Update Harga Fresh Milk Diamond dan Greenfields Semua Kemasan

Jenis susu sapi kemasan di pasaran memang sangat beragam, mulai dari susu segar alias fresh milk, susu full cream, susu low fat, dan lain-lain. Merknya pun sudah banyak. Namun, jika Anda sedang mencari susu segar atau fresh milk yang berkualitas, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih fresh milk Diamond dan Greenfields yang dijual dengan harga bersaing.

Ilustrasi: Susu Segar (sumber: srthoratmilk.com)
Ilustrasi: Susu Segar (sumber: srthoratmilk.com)

Jenis Susu

  • Susu segar, merupakan susu yang langsung diambil dari hewan (sekitar 2 minggu sebelum dan setelah hewan itu melahirkan anaknya). Mengonsumsi susu segar sangat menguntungkan, sebab selain segar, susu jenis ini secara alami mengandung nutrisi tinggi dan lengkap (karena tidak melalui proses apa-apa, tidak terjadi kerusakan kadar nutrisi). Umumnya harganya pun lebih dibanding susu jenis lain. Sayangnya, karena tidak melalui proses apa-apa, susu segar mudah rusak. Makanya kalau ingin mengonsumsi susu segar dianjurkan agar selekas mungkin dipanaskan dan diminum.
  • Susu pasteurisasi, adalah susu segar yang dipanaskan beberapa waktu lamanya dengan tujuan membunuh kuman penyebab penyakit, seperti bakteri, virus, atau jenis-jenis jamur. Susu yang melalui proses pasteurisasi menjadi relatif lebih awet ketimbang susu segar dengan kadar nutrisi yang relatif sama dengan susu segar.
  • Susu UHT (Ultra High Temperature), yakni metode pengawetan minuman yang kebanyakan dilakukan pada susu. Proses awalnya dipanaskan dengan suhu tinggi selama beberapa saat (mencapai 150 derajat C) kemudian segera didinginkan hingga suhu sekitar 5 derajat C. Singkatnya waktu pemanasan ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan pada nutrisi yang terkandung di dalamnya. Rasa, aroma, serta warna susu UHT relatif sama dengan susu segar. Susu UHT dapat disimpan beberapa minggu.
  • Susu evaporasi, juga dibuat melalui proses pemanasan dengan menggunakan pompa vakum untuk menghilangkan kira-kira 60% kadar airnya. Dalam proses pembuatannya kemudian, susu disuplementasikan lagi dengan nutrisi penting seperti penambahan D dan lainnya. Selanjutnya susu ini disterilisasi melalui proses pemanasan. Susu evaporated berstruktur lebih pekat dibanding susu murni.
  • Susu bubuk, merupakan susu segar yang dipanaskan hingga kering, menggunakan spray dryer atau roller dryer. Pada proses perubahan susu cair menjadi bubuk ini, kerusakan nutrisi seperti protein, vitamin, serta mineral bisa terjadi hingga 30%. Itu sebabnya susu bubuk sering disuplementasikan lagi dengan nutrisi penting sesuai kebutuhan. Susu bubuk mempunyai daya tahan yang lebih lama dibanding susu cair. Selain itu susu bubuk tidak perlu disimpan di lemari pendingin karena kandungan uap airnya sangat rendah.[1]

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, baik Diamond maupun Greenfields merupakan pabrik susu besar yang memiliki produk fresh milk berkualitas. Karena itu, tidak heran jika dua produk tersebut sering diburu banyak konsumen. Nah, jika Anda tertarik dengan susu Diamond atau Greenfields, berikut kami sajikan informasi harga terbarunya di pasaran.

Bacaan Lainnya

Harga Fresh Milk Diamond

Fresh Milk Diamond (sumber: Tokopedia)
Varian Fresh Milk Diamond Harga
Diamond Fresh Milk 350 ml Rp8.400
Diamond Fresh Milk Non Fat 946 ml Rp25.500
Diamond Fresh Milk Plain 946 ml Rp28.600
Diamond Fresh Milk Pasteurized Chocolate 946 ml Rp28.600
Diamond Fresh Milk Pasteurized Strawberry 946 ml Rp28.600
Diamond Fresh Milk Cappuccino 946 ml Rp28.600
Diamond Fresh Milk Plain 946 ml 1 karton (isi 12 pcs) Rp330.000

Harga Diamond Fresh Milk di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi Diamond dan beberapa minimarket. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Diamond Fresh Milk di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, Diamond Fresh Milk Plain 946 ml yang semula dijual seharga Rp21 ribu, sekarang naik menjadi Rp28.600 per botol. Sementara itu, harga Diamond Fresh Milk 350 ml justru turun dari Rp10 ribu menjadi Rp8.400 per botol.

Diamond Fresh Milk juga dapat Anda beli di Indomaret. Diamond Fresh Milk kemasan 946 ml misalnya, sekarang dibanderol dengan harga mulai Rp30 ribuan, sedangkan varian plain dijual seharga Rp32.400 per kemasan. Meski begitu, harga tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Harga Fresh Milk Greenfields

Beberapa varian susu Greenfields (sumber: glitzmedia.co)
Varian Fresh Milk Greenfields Harga
Greenfields Fresh Milk 200 ml Rp10.000
Greenfields Fresh Milk 500 ml Rp18.425
Greenfields Fresh Milk 1 liter Rp26.900
Greenfields Fresh Milk 1,89 liter Rp54.225
Greenfields Fresh Milk 200 ml isi 24 pcs Rp143.190
Greenfields Fresh Milk 500 ml 1 karton isi 12 pcs Rp229.000
Greenfields Fresh Milk 1 liter 1 karton isi 12 pcs Rp336.000

Seperti susu segar Diamond, harga Greenfields Fresh Milk di atas juga sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah minimarket dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga produk ini terpantau naik. Misalnya, Greenfields Fresh Milk 200 ml yang semula dijual seharga Rp7.400, sekarang menjadi Rp10 ribu per kemasan. Begitu pula harga Greenfields Fresh Milk 500 ml yang naik dari Rp16 ribu menjadi Rp18.425 per kemasan.

Sebagai informasi tambahan, Greenfields juga menawarkan susu UHT full cream kemasan 125 ml seharga Rp3.975 per kemasan. Apabila Anda ingin membelinya dalam jumlah banyak, dapat memesan 1 karton isi 40 pcs yang ditawarkan di kisaran harga Rp165.390. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa membeli beberapa varian fresh milk Greenfields di Indomaret dan Alfamart dengan harga bersaing.

[Update: Ditta]

[1] Ide Sehat. 2004. Menu Susu & Olahannya Bayi & Balita (Ed. Intarina H., dkk). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 8-9.

Pos terkait