Update Biaya Transfer BCA Antar Bank

Transfer menjadi salah satu transaksi keuangan yang sering dilakukan nasabah bank, termasuk BCA (Bank Central Asia). Tidak cuma kirim dana ke rekening bank yang sama, melainkan juga ke rekening bank lain. Jika transfer ke rekening bank yang sama biasanya tidak dikenakan administrasi, maka transfer ke rekening bank lain akan dikenakan biaya, yang dipotong langsung dari saldo rekening.

Ilustrasi: tombol pin ATM
Ilustrasi: tombol ATM

Khusus untuk BCA, bank ini diketahui berdiri sejak 1957, hadir di tengah masyarakat Indonesia dan tumbuh menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia. Selama lebih dari 60 tahun, BCA tidak pernah berhenti menawarkan beragam solusi perbankan yang menjawab kebutuhan finansial nasabah dari berbagai kalangan.

Bacaan Lainnya

Melalui beragam produk dan layanan berkualitas dan diklaim tepat sasaran, solusi finansial BCA mendukung perencanaan keuangan pribadi dan perkembangan nasabah bisnis. Hal tersebut didukung oleh kekuatan jaringan antar cabang, luasnya jaringan ATM, serta jaringan perbankan elektronik lainnya. Siapa saja dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan bertransaksi yang ditawarkan BCA.

Sesuai dengan komitmen perusahaan, ‘Senantiasa di Sisi Anda’, BCA berupaya menjaga kepercayaan dan harapan nasabah serta para pemangku kepentingan. Bagi bank ini, memenangkan kepercayaan adalah untuk memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan finansial para nasabah adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi BCA.

Bank swasta tersebut juga sudah menyediakan berbagai layanan perbankan. Kegiatan yang sering dilakukan masyarakat, salah satunya adalah transfer dana atau uang. Tidak hanya dapat melakukan pemindahan dana dari sesama rekening BCA, nasabah juga dapat melakukan transfer antar bank atau dari BCA ke bank lain.

Untuk mengakomodasi kebutuhan nasabah mereka, BCA memberlakukan dan limit yang kompetitif dalam setiap produk dan layanan bank. Biaya dan limit itu berbeda di tiap kartu ATM yang dimiliki oleh nasabah. Untuk informasi lebih detail, bisa dilihat dalam tabel berikut.

Limit Transaksi ATM BCA

Transaksi Limit ATM
Tarik Tunai Blue: Rp10.000.000
Gold: Rp10.000.000
Platinum: Rp10.000.000
Tapres: Rp10.000.000
BCA Dollar: Rp10.000.000
Transfer Antar-Rekening BCA Rp-Rp Blue: Rp50.000.000
Gold: Rp75.000.000
Platinum: Rp100.000.000
Tapres: Rp75.000.000
BCA Dollar: N/A
Transfer Rp-FC Blue: Rp50.000.000
Gold: Rp75.000.000
Platinum: Rp100.000.000
Tapres: Rp75.000.000
BCA Dollar: N/A
Transfer FC-Rp Blue: N/A
Gold: N/A
Platinum: N/A  
Tapres: N/A
BCA Dollar: Rp25.000.000
Transfer Antar-Bank Rp-Rp Blue: Rp15.000.000
Gold: Rp20.000.000
Platinum: Rp25.000.000
Tapres: Rp20.000.000
BCA Dollar: N/A 
Debit  Blue: Rp50.000.000
Gold: Rp75.000.000
Platinum: Rp100.000.000
Tapres: Rp75.000.000
BCA Dollar: N/A
Limit Setoran Tunai Blue: Rp50.000.000
Gold: Rp80.000.000
Platinum: Rp50.000.000
Tapres: Rp80.000.000 
BCA Dollar: N/A

Keterangan:

  • Batas pembayaran dengan Debit BCA menjadi satu dengan penarikan tunai di merchant dan Top Up Flazz di EDC (terpisah dari batas pengambilan tunai di ATM).
  • Limit transaksi transfer merupakan limit gabungan dengan limit transfer di m-BCA.
Kartu ATM BCA (sumber: selular.id)

Jika dibandingkan regulasi sebelumnya, besaran limit transaksi ATM BCA saat ini terpantau naik. Sebagai contoh, limit setoran tunai BCA Gold yang awalnya sebesar Rp40 juta, sekarang mencapai Rp80 juta. Begitu pula dengan limit setoran tunai BCA Blue yang naik dari Rp25 juta menjadi Rp50 juta.

