Update Biaya Cat Mobil di Auto2000 dan Bengkel Resmi

Warna bodi mobil yang menarik dan bersih bisa mengesankan kondisi kendaraan yang bersangkutan secara keseluruhan. Jika warna bodi kendaraan sudah usang atau pudar, maka mobil akan terkesan tidak terawat. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa melakukan ulang bodi mobil di beberapa bengkel resmi maupun bengkel umum, salah satunya di Auto2000, dengan biaya bervariasi.

Bengkel Bodi & Cat Auto2000 (sumber: gridoto)
Bengkel Bodi & Cat Auto2000 (sumber: otoseken.

Auto2000, atau PT Astra International Toyota Sales Operation, sendiri merupakan bengkel pengecatan yang menerima cat ulang bodi mobil merek Toyota, mulai Avanza, Kijang Innova, Rush, Fortuner, Corolla, Soluna, Corona, Camry, Agya, hingga Alphard. Bengkel ini menyediakan layanan khusus ‘Express Body & Paint’, yaitu perbaikan cat bodi yang diklaim hanya memakan waktu delapan jam.

Bacaan Lainnya

Menurut pihak Bengkel Body & Paint Auto2000 cabang Ciledug, layanan cepat perbaikan bodi dan pengecatan ulang ini dijamin akan selesai hanya dalam waktu satu hari. Meski bertajuk ekspres, tetapi mereka menjamin hasilnya sangat bagus dan mulus kembali. Karena itu, tidak mengherankan jika biaya cat ulang bodi mobil di Auto2000 relatif lebih mahal jika dibandingkan bengkel umum lainnya.

Di dalam situs resminya, bengkel Auto2000 mengklaim bahwa jasa cat bodi mobil yang mereka lakukan diawali dengan high quality control, mulai dari bodi, surface preparation, masking, painting, hingga polishing, oleh para personel yang sangat berpengalaman. Selain itu, dengan menerapkan teknik TPS (Toyota Production System), konsumen tidak perlu lagi lama menunggu perbaikan bodi kendaraan mereka selesai.

Pihak Auto2000 juga menuturkan bahwa di laboratorium mereka, pencairan warna cat dilakukan dengan bantuan komputer, dikerjakan oleh tinter yang sangat berpengalaman sehingga memungkinkan diperoleh hasil akurat sesuai warna yang dikehendaki. Cat yang mereka gunakan adalah cat yang sesuai standar atau rekomendasi dari Toyota Motor Corp di Jepang.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan jika pemilik kendaraan ingin melakukan pengecatan ulang bodi mobil di bengkel Auto2000? Dilansir dari situs resminya, biaya cat bodi mobil bervariasi, tergantung kerusakan mobil dan lokasi Anda. Biaya pengecatan per panel dimulai Rp800.000, sedikit naik dari tahun lalu yang dipatok mulai Rp700 ribuan per panel. Berikut rincian biaya terbaru cat mobil di Auto2000.

Ilustrasi: Proses Cat Ulang Mobil (credit: camperdowncollisioncentre)
Ilustrasi: Proses Cat Ulang Mobil (credit: camperdowncollisioncentre)

Biaya Cat Mobil di Auto2000

Jenis PekerjaanBiaya Cat
Cat per panelMobil Low : Rp800.000 – Rp900.000
Mobil Medium : Mulai Rp1.100.000
Mobil Premium : Mulai Rp1.300.000
Siram full bodyRp13.000.000 – Rp30.000.000

Biaya cat ulang bodi mobil di Auto2000 tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak bengkel. Mobil yang termasuk kelas low misalnya kendaraan LCGC semacam Agya dan Calya. Sementara itu, contoh mobil medium adalah Avanza, Rush, dan sedan, sedangkan mobil kategori premium termasuk Fortuner dan Alphard.

Perlu Anda catat bahwa biaya pengecatan ulang bodi mobil di Auto2000 tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu pengecatan untuk mobil LCGC masih dipatok mulai Rp700 ribuan per panel, sedangkan tarif pengecatan untuk kendaraan medium mulai Rp720 ribuan per panel.

Pengerjaan pengecatan hanya membutuhkan waktu sepekan untuk mobil baru. Sementara itu, untuk mobil lama, bisa memakan waktu hingga satu bulan dengan alasan mobil lama harus dihilangkan terlebih dahulu karatnya. Menurut pihak Auto2000, jika karat tidak dihilangkan, nanti akan merusak warna dan karat kembali muncul dalam 4-5 bulan.

Harga yang ditawarkan Auto2000 memang diakui tidak murah. Namun, harga pengecatan tersebut tergantung jenis dan merek cat yang digunakan. Cat yang beredar di pasaran sendiri banyak jenisnya dari KW1 hingga KW selanjutnya. Sementara, pihak Auto2000 mengaku menggunakan cat Dupon kualitas pertama.

Sekadar , mobil konsumen Auto2000 yang bodi atau catnya rusak bisa diterima di semua cabang Auto2000. Meski tidak semua cabang Auto2000 memiliki body & painting center, tetapi konsumen bisa menaruh mobil mereka yang ingin diperbaiki di cabang terdekat dan mengambil kembali kendaraannya setelah diperbaiki di cabang itu juga.

Nantinya, cabang yang menerima mobil untuk diperbaiki bodi dan catnya tersebut akan membawa mobil pelanggan ke Body & Paint Center. Di Jakarta dan sekitarnya, layanan ini sudah tersedia di Auto2000 cabang Sunter, Jakarta Utara, Ciledug, dan Pasarkemis. Sementara, di daerah lainnya, tersedia di cabang Bekasi, Jagung, Karawang, Bandung Cibiru, Bogor Yasmin, Cirebon, Surabaya Kenjeran, Sukun, Jember, Denpasar, Balikpapan Sudirman, Samarinda, Medan Amplas, Padang, Palembang, dan Tanjung Karang Raden Intan.

Biaya Cat Mobil di Auto2000 - (www.viva.co.id)
Biaya Cat Mobil di Auto2000 – (www.viva.co.id)

Biaya Cat Mobil di Bengkel Resmi

Merk MobilBiaya Cat
Hyundai Creta, Stargazer, i10Rp900.000 per panel
Rp15.000.000 full body
Hyundai Santa FeRp940.000 per panel
Hyundai Palisade, StariaRp1.050.000 per panel
Mercedes-BenzRp2.500.000 per panel

Daftar biaya cat mobil di bengkel resmi tersebut sudah kami himpun dari beragam sumber, termasuk keterangan masing-masing pihak bengkel. Perlu Anda ingat bahwa tarif cat mobil di bengkel resmi ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung menuju bengkel resmi kendaraan terdekat di daerah Anda.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *