Update Biaya Perawatan Wajah di Erha Clinic

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah dan salah satunya adalah melakukan perawatan di klinik kecantikan. Dari sekian klinik kecantikan yang ada, Clinic diklaim menawarkan treatment wajah yang lengkap dengan harga atau biaya sesuai jenis perawatan wajah yang dipilih.

Erha Clinic (sumber: beritasatu.com)
Clinic (sumber: beritasatu.com)

Varian Treatment di Clinic

Melakukan perawatan mulai dari kepala hingga kaki sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Namun, dengan semakin banyaknya klinik kecantikan, sebagian orang merasa lebih praktis dan hasilnya lebih tepat mengenai sasaran. Hal itu dikarenakan di klinik kecantikan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter, yang secara otomatis produk yang dipakai atau treatment yang dilakukan sesuai kondisi Anda.

Bacaan Lainnya

Salah satu klinik perawatan yang telah eksis adalah Clinic. Klinik tersebut tidak hanya menjadi tempat Anda konsultasi dan merawat kulit wajah, tetapi kulit kepala. Apabila Anda bertanya mengenai biaya, maka jawabannya adalah relatif. Besarnya biaya ditentukan oleh berapa banyak produk yang Anda gunakan. Biaya bisa saja bertambah apabila ternyata kondisi kulit wajah atau kepala Anda butuh dilakukan penanganan lebih, misalnya laser.

Jika Anda mengunjungi situs .co.id, mungkin tidak akan menemukan kisaran biaya perawatan sekali datang. Namun Anda bisa mengetahui berbagai macam treatment dan produk over counter atau yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Treatment yang ditawarkan Erha dibagi menjadi beberapa kategori, antara lain Erha Personalized Program yang terdiri dari personal rejuvenation program, personal acne program, personal hair growth & scalp program, personal body program, children dermatology program, senior dermatology program, dan general dermatology program.

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan dengan dukungan teknologi yang dirancang khusus oleh dermatologist sesuai kebutuhan kulit, bisa memilih laser and hi-tech based program. Dalam program itu, terdapat beberapa treatment, seperti laser rejuvenation, laser pigmentasi, laser vascular, skin tightening therapy, fractional laser resurfacing for rejuvenation, blue light therapy, collagen rejuvenation therapy, fractional laser resurfacing for acne scar, red light therapy, hair removal therapy, dan focal fat deposit therapy.

Biaya Treatment di Clinic

Untuk terapi laser, tentu bervariasi harga atau tarifnya. Misalnya laser untuk penanganan jerawat, disesuaikan dengan banyaknya titik jerawat yang akan dilaser. Menurut review pengunjung Clinic, tahun 2020, apabila jerawat tergolong lumayan banyak, maka dikenai biaya sekitar Rp900 ribuan hingga Rp1 jutaan. Namun, jika titik jerawat yang akan diberi tindakan terbilang sedikit, maka biayanya sekitar Rp672 ribuan hingga Rp700 ribuan. Biaya-biaya tersebut belum termasuk tambahan, seperti obat yang perlu digunakan setelah laser.

Sementara itu, untuk perawatan wajah (facial, face care, dll), sama dengan tindakan laser. Menurut admin resmi melalui WhatsApp tahun 2021, biaya treatment wajah bervariasi, tergantung masalah kulit dan rekomendasi dokter, dengan harga perawatan mulai Rp350.000 hingga Rp10,5 jutaan. Ini sudah termasuk biaya konsultasi dokter, yakni Rp150.000 dan krim wajah mulai Rp92.000. Sebagai perbandingan, tahun lalu 2020 perawatan di Erha Clinic mulai Rp250.000 hingga Rp10,5 jutaan. Sementara itu, berikut harga treatment Erha Clinic tahun 2022.

Ilustrasi: Berbagai Varian Produk Skincare Erha (credit: Medium)

Biaya Treatment di Clinic 2022

Jenis Treatment di Clinic Biaya per Treatment (Rp)
Comedoless & Poreless Program 518.500
No Acne No Cry Program 619.500
Acne Finale – Skin Redness Program 687.000
Acne Finale – Dark Spot Program 837.000
Acne Finale – Ultimate Program 837.000
Ultimate Younger Program – Ultimate Younger Solution 877.000
No Wrinkle In Time – Wrinkle Solution 877.000
Bloom In Youth – Pre Aging Preventive Solution 877.000
Acne Finale – Acne Scar Program 897.000
Photorejuvenation Laser 2.499.000

Harga Produk Erha Clinic

Selain treatment, Anda juga bisa membeli produk kecantikan wajah yang sesuai dengan kondisi kulit. Misalnya, Anda memiliki masalah kulit berminyak dan berjerawat, Anda mungkin akan diberikan salep-salep yang masing-masing diberi inisial nama.