Transaksi ATM BCA 

Transaksi
Tarik Tunai ATM BCA: Gratis
PRIMA: Rp7.500
CIRRUS: Rp25.000
Cek Saldo ATM BCA: Gratis
PRIMA: Rp4.000
CIRRUS: Rp5.000
Transfer Antar-Bank ATM BCA: Rp6.500
PRIMA: Rp6.500
CIRRUS: N/A
Transfer Ditolak ATM BCA: Gratis
PRIMA: Rp3.500
CIRRUS: Rp5.000
BCA ATM Center (sumber: linkaja.id)

Keunggulan ATM BCA

  • Akses layanan setiap hari, 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Transaksi melalui ATM BCA bersifat real time online. Jaringan ATM yang amat luas membuat ATM BCA mudah ditemukan di seluruh Indonesia.
  • ATM BCA kini semakin efisien.  Dengan beberapa fungsinya seperti ATM Setor Tarik, ATM Multifungsi, ATM Non-Tunai, dan ATM Setor Tunai, nasabah dapat memilih sesuai kebutuhan dan mengurangi proses antrean yang panjang.
  • Aneka transaksi perbankan dapat dilakukan dengan nyaman, mulai dari penarikan tunai, transfer antar-rekening BCA dan antar-bank, cek Informasi saldo dan kurs, serta melakukan pembayaran dan pembelian, mengisi pulsa, mengubah PIN, sampai registrasi KlikBCA dan m-BCA.
  • Berbagai macam pembayaran tagihan dan pembelian dapat dilakukan dengan mudah, antara lain pembayaran BPJS Kesehatan, pembayaran tagihan Telkom, pembayaran rekening listrik PLN pascabayar, pembayaran PLN Non-Tagihan, pembayaran listrik prabayar PLN, pembayaran PGN (Perusahaan Gas Negara), pembayaran telepon seluler, pembayaran kartu kredit, pembayaran pendidikan, pembayaran internet, pembayaran angsuran pembiayaan, pembayaran PAM, pembayaran asuransi, pembayaran TV kabel, pembayaran voucher handphone, pembayaran tiket, pembayaran pajak kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

Daftar dan limit transaksi ATM BCA di atas kami rangkum dari situs resmi bank yang bersangkutan. Meski begitu, biaya dan limit transaksi tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat di kota Anda.

Modus kejahatan skimming mengincar pengguna ATM. Untuk menghindari kejahatan ini, pihak BCA mengimbau masyarakat untuk melakukan penggantian pada kartu ATM. Penggantian PIN bisa dalam seminggu sekali, tiga hari sekali, ataupun setiap hari. Hal ini akan mencegah kejahatan skimming meskipun kode PIN ATM sudah pernah  terekam oleh pelaku skimming. BCA dalam laman resminya juga membagikan cara menghindari praktik skimming selain mengganti PIN secara berkala.

Cara Menghindari Praktik Skimming ATM ala BCA

  • Memeriksa alat transaksi. Jika masyarakat menemukan alat mencurigakan pada ATM dan area sekitarnya, diminta langsung melapor ke pihak BCA.
  • Saat memasukkan PIN, nasabah dianjurkan menutupi mesin ATM BCA.
  • Memakai kartu ATM BCA berbasis chip. kartu ini disebut lebih aman sebab chip yang digunakan mengaplikasikan teknologi enkripsi data. Sekalipun terdeteksi oleh alat skimming, data yang terekam hanya berupa kode-kode dan simbol abstrak yang tidak bisa diartikan.

Skimming adalah tindakan kejahatan pencurian data pengguna ATM untuk membobol rekening. Untuk melancarkan aksi ini, pelaku kejahatan menggunakan alat khusus bernama scammer yang bentuknya mirip dengan mulut slot kartu ATM. Begitu kartu dimasukkan ke dalam scammer, mesin itu akan secara otomatis merekam informasi dari kartu korban.

[Update: Ditta]

Pos terkait