan transaksi keuangan Anda. Dengan didukung oleh lebih dari 6.000 ATM BCA dan 31.000 merchant yang terhubung secara real time online, transaksi menjadi mudah dan leluasa karena dapat diakses kapan saja dan dari mana saja. Berikut rincian biaya transaksi BCA Syariah di mesin ATM BCA.

Biaya Transaksi BCA Syariah via ATM BCA

Jenis Transaksi Biaya
Transfer antar rekening BCA Syariah Gratis
Transfer dari BCA ke BCA Syariah atau sebaliknya Gratis
Tarik tunai Gratis
Cek Saldo Gratis

*Catatan: tunai di EDC BCA masih dalam tahap pengembangan

BCA Syariah

Selain melalui ATM, nasabah BCA Syariah juga bisa melakukan transaksi melalui mobile banking. BCA Syariah mobile merupakan fasilitas perbankan elektronik dari BCA Syariah untuk kemudahan nasabah perorangan dan badan usaha (non individu) dalam melakukan transaksi perbankan melalui smartphone dengan menggunakan jaringan internet meliputi transaksi finansial dan transaksi non finansial.

Langkah Penggunaan BCA Syariah Mobile

  • Lakukan pendaftaran di cabang BCA Syariah manapun cukup dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan. Setiap nasabah hanya dapat mendaftarkan 1 user id untuk 1 nomor seri SIM card dan 1 nomor perangkat smartphone (IMEI) namun dapat mengakses seluruh rekening maupun pembiayaan.
  • Setelah pendaftaran selesai, Anda akan mendapatkan SMS Registrasi.
  • Unduh aplikasi BCA Syariah mobile.
  • Lakukan aktivasi fasilitas pada smartphone.

Biaya Transaksi BCA Syariah Mobile

Jenis Transaksi Biaya
Informasi mutasi rekening Gratis
Transfer ke rekening BCA Syariah Gratis
Transfer online ke BCA Gratis
Transfer online ke bank lain (antar bank) Rp6.500
Transfer antar bank via BI-FAST Rp2.500
Transfer SKN ke bank lain Rp3.500
Transfer RTGS ke bank lain Rp30.000

Saat ini, biaya transaksi via BCA Syariah Mobile mengalami sedikit perubahan jika dibandingkan tahun lalu. Misalnya, tarif transfer SKN ke bank lain yang semula dikenakan sebesar Rp5.000, sekarang hanya Rp3.500.

Begitu pula dengan transfer RTGS dari BCA ke bank lain yang semula dikenai sebesar Rp35.000, sekarang tarifnya turun menjadi Rp30.000. Selain biaya transaksi, nasabah pengguna BCA Syariah Mobile juga dikenai biaya internet yang merupakan biaya yang dibebankan oleh operator seluler terhadap koneksi internet di smartphone nasabah.

Kartu ATM BCA Syariah (facebook: BCA Syariah Gresik)
Kartu ATM BCA Syariah (facebook: BCA Syariah Gresik)

Tips Aman Transaksi BCA Syariah Mobile

  • Merahasiakan dan tidak memberitahukan user ID dan PIN kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau tujuan apapun lainnya, termasuk kepada anggota keluarga atau orang terdekat maupun petugas bank.
  • Melakukan perubahan PIN secara berkala.
  • Tidak menggunakan PIN yang disarankan orang lain, atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon, dan lain-lain
  • Sebaiknya PIN satu produk berbeda dengan produk lainnya.
  • Tidak mencatat PIN pada kertas, meja, memori handphone, atau media lain yang memungkinkan untuk diketahui oleh orang lain.
  • Berhati-hati dalam menggunakan PIN agar tidak terlihat oleh orang lain.
  • Jangan menggunakan fasilitas BCA Syariah mobile pada handphone yang digunakan bersama-sama dengan orang lain.

Biaya Transaksi BCA Digital (Blu)

Jenis Transaksi Biaya
Transfer antar bluAccount Gratis
Transfer antar bank (online) Rp6.500
Transfer antar bank (LLG) Rp2.900
Transfer antar bank (RTGS) Rp25.000
Transfer antar bank (BI FAST) Rp2.500
Transfer ke rekening BCA (online) Gratis

Untuk diketahui, Blu merupakan platform bank digital dari BCA. Bank tersebut merupakan bank yang berjalan dalam platform digital dan tidak memiliki cabang. Pendaftarannya pun hanya menggunakan aplikasi pada ponsel pintar.

Adanya Bank BCA Digital yang berbeda dengan Bank BCA, merupakan salah satu pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Bank BCA. Pengembangan bisnis ini tentu saja bukan didasarkan pada keputusan tidak logis. Bank BCA pasti telah melakukan riset pasar, sehingga bisa menjawab kebutuhan pasar. Apalagi banyaknya generasi milenial yang memang enggan untuk datang langsung ke bank. Bank BCA Digital merupakan salah satu bentuk pemasaran Bank BCA untuk menargetkan generasi milenial.[1]

Namun, jika Anda adalah nasabah BCA konvensional, maka biaya yang dibebankan setiap kali transaksi mungkin saja berbeda. Berikut informasi biayanya.

Kartu ATM Bank BCA Syariah (sumber: buatatm.com)
Kartu ATM Bank BCA Syariah (sumber: buatatm.com)

Biaya Transaksi BCA via ATM BCA

Jenis Transaksi Biaya
Tarik tunai Gratis
Cek saldo Gratis
Transfer antar bank Rp6.500 (online)

Rp2.500 (BI FAST)

Transfer ditolak Gratis

Biaya Transaksi BCA via ATM PRIMA & GPN

Jenis Transaksi Biaya
Tarik tunai Rp7.500
Cek saldo Rp4.000
Transfer antar bank Rp6.500 (online)

Rp2.500 (BI FAST)

Transfer ditolak Rp3.500

Biaya Transaksi BCA via ATM Cirrus

Jenis Transaksi Biaya
Tarik tunai Rp25.000
Cek saldo Rp5.000
Transfer antar bank N/A
Transfer ditolak Rp5.000

Rincian biaya transaksi dari BCA via jaringan ATM BCA, Prima/GPN, dan Cirrus juga tidak berubah sampai tahun 2023 ini. Untuk melakukan transaksi di ATM BCA, setiap orang perlu berhati-hati. Salah satu contohnya adalah jangan lupa untuk mengambil kartu ATM setelah selesai transaksi, dan sebaiknya simpan di tempat yang aman seperti dompet atau tempat khusus penyimpanan kartu. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar transaksi perbankan di BCA, silakan menghubungi Kantor Cabang BCA Syariah terdekat atau Halo BCA 1500888.

[Update: Dian]

[1] Nurtiar, H. 2022. The Secret of Library Marketing. Jakarta: BPPD APWI, hlm 22.

Pos terkait