Aturan Minum, Efek Samping dan Harga Red Koffiee

Selain sebagai teman ketika nongkrong atau malam hari saat tengah bersantai, ada sejumlah kopi yang ditujukan untuk menambah stamina, bahkan vitalitas para pria. Produk yang paling populer mungkin adalah Kopi Jantan atau Kopi Lanang. Selain itu, ada pula Red Koffiee, yang dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan kopi kemasan pada umumnya. Diklaim sebagai kopi premium yang diformulasikan untuk meningkatkan stamina, Anda juga perlu tahu aturan minum serta efek samping yang mungkin ditimbulkan sebelum mengonsumsi produk ini.

Red Koffie (twitter: @harierixx)
Red Koffie (twitter: @harierixx)

Seperti diketahui, kopi adalah salah satu minuman yang paling terkenal di kalangan masyarakat. Selain memiliki cita rasa dan aroma yang khas, kopi juga disebutkan dapat bermanfaat sebagai antioksidan, merangsang kinerja otak, dan bahkan sebagai zat penangkal kanker.[1] Bahkan, kandungan antioksidan di dalam kopi disebut-sebut lebih banyak dibandingkan antioksidan pada teh dan cokelat.[2]

Bacaan Lainnya

Berdasarkan cara pengolahan, kopi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni kopi bubuk dan kopi instan. Kopi bubuk adalah kopi yang diolah dalam tiga tahapan, yakni sangrai (roasting), penggilingan (grinding), dan pengemasan. Sangrai sangat menentukan warna dan cita rasa produk kopi yang akan dikonsumsi, sedangkan penggilingan bertujuan menghaluskan partikel kopi sehingga dihasilkan bubuk kasar, medium, bubuk halus, atau bubuk sangat halus (very fine). Pilihan kasar atau halusnya bubuk kopi berkaitan dengan cara menyeduh kopi yang digemari masyarakat.[3]

Sementara itu, kopi instan dibuat dari ekstrak kopi dari proses sangrai. Kopi sangrai ini masih melalui tahapan ekstraksi, drying (pengeringan), dan pengemasan. Kopi yang telah digiling, diekstrak dengan menggunakan tekanan tertentu dan alat pengekstrak. Ekstraksi bertujuan untuk memisahkan kopi dari ampasnya. Adapun proses drying, bertujuan untuk menambah daya larut kopi terhadap air, sehingga kopi instan tidak meninggalkan endapan saat diseduh dengan air.[4]

Manfaat Red Koffiee

Sekarang, sudah ada banyak kopi instan yang beredar di pasaran. Biasanya dikemas dalam wadah sachet, pouch, atau botol, beberapa nama yang sudah terkenal antara lain Good Day Cappuccino, Torabika, ABC Susu, Indocafe Coffeemix, Kopi Kapal Api, Nescafe, JJ Coffee, Luwak White Koffie, Top Coffee, dan lainnya.

Umumnya, kopi instan memang ditujukan untuk mereka yang ingin menyeruput secangkir kopi tanpa perlu ribet. Namun, ada pula kopi instan yang tidak cuma cocok dijadikan teman santai, tetapi juga diklaim dapat menambah stamina, salah satunya Red Koffiee. Mengusung tagline ‘Kopi Stamina Penuh Semangat’, produk ini dikatakan sebagai kopi premium yang diformulasikan untuk meningkatkan stamina. Red Koffiee  diklaim mengandung red beet, kopi, dan ginseng, mengombinasikan zat-zat tersebut dalam kemasan yang praktis.

Diklaim sebagai kopi pertama di Indonesia, Red Koffiee dikatakan punya banyak manfaat. Tidak cuma meningkatkan ketahanan dan stamina pria dan , produk tersebut juga disebutkan dapat menenangkan sistem saraf (antidepresan), mengatasi gangguan pencernaan dan jantung, menormalkan kadar gula dalam darah, membantu memulihkan hipertensi, menyembuhkan keputihan, bahkan diklaim membantu mempercepat pasangan suami-istri untuk memiliki momongan.

Aturan Minum Red Koffiee

Red Koffie (facebook: Red Koffie)
Red Koffie (facebook: Red Koffie)

Untuk mendapatkan semua manfaat yang dijanjikan, konsumen perlu mengetahui aturan minum Red Koffiee yang benar. Untuk awal minuman, disarankan mengonsumsi 1/4 sachet saja dalam 100 ml air selama dua hari. Sementara itu, pada hari ketiga, minum 1/2 sachet Red Koffiee untuk 100 ml air. Kemudian, untuk tiga hari berikutnya dan selanjutnya, pria disarankan minum satu sachet Red Koffiee setiap tiga hari sekali, sedangkan wanita cukup minum 1/2 sachet Red Koffiee setiap tiga hari sekali.

Apabila Anda tertarik dengan manfaat yang ditawarkan Red Koffiee, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, sudah banyak penjual yang menawarkan Red Koffiee, baik di media sosial maupun blog pribadi. Tidak sedikit pula yang menjualnya di sejumlah situs . Sebagai referensi, berikut kisaran harga Red Koffiee di pasaran saat ini.

Harga Red Koffiee

Kemasan Red Koffiee Harga
Red Koffiee Sachet Rp33.000 – Rp37.000
Red Koffiee Box Rp300.000 – Rp399.000

Daftar harga Red Koffiee diatas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak seller. Sebagai informasi, 1 sachet Red Koffiee berisi 25 gram, sedangkan 1 box berisi 10 sachet Red Koffiee. Perlu Anda catat bahwa harga Red Koffiee tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu serta bisa berbeda di masing-masing penjual.

Efek Samping Red Koffiee

Red Koffiee diklaim sebagai produk yang halal dan tanpa menimbulkan efek samping. Sejauh ini, memang belum ditemukan konsumen yang mengeluhkan produk tersebut. Meski demikian, layaknya kopi ‘stamina’ pada umumnya, produk tersebut mungkin juga dapat menimbulkan sejumlah efek samping, yang bisa saja tidak Anda sadari.

Seperti dilansir dari Hellosehat, kopi ‘stamina’ dan juga kopi-kopi lainnya pasti mengandung kafein. Terlalu banyak mengonsumsi bahan tersebut bisa membuat Anda sakit kepala, gelisah, cemas, mual, diare, jantung berdebar-debar, hingga insomnia. Selain itu, kopi yang diklaim sebagai ‘kopi perkasa’, seperti dikutip dari Haibunda, umumnya mengandung obat kimia tertentu yang justru berisiko untuk kesehatan, termasuk untuk jantung dan tekanan darah.

[1] Rejo, Amin, Sri Rahayu, Tamaria Panggabean. 2010. Mutu Biji Kopi pada Proses Dekafeinasi (Artikel Ilmiah). Jurusan Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya.

[2] Ramalakshmi, K. & Raghavan B. 2000. Caffeine in Coffee: It’s Removal. Why and How? Critical. Reviews in Food Science and Nutrition, Vol. 39: 441-556.

[3] Ridwansyah. 2002. Pengolahan Kopi (Edisi Kedua). Medan: USU Library.

[4] Ibid.

Pos terkait