Info Fasilitas & Tarif Bus Semarang-Surabaya

Mengunjungi kota terbesar di Jawa Timur, yakni Surabaya memang dapat menghadirkan pengalaman yang berkesan, khususnya bagi warga Jawa Tengah. Nah, bagi Anda yang ingin naik bus dari Semarang ke Surabaya, tarif tiketnya relatif terjangkau, hanya berkisar mulai ratusan ribu rupiah saja per orang.

Armada bus trayek Semarang-Surabaya (sumber: sukabis.org)
Armada bus trayek Semarang-Surabaya (sumber: sukabis.org)

Surabaya sudah lama dijadikan tempat tujuan untuk mencari ilmu, mata pencaharian, atau bahkan untuk sekadar berwisata melepas penat. Surabaya memiliki banyak daya tarik untuk dieksplor, mulai dari kuliner khasnya yang menggugah selera, pusat-pusat perbelanjaan yang tersebar di berbagai lokasi, hingga sejumlah tempat wisata yang tak terlalu menguras kantong. Anda bisa bepergian bersama orang-orang terkasih untuk berpetualang mengelilingi Kota Surabaya.

Bacaan Lainnya

Kota-kota di Jawa Timur dihubungkan dengan jaringan bus antarkota. Bus dengan rute Surabaya-Tuban-Semarang, Surabaya-Madiun-Yogyakarta, Surabaya-Malang, Surabaya-Kediri, dan Surabaya-Jember-Banyuwangi, umumnya beroperasi selama 24 jam penuh.

Rute dengan jarak menengah dilayani oleh bus antarkota yang berukuran lebih kecil, seperti jurusan Surabaya-Mojokerto atau Madiun-Ponorogo. Rute dengan jarak jauh seperti Jakarta, Sumatera, dan Bali-Lombok umumnya dilayani oleh bus malam. Terminal Purabaya di Waru, Sidoarjo adalah terminal terbesar di Indonesia.[1]

Meskipun saat ini sudah ada moda transportasi umum lainnya seperti kereta api, travel, atau bahkan pesawat, beberapa orang rupanya masih lebih senang bepergian dari Semarang ke Surabaya atau sebaliknya menggunakan bus. Selain tarifnya murah, bus antar kota antar provinsi (AKAP) kini juga sudah semakin nyaman karena didukung oleh fasilitas-fasilitas yang memadai.Lama perjalanan Semarang-Surabaya sekitar 4 jam.

Pilihan Bus Rute Semarang-Surabaya

Bagi Anda yang ingin bepergian melalui jalur darat menggunakan bus dari Semarang ke Surabaya atau rute sebaliknya, ada beberapa pilihan perusahaan otobus (PO) yang tersedia. Misalnya saja PO Sugeng Rahayu, PO Widji Lestari, PO Nusantara, PO Sari Indah, hingga Perum DAMRI. Rata-rata perusahaan otobus di rute Semarang-Surabaya menawarkan kursi kelas eksekutif, kecuali PO Sari Indah yang menyediakan armada kelas patas.

Lantaran kelasnya executive, maka fasilitas yang ditawarkan pun sudah cukup memadai. Sebagian besar bus di rute Semarang-Surabaya sudah ditunjang dengan sarana kursi recliner yang nyaman dan bisa diatur tingkat kemiringannya, konfigurasi tempat duduk 2-2, kemudian setiap armada bus juga didukung dengan AC (air conditioner), bahkan ada juga PO yang menyediakan fasilitas makan, stop kontak, toilet, central TV, bantal, selimut, hingga akses internet wifi untuk menemani Anda selama perjalanan.

Adapun titik keberangkatan untuk PO Sugeng Rahayu dan PO Sari Indah dari Terminal Mangkang Semarang, kemudian untuk PO Widji Lestari dan PO Sari Indah juga berangkat dari Terminal Terboyo Semarang, PO Nusantara keberangkatannya dari Kantor Nusantara Dr Cipto, dan bus Perum Damri diberangkatkan dari Pool DAMRI Semarang. Sedangkan untuk titik tiba PO Sari Indah, PO Widji Lestari, PO Nusantara, dan Bus DAMRI di Terminal Purabaya Bungurasih Surabaya, kemudian untukPO Sugeng Rahayu turunnya di RM Koki Kita.

Bus di Terminal Purabaya (sumber: wikipedia)

Jadwal operasional bus di rute Semarang-Surabaya pun bermacam-macam. PO Sari Indah misalnya, jam paling awal adalah pukul 07.00 WIB dan terakhir jam 08.00 WIB, Widji Lestari mulai 04.45 WIB sampai 05.30 WIB, Sugeng Rahayu mulai 13.00 sampai jam 21.00 WIB, dan PO Nusantara mulai jam 18.00 WIB.Nah, jika penasaran, simak informasi tarif tiket dari berbagai bus yang melayani rute perjalanan Semarang-Surabaya berikut ini!

Harga Tiket Bus Semarang-Surabaya

Nama PO& Kelas Fasilitas Tarif Tiket Bus Semarang-Surabaya (Rp)
Sari Indah (patas) Kapasitas 42 kursi, format kursi 2-2, AC, toilet, kursi recliner 135.000
Widji Lestari (executive) Kapasitas 42 kursi, format kursi 2-2, AC, stop kontak, kursi recliner, toilet, central TV, baca 160.000
Sugeng Rahayu (executive) Kapasitas 40 kursi, format kursi 2-2, AC, stop kontak, kursi recliner, wifi 170.000
Nusantara (executive) Makan, central TV, music/MP3, toilet, USB port untuk charger, snack, selimut, bantal, baca, air minum, AC, kursi reclining 175.000
DAMRI (executive) AC, kursi reclining, format kursi 2+2, central TV 180.000

Informasi tarif bus Semarang-Surabaya di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk agen travel online. Perlu diketahui bahwa harga tiket bus rute Semarang-Surabaya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda berencana bepergian naik bus dari Semarang-Surabaya, Anda bisa melakukan pemesanan tiket di agen bus favorit Anda.

[1]Suryana, D. 2012. Provinsi-Provinsi di Indonesia. Jakarta: CreateSpace Independent Publishing Platform, hlm 253.

Pos terkait