Biaya Transfer BRI ke Bank Mandiri Terbaru (ATM, M-Banking, Internet Banking, BI Fast)

Saat ini, mengirim uang atau transfer dana memang semakin mudah, salah satunya berkat adanya fasilitas Anjungan Tunai Mandiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan ATM. Bank di Indonesia pun rata-rata sudah memiliki mesin tersebut, termasuk (). Namun, jika nasabah hendak mengirim uang ke rekening bank yang berbeda, seperti dari BRI ke Bank Mandiri menggunakan mesin ATM atau fasilitas lain seperti mobile banking dan internet banking, akan dikenakan biaya administrasi.

Ilustrasi: menggunakan kartu ATM (sumber: wigatos.com)
Ilustrasi: menggunakan kartu ATM (sumber: wigatos.com)

Kelebihan ATM

Meski sekarang sudah ada layanan mobile banking dan internet banking, tetapi fasilitas ATM tetap digunakan banyak nasabah bank. Merupakan akronim dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine, ATM adalah alat elektronik yang difasilitasi bank kepada nasabah yang memiliki kartu ATM, dengan tujuan untuk mempermudah mereka melakukan transaksi secara elektronik, entah itu mentransfer uang, menarik uang, mengecek saldo, atau membayar tagihan.[1]

Bacaan Lainnya

Ada banyak fungsi mesin ATM yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah. ATM merupakan sarana untuk membuka layanan lain yang ditawarkan oleh bank yang bersangkutan, seperti internet banking atau call banking, sarana melakukan transaksi seperti transfer dana, sarana pembayaran pada merchant-merchant tertentu, sarana kredit (kartu kredit), sarana perintah untuk dapat melihat atau mengecek saldo rekening nasabah, serta sarana perintah untuk dapat melakukan penarikan uang tunai.[2]

Nah, seperti disinggung di atas, salah satu fungsi mesin ATM adalah sebagai fasilitas untuk mengirim uang, baik ke rekening dari bank yang sama maupun ke rekening bank yang lain. Jika biasanya transfer dana ke rekening bank yang sama tidak dikenakan biaya administrasi, maka transfer ke rekening bank yang lain akan dikenakan biaya administrasi.

Kebijakan tersebut juga diberlakukan oleh BRI bagi nasabah mereka yang hendak melakukan transaksi transfer uang melalui mesin ATM. Biaya yang dipatok bervariasi, tergantung mesin ATM yang digunakan, apakah Artajasa, Prima, atau Link. Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk transfer dari BRI ke Bank Mandiri atau bank lain?

Biaya Transfer ATM BRI ke Bank Mandiri

Mesin ATM Biaya Transfer
Artajasa Rp6.500 per transaksi
Prima Rp6.500 per transaksi
Link (Kartu Non Himbara) Rp6.500 per transaksi
Link (Kartu Himbara) Rp4.000 per transaksi

Informasi biaya transfer BRI ke Bank Mandiri lewat mesin ATM di atas kami kutip langsung dari website resmi BRI. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran biaya transfer lewat ATM BRI hingga saat ini masih belum berubah. Namun, untuk informasi lebih detail, Anda dapat datang langsung ke cabang BRI terdekat di kota Anda.

Ilustrasi: Transfer Uang Lewat ATM (credit: riamoneytransfer)
Ilustrasi: Transfer Uang Lewat ATM (credit: riamoneytransfer)

Cara Transfer BRI ke Bank Mandiri via ATM

  • Masukkan terlebih dahulu Kartu ATM. Setelah itu, masukkan enam digit PIN Kartu ATM Anda.
  • Pilih menu “Transaksi Lainnya”, kemudian pilih “Transfer”.
  • Masukkan kode bank. Jika belum tahu kode bank yang akan dituju, silakan tekan “Daftar Kode Bank”. Karena di sini Anda akan melakukan transfer dari BRI ke Bank Mandiri, maka kode bank yang Anda cari adalah 008.
  • Masukkan kode bank dan nomor rekening tujuan, lalu masukkan perintah sesuai dengan yang tertera di layar.
  • Berikutnya, Anda dapat mengisi jumlah (nominal) yang akan ditransfer. Lalu tekan “Benar”.
  • Anda akan mendapati tampilan layar berupa Data Tujuan Transfer, yang berisi Bank (tujuan), Nomor Rek (tujuan), Nama (penerima), Nomor Ref, dan Jumlah (nominal transfer). Perhatikan dengan benar, apakah semua data yang telah Anda masukkan sudah benar atau belum. Apabila sudah benar, maka tekan “Ya”.
  • Transaksi sudah berhasil dilakukan, dan kertas bukti transfer dapat Anda simpan, dan tunjukkan kepada penerima.

Tidak hanya lewat mesin ATM, transfer dana dari BRI ke Bank Mandiri juga dapat dilakukan lewat fasilitas internet banking maupun mobile banking. Dibandingkan ATM BRI, dua fasilitas ini sebenarnya lebih praktis, karena nasabah tidak perlu datang ke mesin ATM untuk melakukan transaksi, cukup menggunakan smartphone atau laptop dari rumah. Lalu, berapa biaya transfernya?

Biaya Transfer BRI ke Bank Mandiri

Fasilitas Biaya Transfer
Mobile Banking Rp6.500 per transaksi
Internet Banking Rp6.500 per transaksi
SMS Banking Rp6.500 per transaksi
Kliring Rp5.000 per transaksi
RTGS Rp30.000 per transaksi

Informasi biaya transfer dari BRI ke Bank Mandiri di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi BRI dan beberapa referensi yang lain. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, biaya transfer BRI ini masih belum berubah. Apabila ingin yang lebih murah, nasabah dapat menggunakan layanan BI Fast dengan biaya administrasi Rp2.500 sekali transaksi.

[1] Wiastono, Agus dan Ferra Eka Ramadhani. 2021. Pengaruh Layanan ATM dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah pada KCP “Bank BRI Malang”. Journal Koperasi dan Manajemen, Vol. 2(1): 38-48.

[2] Yahya, Imam dan Retnandi Meita Putri. 2016. Pengaruh Perubahan Biaya Transaksi Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) pada Tabungan Faedah terhadap Minat Bertransaksi Nasabah di BRI Syariah KC Semarang. Economica, Vol. VII(1): 51-72.

Pos terkait