Info Spesifikasi & Harga Tinta, Cartridge, dan Printer HP 2135 Terbaru

Selain laptop, Hewlett-Packard atau lebih dikenal dengan nama HP, juga menyediakan perangkat pembantu untuk kebutuhan mengerjakan tugas kantor atau sekolah, termasuk printer. Ada banyak printer yang sudah dirilis perusahaan asal Amerika Serikat ini. Namun, apabila Anda membutuhkan printer dengan fitur all-in-one dan spesifikasi lumayan, tetapi punya terjangkau, varian HP 2135 bisa menjadi pilihan yang menarik.

Printer HP 2135 (sumber: blibli)
Printer HP 2135 (sumber: blibli)

Dikutip dari Wikipedia, printer merupakan piranti yang menampilkan data dalam cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas. Printer ini biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray) atau tempat menaruh kertas. Selain itu, ada tinta atau tinta bubuk (toner), kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk, serta colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer di bagian belakang pencetak.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, pencetak saat ini sangat banyak macamnya, salah satunya kombinasi mesin pencetak multifungsi dengan memiliki fitur yang lengkap dari berbagai aspek di luar fungsi utamanya sebagai alat pencetak. Pencetak multifungsi ini memiliki tambahan berupa scanner dan juga penyalinan yang memang disediakan untuk tambahan fitur printer. Selain itu, ada juga pencetakan jenis baru yang dapat membuat cetakan dengan 3 dimensi yang terlihat lebih nyata dan berbentuk, salah satu printer terbaru saat ini yang selalu memberikan fasilitas lebih untuk semakin mempermudah para pengguna, baik itu digunakan perorangan di rumah, atau kelompok seperti di kantor.

Sementara, untuk printer laser jet, dikatakan memiliki kualitas dan kecepatan mencetak yang lebih baik dari jenis ink jet. Printer ini tidak menggunakan tinta, melainkan menggunakan bubuk toner dan pencetak menggunakan infra merah. Kecepatan mencetaknya minimal dua kali lebih cepat dari printer ink jet. Kualitas hasil cetakan yang dihasilkan juga cukup tajam. Printer laser ini cocok digunakan bagi pengguna dengan frekuensi mencetak yang seperti di kantor.

Printer laser jet memiliki beberapa kelebihan, yaitu dpi & PPM yang sangat tinggi, lebih efisien untuk mencetak hitam putih, kapasitas warna printer laser juga lebih banyak dibanding dengan printer indoor lainnya, serta kemampuan mencetak yang sangat cepat. Namun, printer ini juga memiliki beberapa kelemahan, di antaranya tidak dapat digunakan secara terus-menerus dan biaya operasional yang cukup tinggi.

HP melihat kebutuhan akan cetak berwarna berbiaya rendah dan memperkenalkan lini terbatas printer inkjet secara cepat. Printer ini tidak secepat printer laser untuk teks, tetapi menawarkan grafis berwarna dengan yang cukup masuk akal.[1]

Review HP 2135

Di dalam situs resminya, printer ini memiliki nama resmi HP DeskJet Ink Advantage 2135 All-in-One Printer. Seperti namanya, produk ini memang merupakan varian dari Ink Advantage yang pertama kali diperkenalkan perusahaan pada tahun 2011 lalu. Menurut klaim HP saat itu, seri HP Ink Advantage mampu mencetak hingga 600 halaman dengan satu cartridge seharga tidak sampai Rp100 ribu.

Jumlah cetakan mencapai 600 halaman ini mampu dicapai cartridge warna hitam-putih dengan cetakan yang mencapai 5 persen area coverage, atau setara dengan satu halaman teks yang ditambahi dengan diagram kecil. Artinya, untuk cetak hitam-putih, biaya per lembar tidak sampai Rp200. Sementara, untuk tinta warna, cartridge dengan harga yang sama mampu mencetak hingga 250 lembar, juga dengan persentase 5 persen coverage area.

Selain menawarkan penghematan, teknologi Ink Advantage juga dikatakan menghasilkan cetakan yang berkualitas dan menjaga keawetan printer. Pasalnya, banyak printer rusak karena memakai tinta isi ulang non-original. Dalam sebuah studi pada November 2011 yang dilakukan lembaga riset TUV SUD,[2] menemukan bahwa cartridge inkjet HP asli berkinerja lebih baik daripada yang diisi ulang dan cartridge inkjet yang diproduksi ulang, baik dari segi hasil halaman maupun keandalan.

Studi lain dilakukan oleh Quality Logic pada tahun 2008,[3] yang menyatakan bahwa produk cartridge HP asli secara konsisten memberikan halaman berkualitas lebih dan pada gilirannya lingkungan bisnis yang lebih produktif daripada cartridge non-HP. Namun, bedanya, penelitian ini membahas penggunaan cartridge untuk printer LaserJet buatan HP.

