Info Syarat, Jam Buka, & Update Biaya Tiket Masuk Candi Prambanan

Candi Prambanan, salah satu objek wisata di Yogyakarta terletak di Jalan Raya Yogyakarta-Solo Km.17, sekitar 20 km sebelah timur Yogyakarta, 40 km sebelah barat Solo,dan 120 km sebelah selatan Semarang. Candi ini terletak persis di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,tepatnya di Desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara Kabupaten Sleman dan Klaten.[1] Untuk masuk Candi Prambanan, para pengunjung perlu menyiapkan biaya tiket masuk dengan harga puluhan ribu rupiah saja.

Ilustrasi: Landskap Candi Prambanan (credit: indonesia.travel)
Ilustrasi: Landskap Candi Prambanan (credit: indonesia.travel)

Kompleks Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, yakni 3 dewa utama dalam agama Hindu, antara lain Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah.

Bacaan Lainnya

Komplek Candi Prambanan terdiri dari banyak candi,seperti Candi Ratu Boko, Candi Sewu, Candi Bubrah, dan Candi Lumbung. Kompleks Candi Prambanan menyediakan berbagai fasilitas guna melengkapi kebutuhan wisatawan saat berkunjung. Seiring meningkatnya jumlah wisatawan mancanegara,maka objek wisata dilengkapi dengan pusat informasi guna memberikan informasi bagi wisatawan mancanegara yang membutuhkan kelengkapan informasi. Selain itu, sebelum memasuki area inti disediakan papan besar yang berisi gambar serta keterangannya. Hal ini dapat menambah wawasan bagi wisatawan mancanegara.

Bagi wisatawan yang membawa keluarga atau anak-anak, dapat mengunjungi fasilitas arena bermain anak di Candi Prambanan. Selain itu, jika wisatawan ingin berkeliling Prambanan untuk melihat Candi Brubah, Candi Lumbung, dan Candi Sewu, wisatawan dapat menggunakan kereta mini.

Kawasan Candi Prambanan menyewakan empat lapangan bagi masyarakat umum yang membutuhkan, misalnya untuk berkemah,acara dinner, dan lain sebagainya. Candi Prambanan juga dilengkapi dengan fasilitas restoran, toko souvenir,penangkaran rusa, penangkaran cenderawasih, toilet, musala, lahan parkir yang luas, serta asuransi kesehatan.[2] Berikut informasi biaya masuk Candi Prambanan.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Ilustrasi: Harga Tiket Masuk Candi Prambanan (credit: worldhistory.org)
Kategori Tiket Masuk Candi Prambanan Tarif
Wisatawan lokal Indonesia – Dewasa Rp50.000
Wisatawan lokal Indonesia – Anak Rp25.000
Wisatawan mancanegara – Adult USD25 / Rp350.000
Wisatawan mancanegara – Child USD15 / Rp210.000
Tiket terusan Wisnus Dewasa Candi Prambanan & Borobudur Rp75.000
Tiket terusan Wisnus Anak Candi Prambanan & Borobudur Rp35.000
Tiket terusan Wisnus Dewasa Candi Prambanan & Ratu Boko Rp75.000
Tiket terusan Wisnus Anak Candi Prambanan & Ratu Boko Rp35.000
Paket Pruputan Prambanan – Dewasa Rp100.000
Paket Pruputan Prambanan – Anak Rp75.000

Pihak Candi Prambanan kini juga menawarkan Paket Pruputan, yakni pengalaman sightseeing Candi Prambanan lebih pagi menggunakan fasilitas kendaraan mobil listrik dan mendapat layanan makan pagi. Paket Pruputan Prambanan bisa dinikmati setiap hari mulai 06.30 WIB sampai pukul 08.00 WIB. Informasi biaya masuk Candi Prambanan di atas dirangkum langsung dari situs resmi Borobudur Park.

Perlu Anda ketahui bahwa harga tiket masuk Candi Prambanan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Meskipun begitu, tarif tiket masuk Candi Prambanan tahun 2022 masih sama seperti tahun 2021.

Syarat Berwisata di Taman Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan (sumber: klook.com)
  1. Pengunjung diwajibkan sudah melakukan vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.Bagi pengunjung yang tidak bisa vaksin karena masalah kesehatan, dapat menunjukkan surat keterangan dari dokter.
  2. Pengunjung dengan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk dengan pendampingan orang tua yang sudah divaksin.
  3. Sudah menginstall aplikasi PeduliLindungi di ponsel.
  4. Wajib memenuhi peraturan protokol kesehatan (CHSE).
  5. Tiket dapat dibeli secara online melalui portal online tiket (ticket.borobudurpark.com) maupun offline melalui loket tiket.
  6. Metode pembayaran bisa menggunakan uang tunai, kartu debit, kartu kredit (Visa & Mastercard), e-money (OVO, BRIZZI, LinkAja, TapCash, Flazz, e-money Mandiri).

Sebelum berkunjung ke Candi Prambanan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu operasional tempat wisata bersejarah satu ini. Adapun loket tiket Taman Wisata Candi Prambanan beroperasi mulai jam 08.00 WIB sampai pukul 14.30 WIB. Jam tutup loket masuk parkir kendaraan adalah pukul 14.00 WIB, sedangkan jam buka Zona 1 (Pelataran Candi) dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Menurut informasi di situsnya, kunjungan dapat dilakukan maksimal sampai ke pelataran atau halaman Candi Prambanan. Khusus hari Senin, kunjungan hanya dapat dilakukan di area Zona 2 (area taman sekitar candi), dan tidak dapat mengunjungi sampai pelataran atau halaman Candi Prambanan. Untuk info lebih lengkap, Anda bisa menghubungi pihak PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, & Ratu Boko di call center 08112688000.

[Update: Almas]

[1] Nieamah, KF. 2014. Persepsi Wisatawan Mancanegara Terhadap Fasilitas dan Pelayanan di Candi Prambanan. Jurnal Nasional Pariwisata, Vol. 6(1): 39-45.

[2] Ibid.

Pos terkait