Info Biaya Asrama Universitas Pertamina

Universitas merupakan yang baru didirikan pada awal tahun 2016. Perguruan tinggi ini merupakan bentukan dari Pertamina Foundation, badan sosial yang terafiliasi dengan PT Pertamina (Persero).Universitas Pertamina berlokasi di kawasan Simprug, Jakarta Selatan dan menempati lahan seluas 6,5 hektare. Bagi yang ingin berkuliah di Universitas Pertamina, pihak kampus juga menyediakan beberapa macam beasiswa. Bahkan, ada juga fasilitas bagi penerima beasiswa serta bantuan biaya hidup selama berkuliah.

Bacaan Lainnya
Mahasiswa/mahasiswi Universitas Pertamina (sumber: universitaspertamina.ac.id)
Mahasiswa/mahasiswi Universitas Pertamina (sumber: universitaspertamina.ac.id)

Fasilitas pendidikan Universitas Pertamina menempati dua gedung, masing-masing sembilan lantai dan empat lantai. Sementara, fasilitas pendukung pendidikan di antaranya sarana hingga gedung perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup lengkap.Dalam usianya yang terbilang baru, Universitas Pertamina telah menaungi enam fakultas dengan total 15 program studi.

Biaya Asrama Universitas Pertamina

Universitas Pertamina menyediakan asrama (bersifat opsional) bagi mahasiswa penerima beasiswa sesuai dengan tipe beasiswa yang diterimanya. Fasilitas asrama ini biasanya diberikan bersamaan dengan uang saku serta pembebasan biaya pendidikan. Dengan demikian, mahasiswa penerima beasiswa tertentu tak perlu mengeluarkan biaya apa-apa untuk tinggal di asrama yang disediakan oleh pihak Universitas Pertamina.

Berdasarkan informasi yang tertera di website resminya, Universitas Pertamina menyediakan beberapa tipe beasiswa pada tahun akademik 2023/2024, yakni Beasiswa Generasi Juara Double Degree, Beasiswa Bazma Universitas Pertamina, dan Beasiswa Generasi Juara. Di antara ketiga jenis beasiswa tersebut, sejauh ini yang menawarkan fasilitas asrama lengkap dengan uang saku adalah Beasiswa Generasi Juara. Berikut ulasan lengkapnya.

Beasiswa Generasi Juara Universitas Pertamina

Beasiswa Generasi Juara adalah jenis beasiswa Universitas Pertamina yang diberikan kepada siswa/siswi yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang sangat baik di Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Beasiswa ini dibuka bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki prestasi di tingkat sekolah, kota/kabupaten, provinsi, nasional, maupun tingkat internasional.

Anda bisa meraih kesempatan mendapatkan tipe beasiswa tertinggi berupa pembebasan biaya pendidikan selama 8 semester, uang saku, dan berkesempatan tinggal di asrama. Batas pendaftaran Beasiswa Generasi Juara dibuka sampai 28 Februari 2023.

Selain Beasiswa Generasi Juara, ada juga Beasiswa Generasi Juara TNI AD. Keuntungan yang diperoleh dari Beasiswa Generasi Juara TNI AD adalah pembebasan biaya SPI, pembebasan biaya SPP mulai dari 50% hingga 100%, asrama (opsional), serta bantuan biaya hidup. Adapun pendaftaran Beasiswa Generasi Juara TNI AD ini dibuka pada 6 Maret sampai 30 April 2023. Berikut persyaratan untuk mendaftar beasiswa Beasiswa Generasi Juara TNI AD.

Persyaratan Beasiswa Generasi Juara TNI AD

  • Melampirkan fotokopi atau scan nilai rapor semester 1- 6 dan melengkapi formulir rapor SMA atau sederajat melalui pmb.universitaspertamina.ac.id.
  • Melampirkan fotokopi atau scan surat rekomendasi dari sekolah.
  • Melampirkan fotokopi atau scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu pelajar yang bersangkutan dan orang tua atau wali.
  • Melampirkan Kartu Tanda Anggota TNI AD (dilampirkan pada surat rekomendasi sekolah).
  • Melampirkan fotokopi atau scan sertifikat juara lomba akademik dan atau non-akademik (olahraga dan atau kesenian), sekurang-kurangnya tingkat kabupaten atau kota selama masa studi di SMA atau sederajat.
  • Melampirkan fotokopi atau scan slip gaji atau surat keterangan penghasilan orang tua atau wali.
  • Melengkapi formulir pengajuan beasiswa melalui pmb.universitaspertamina.ac.id dan pilih jalur masuk Beasiswa Generasi Juara TNI.

Besarnya fasilitas bantuan biaya hidup dan sebagainya yang diberikan oleh Universitas Pertamina biasanya akan disesuaikan dengan tipe beasiswa yang diperoleh calon mahasiswa baru ketika pengumuman final hasil seleksi beasiswa.

Kemudian, bantuan biaya hidup tersebut akan ditinjau ulang setiap semester berdasarkan kelayakan mahasiswa yang bersangkutan. Jika berdasarkan informasi tahun ajaran yang lalu, besarnya bantuan biaya hidup maksimal Rp1,2 juta tiap bulan untuk setiap mahasiswa penerima beasiswa.

Kampus Universitas Pertamina (sumber: universitaspertamina.ac.id)

Nah, jika Anda tidak ingin tinggal di asrama yang disediakan oleh pihak kampus, Anda juga bisa memilih nge-kost di sekitar area Universitas Pertamina. Berikut informasi tempat tinggal atau kost di dekat Universitas Pertamina.

Kost Dekat Universitas Pertamina

Nama Kost Alamat& Nomor Telepon
Kost Wisma Jannati 2 Jl. H. Muhajar No.rt 04/03, RT.4/RW.3, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560

Telp: 0815-1454-7123

Kost Wisma Jannati 1 Jl. Mufakat No.8 rt 03/06, RT.3/RW.6, Srengseng, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11630

Telp: 0815-1454-7123

Kost Kweni 22 Jl. Kweni No.22, RT.4/RW.10, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220

Telp: 08128707051

Kos Kito Jl. Moh. Nur Kav Dpr No.4, RT.15/RW.1, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220

Telp: 08161100341

Kost Pak Amir Simprug RT.15/RW.1, Grogol Sel., Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220

Telp: 0878-9020-5658

Kost Jl Mesjid An Nur Jl. Mesjid An Nur, Grogol Selatan, Kebayoran Lama

Telp: 08156526860

Kost Pavilion Simprug Jl.Rawa Simprug 4 no. 33 RT 10/09, Kelurahan Grogol Selatan, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Telp: 081514547123

Kos DOI (Doa Ibu) Jl. H. Soleh IA No.6B, RT.6/RW.3, Sukabumi Sel., Kec. Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11560

Telp: 085697703534

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar harga kost di setiap lokasi, Anda dapat langsung menghubungi pihak kost yang bersangkutan.

Pos terkait