Beberapa produk yang bisa dikhususkan untuk kulit berminyak dan berjerawat antara lain Simply Remove 60g (pembersih wajah tekstur gel), Exfoliating Cleansing Scrub (pembersih wajah bertekstur scrub), Matte Sense Primer, Acne Moisturizer Gel 2 (AMG 2), Acne Foundation 4 (AF4), Acne Face Treatment (AFT), Acne Spot Treatment (AST), dan Acne Lotion 2 (AL2).

Harga masing-masing produk Erha sekitar Rp78 ribuan hingga Rp197 ribuan. Apabila diakumulasikan, biaya perawatan wajah di Erha sekitar Rp900 ribuan hingga Rp1 jutaan per perawatan. Harga produk Erha tahun 2022 tersebut masih sama seperti tahun 2021. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020, harga produk Erha Clinic dibanderol mulai Rp84 ribuan hingga Rp178 ribuan.

Ilustrasi: Perawatan Wajah di Clinic (sumber: thathipsterlife.com)

Cara Pemakaian Produk Erha

  • Mencuci wajah menggunakan Simply Remove. Sebelum membersihkan wajah, pastikan tangan Anda sudah bersih. Gunakan Simply Remove secukupnya, letakkan di telapak tangan. Lalu, usapkan secara merata ke seluruh wajah hingga leher. Lakukan gerakan memutar secara perlahan.
  • Sebelum membilas wajah, gunakan Exfoliating Scrub, letakkan isi produk di telapak tangan secukupnya, lalu usapkan ke seluruh wajah hingga leher.
  • Bilas dengan air bersih.
  • Setelah Anda menyeka air dengan menggunakan handuk, bisa menggunakan Matte Sense Primer (produk ini digunakan pada saat Anda beraktivitas di pagi atau siang hari). Aplikasikan produk ke bagian wajah yang berminyak, biasanya di area T zone atau area T (dahi, hidung, dan dagu).
  • Lanjutkan dengan memakai AMG2 ke seluruh wajah. Usahakan menghindari area dekat mata, hidung, dan mulut.
  • Selesai menggunakan AMG2, Anda bisa melanjutkan dengan menggunakan AF4. Produk AF4 sudah dilengkapi dengan kandungan SPF (kurang lebih SPF 15). Karena itu, penting menggunakan produk ini ketika Anda akan beraktivitas ke luar rumah.
  • Untuk perawatan pada malam hari, tahap membersihkan wajah bisa mengikuti langkah mencuci wajah sebelumnya (Simply Remove dilanjutkan dengan Exfoliating Scrub).
  • Pada malam hari, Anda akan menggunakan produk berbeda yang digunakan pada pagi atau siang hari. Setelah membersihkan wajah, Anda bisa mengoleskan AFT. Tunggu beberapa saat, sekitar 3 menit.
  • Lanjutkan dengan mengoleskan AST di jerawat-jerawat pada wajah, terutama wajah yang meradang (merah-merah). Tunggu sekitar 3 menit, biarkan produk meresap dahulu.
  • Kemudian, oleskan AL2 pada beruntusan di wajah.
  • Hasil maksimal bisa Anda dapatkan apabila perawatan atau langkah-langkah yang disarankan oleh dokter dilakukan secara rutin.

Setelah menggunakan produk selama 3 atau 4 bulan, kemungkinan Anda akan diminta untuk kembali berkonsultasi. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kondisi kulit Anda. Perlu diperhatikan bahwa produk-produk yang disebutkan sebelumnya belum tentu sama antara satu orang dengan lainnya. Produk-produk yang diresepkan akan disesuaikan dengan masalah dan kebutuhan kulit masing-masing.

Dilansir dari situs resminya, Erha mengklaim bahan atau zat dalam produk dinilai dalam batas kadar yang aman dan tidak berbahaya bagi kulit, sehingga produk Erha dianggap cocok digunakan untuk jangka waktu yang lama. Perawatan akan tetap dilakukan selama Anda menginginkan kulit tetap terawat. Hal itu dikarenakan perawatan memerlukan waktu yang teratur. Apabila Anda tertarik, bisa mencari cabang Erha terdekat dan bisa dilihat di situs erha.co.id

[Update: Almas]

Pos terkait