Biaya Masuk SMA Islam Al Azhar Jakarta TA 2023/2024

Sebagian orang tua berpendapat menyekolahkan anak di sekolah berbasis agama Islam menjadi pilihan tepat untuk saat ini. Nah, salah satu unggulan yang begitu populer adalah Sekolah Islam Al Azhar Jakarta. Biaya masuk SMA Islam Al Azhar Jakarta memang terbilang mahal dibandingkan sekolah lain, mengingat kualitas pendidikan yang ditawarkan juga tak main-main.

SMA Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu Jakarta (sumber: tribunnews)
SMA Islam Al Azhar 2 Pasar Minggu Jakarta (sumber: tribunnews)

Profil SMA Islam Al Azhar Jakarta

Yayasan Al-Azhar berdiri pertama kali tahun 1952 dengan nama Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Yayasan ini menyelenggarakan kegiatan pendidikan Islam terintegrasi, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, hingga Universitas Al Azhar Indonesia. Seiring dengan semakin meningkatnya popularitas Sekolah Al Azhar di kalangan masyarakat Muslim dan terbatasnya daya tampung, pada 1980-an berdiri Sekolah Al Azhar di wilayah Kemang dengan manajemen dan pengelola yang berbeda sebagai cabang dari Sekolah Al Azhar Kebayoran. Selanjutnya, disusul Sekolah Islam Al Azhar di wilayah Kelapa Gading pada 1988.[1]

Bacaan Lainnya

Khusus untuk jenjang SMA, YPI Al Azhar memiliki 16 sekolah yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Tiga di antaranya yakni SMAIA 3 Kebayoran Baru, SMAIA 8 Summarecon Bekasi, dan SMA Islam Al Azhar Jakarta. Namun kali ini, kami akan mengajak Anda mengenal lebih detail mengenai SMA Islam Al Azhar Jakarta.

SMA Islam Al Azhar Jakarta menawarkan pendidikan berkualitas ditunjang dengan pembinaan keislaman guna membentuk karakter Islami bagi para siswa. Untuk membuka wawasan siswa dengan wawasan global, sekolah telah melakukan Overseas programme dengan tawaran School Immersion, Student Exchange, Culture Exchange, Homestay, Visiting Campus baik di , Eropa, Asia, dan Australia. Untuk itu, SMA Islam Al Azhar Jakarta membangun kerja sama dengan sekolah-sekolah di USA, Jepang, Singapura, New Zealand, dan beberapa negara di Eropa. SMA Islam Al Azhar juga memiliki program sekolah dalam aspek pembinaan agama, akademik, non akademik, dan ketahanan sekolah.

Sementara itu, fasilitas sekolahnya yang lengkap mampu para siswa nyaman. Belum lagi banyaknya program-program kegiatan ekstrakurikuler yang menarik, bahkan dapat berperan hingga tingkat Internasional. Kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan meliputi basket, futsal, beladiri, bulu tangkis, paskibra, fotografi, voice of Al Azhar & Band, Al Azhar debat club & foreign language, KPI, saman (traditional dance), KIR, pramuka, cooking class, Bahasa Jepang, tahfidz, dan teater.

Dengan banyaknya pendaftar setiap tahun, pihak sekolah melakukan seleksi ketat untuk memilih calon siswa melalui sejumlah tes di antaranya tes kesehatan dan psikotes. Bagi Anda yang lokasinya cukup jauh dari sekolah, dapat dengan mudah memantau informasi penerimaan siswa baru melalui websitenya. Calon peserta didik dapat memilih jalur pendaftaran online dengan seleksi berkas dan jalur tes.

Tahapan Pendaftaran Online SMA Islam Al Azhar Jakarta

  • Download aplikasi SALAM AZHAR di App Store (iOS) atau Google Play (Android).
  • Setelah berhasil download, buka aplikasi dan pilih menu untuk membuat akun pendaftaran.
  • Lengkapi data nomor HP, password, nama orang tua dan email lalu klik Daftar, tunggu sampai ada sms kode (OTP) masuk. Selanjutnya masukan kode verifikasi (OTP) yang dikirim via SMS.
  • Login Salam Al Azhar, klik menu Pendaftaran Murid Baru, pilih lokasi sekolah SMA Islam Al Azhar Jakarta dan mengisi biodata dan Nilai Pengetahuan (K13) Rapor Semester 1 s/d 4 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS ≥ 70 (tujuh puluh).
Aktivitas siswa SMA Islam Al Azhar Jakarta (sumber: smaia1.al-azhar.sch.id)
Aktivitas siswa SMA Islam Al Azhar Jakarta (sumber: smaia1.al-azhar.sch.id)

Untuk verifikasi berkas, pendaftar harus menyiapkan fotokopi rapor SMP/MTs semester 1 s/d 4 yang telah dilegalisir sekolah asal, fotokopi Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran, serta pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar. Setelah semua prosedur dilakukan, pendaftar juga harus menyiapkan biaya dengan rincian sebagai berikut.

Biaya SMA Islam Al Azhar Jakarta TA 2023/2024

Komponen Studi Biaya
Uang Pangkal Lulusan Al Azhar: Rp38.250.000
Lulusan Luar Al Azhar: Rp40.210.000
SPP per Bulan Rp3.000.000
Uang Jam’iyyah (1 tahun) Rp375.000
Uang OSIS (1 tahun) Rp375.000
Uang Jas Almamater Rp450.000
Seragam dan Kartu Pelajar Rp125.000

Informasi biaya studi di atas kami rangkum dari situs resmi Al Azhar Jakarta. Perlu diingat, biaya tersebut tidak termasuk uang buku dan pembelian iPad. Sebagai perbandingan, pada tahun akademik 2022/2023 lalu, uang pangkal yang dibebankan calon siswa sebesar Rp37,5 juta, uang OSIS sebesar Rp250 ribu per tahun, dan uang Jam’iyyah sebesar Rp350 ribu per tahun.

SMA Islam Al Azhar Jakarta (sumber: kemdikbud.go.id)
SMA Islam Al Azhar Jakarta (sumber: kemdikbud.go.id)

Jadwal Pendaftaran SMA Islam Al Azhar Jakarta TA 2023/2024

Agenda PPDB Tanggal
Pendaftaran Khusus SMP Al Azhar: 21 November – 24 Desember 2022
Jalur Tes: 21 November – 24 Januari 2023
Pelaksanaan Tes Mulai 28 Januari 2023
Pengumuman Hasil Jalur Seleksi Terima Langsung: 7 Januari 2023
Jalur Tes: 7 Februari 2023

Pengumuman dan hasil penerimaan siswa baru dapat dilihat di mading sekolah dan di website resmi SMA Islam Al Azhar Jakarta. Bagi pendaftar yang diterima seleksi, maka wali murid wajib mengambil Surat Keterangan (SK) Lulus di sekolah sebelum melakukan pembayaran administrasi keuangan pendaftaran siswa baru. Daftar ulang dapat dilakukan disertai bukti pembayaran keuangan dan surat pernyataan bermaterai.

[1] Subhan, Arief. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Indonesia: Abad Ke-20. Jakarta: Kencana, hlm 163.

Pos terkait