Nah, kembali lagi ke seri HP 2135, menurut ulasan sebagian pengguna, fitur unggulan perangkat ini memang terletak pada ink advantage-nya. Fitur ini dikatakan punya kemampuan untuk mencetak data dengan jumlah lebih banyak dibandingkan dengan cartridge serta memiliki harga yang murah. Di samping itu, produk ini juga merupakan perangkat multifungsi, tidak hanya untuk mencetak data, melainkan juga bisa dipakai untuk fotokopi hingga scanner.

Untuk kebutuhan printer, HP 2135 punya kecepatan cetak 20 halaman per menit untuk model hitam putih. Jika Anda ingin melakukan fotokopi, kertas berukuran maksimal A4. Fotokopi dokumen yang bisa Anda lakukan ada dua pilihan, yaitu berwarna dan hitam putih. Untuk melakukan fotokopi pun sangat mudah, yaitu cukup meletakkan kertas atau dokumen yang hendak di duplikat atau difotokopi, lalu tinggal menekan tombol copy.

Tinta, cartridge, dan printer HP 2135 (youtube: Waruto Ono)

Spesifikasi HP 2135

Fungsi Print, copy, scan
Print Speed Black ISO up to 7,5 ppm, Draft up to 20 ppm
Print Speed Black ISO A4 Up to 7,5 ppm
Print Speed Color Up to 5,5 ppm
First Page Out Black : as fast as 15 second
Duty Cycle Up to 1000 pages
Teknologi Print HP Thermal Inkjet
Kualitas Print Black : Up to 1200 x 1200 dpi; Color : Up to 4800 x 1200 dpi
Jumlah Print Cartridges 2
Konektivitas Hi-Speed USB 2.0
OS Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7; OS X v10.8 Mountain Lion, OS X v10.9 Mavericks, OS X v10.10 Yosemite
Memory Integrated
Paper Handling Input 60-sheet input tray (normal)
Paper Handling Output 25-sheet output tray
Ukuran Media A4, B5, A6, DL envelope
Tipe Media Plain paper, photo paper, brochure paper
Scanner Types Flatbed
Scan File Format JPG, TIFF, PDF, BMP, PNG
Resolusi Scan Up to 1200 dpi
Resolusi Copy Up to 600 x 300 dpi
Copies Maksimum Up to 9 copies
Dimensi 425 x 304 x 149 mm
Berat 3,42 kg

Harga Printer HP 2135

Tidak sulit mendapatkan printer HP 2135 karena Anda bisa membeli perangkat ini di berbagai toko peralatan komputer maupun situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, berdasarkan situs resminya, produk ini pada 2021 dijual dengan harga sekitar Rp699.000, sedikit naik dari tahun 2019 yang dilepas Rp635.000. Sementara, di salah situs e-commerce, harga HP 2135 pada 2022 berkisar Rp629.000 hingga Rp809.000 per unit.

Printer HP 2135 (sumber: pdscustom.com)

Pada 2021 harga printer HP 2135 sedikit turun jadi Rp689 ribu per unit. Sedangkan untuk printer HP 2135 second (bekas) harganya berkisar antara Rp200 ribu sampai Rp400 ribuan. Keberadaannya pun mulai digeser oleh seri baru seperti HP Deskjet 2337 yang dibanderol dengan harga Rp720 ribu, sekarang naik jadi Rp815 ribu.

Harga Tinta & Cartridge HP 2135

Jenis Cartridge HP 2135 Harga
Cartridge HP 680 Black Rp139.000 – Rp180.000
Cartridge HP 680 Ink Original 1 Set Black + Colour Rp265.00
Cartridge HP 680 Warna/Tri Color Rp139.000

Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, harga tinta Cartridge HP 680 Warna/Tri Color mengalami kenaikan dari Rp127 ribu menjadi Rp139 ribu. Selain membeli cartridge, jika tinta printer HP 2135 Anda habis pun Anda masih bisa merefill atau isi ulang menggunakan tinta refill universal yang harganya dibanderol antara Rp12 ribu per sampai Rp95 ribu per paket.

Ada juga paket tinta infus untuk printer HP 2135 yang dibanderol Rp135 ribu, lengkap dengan tinta hitam dan semua warna, infus, hingga selang infusnya. Harga tinta dan cartridge HP 2135 ini bisa saja berbeda-beda di setiap tempat.

[Update: Dian]

[1] Cannon, JP dkk. 2008. Pemasaran Dasar 1. Terjemahan oleh: Afia RF & Ria C. Dono S, editor. Jakarta: Salemba Empat, hlm 73.

[2]TUV SUD. 2011. Page Yield/Ink Cartridge Reliability Comparison Study for Australia: Original Hewlett-Packard Inkjet Cartridges vs. Refilled Cartridges & Remanufactured Cartridges.

[3]Quality Logic. 2008. Reliability Comparison Study HP LaserJet Toner Cartridges vs. Remanufactured Brands

 

Pos terkait