Review dan Update Harga Baterai Sony VTC6

Selain driptip, atomizer, mod, serta cairan, vape ternyata membutuhkan baterai sebagai penyuplai daya. Jika tidak ada komponen ini, atomizer vape tidak akan berfungsi dan tidak akan mengeluarkan asap liquid. Di pasaran sendiri, sudah tersedia banyak produk baterai yang dapat dipilih. Nah, salah satu yang diklaim berkualitas walau dijual dengan harga relatif terjangkau adalah baterai Sony VTC6.

Baterai Sony VTC6 (sumber: fogstar.co.uk)
Baterai Sony VTC6 (sumber: fogstar.co.uk)

Rokok elektrik, atau sering disebut vape, telah menikmati kepopuleran yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir ini. Pasalnya, produk ini diklaim lebih menyehatkan daripada rokok tembakau konvensional. Dilansir dari Harvard Health Publishing, di Amerika Serikat saja, penggunaan yang hampir nol pada tahun 2011 meningkat menjadi 29 persen pada tahun 2019 menurut data CDC. Sementara itu, berdasarkan polling Gallup pada 2018, sekitar 9 persen orang dewasa berusia 18 tahun menggunakan produk vaping.

Bacaan Lainnya

Kenapa popularitas vape semakin meningkat, salah satunya karena produk ini diklaim dapat membantu menghentikan para perokok aktif dari kebiasaan merokok mereka. Menurut sebuah penelitian sistematis yang terdiri dari enam studi, termasuk dua analisis acak yang terkontrol, 18 persen dari 1.242 perokok tembakau aktif berhasil berhenti merokok menggunakan rokok elektrik.[1] Produk ini juga dikatakan sukses menurunkan tingkat konsumsi rokok tembakau per harinya.

Selain dikatakan dapat membantu para perokok tembakau aktif untuk berhenti, vape menjadi terkenal lantaran diklaim mewakili modern. Pasalnya, vape punya bentuk yang cukup menarik, dengan aneka desain. Produk vape pun mudah diperoleh karena sudah tersedia di banyak pusat perbelanjaan, toko online, bahkan dijual di sejumlah kios kecil.[2]

Review Sony VTC6

Berbeda dengan rokok tembakau, untuk bisa menikmati vape, ada sejumlah komponen yang harus dimiliki. Komponen utama antara lain driptip yang biasa digunakan untuk mengisap uap atau asap vape, atomizer yang mempunyai fungsi untuk memanaskan liquid menjadi uap, mod berbentuk box yang berguna untuk menyimpan komponen pendukung, serta cairan yang terbuat dari bahan seperti air, cairan VG (Vegetable Glycerin), cairan PG (Propylene Glycol), aroma perasa liquid, dan nikotin.

Selain itu, diperlukan juga baterai khusus, yang berfungsi sebagai penyuplai daya. Jika tidak ada baterai, maka atomizer vape tidak akan berfungsi dan secara otomatis vape tidak bisa digunakan atau tidak bisa mengeluarkan asap (uap) liquid vape. Untuk memilih baterai vape ini, pengguna tidak boleh sembarangan, karena sangat berpengaruh terhadap keawetan dan ketahanan baterai vape itu sendiri.

Nah, apabila mencari produk terbaik, salah satu yang kerap direkomendasikan adalah Sony VTC6, yang meski punya harga cukup terjangkau, tetapi tetap memberikan solusi yang oke untuk penggemar vape. Produk ini dikatakan sangat tahan lama, dengan dimensi yang flat dan minimalis, sehingga termasuk baterai yang hemat tempat. Selain itu, baterai ini punya kapasitas sebesar 3.000 mAh, termasuk besar dibandingkan produk sejenis dengan kisaran harga yang sama.

Karena memiliki berbagai , tidak heran jika kemudian beredar produk Sony VTC6 palsu. Dengan bentuk yang mirip dan punya warna hijau, memang akan sulit membedakan mana yang asli dan KW. Sebagai panduan, untuk produk yang asli, nomor serial yang diberikan perusahaan akan berbeda-beda di setiap baterai mereka. Selain itu, tekstur barcode juga berbeda di setiap seri baterai.

Cara lainnya untuk membedakan mana produk yang original dan palsu adalah dengan memperhatikan bagian ujung baterai. Untuk Sony VTC6 yang palsu, ujung positif baterai hanya timbul sedikit, bahkan beberapa lebih rendah daripada PVC. Selain itu, lubang udara pada baterai palsu berukuran lebih besar dibandingkan produk asli. Negative pole pada Sony VTC6 palsu pun terlihat lebih timbul.

Jika Anda tertarik menggunakan Sony VTC6, tidak sulit mendapatkan baterai tersebut karena produk ini sudah dijual bebas. Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan vape, toko elektronik, bahkan memesan lewat situs jual beli online. Berikut harga baterai Sony VTC6 di pasaran saat ini.

Harga Baterai Sony VTC6

Varian Baterai Sony VTC6 Kisaran Harga per Unit
Baterai Sony VTC6 Authentic Rp130.000 – Rp248.000
Baterai Sony VTC6 KW Rp15.000

Informasi harga baterai Sony VTC6 di atas kami rangkum dari berbagai sumbe. Hingga saat ini, harga baterai Sony VTC6 KW relatif stabil. Berbeda dengan harga baterai Sony VTC6 authentic yang sedikit naik dari kisaran Rp90 ribu hingga Rp190 ribu, kini menjadi Rp130 ribu hingga Rp248 ribu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi pusat penjualan produk Sony .

Meski sudah menjadi tren, Anda lebih baik berpikir dua kali untuk mulai merokok, termasuk merokok vape. Pasalnya, walau dikatakan tidak terlalu berisiko seperti rokok tembakau, vape ternyata juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan. Sebuah studi yang dimuat dalam Jurnal Nicotine and Tobacco Research menemukan bahwa perisa kimia dan pelarut yang membentuk cairan dan berada di dalam rokok elektrik, membentuk senyawa kimia baru yang dapat menyebabkan iritasi pada pernapasan.

[Update: Ditta]

[1] El Hasna, Ferosvi Nada Adhima, Kusyogo Cahyo, Laksmono Widagdo. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Rokok Elektrik pada Perokok Pemula di SMA Kota Bekasi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 5(3): 548-557.

[2] Istiqomah, Delima Rahayu, Kusyogo Cahyo, Ratih Indraswari. 2016. Gaya Hidup Komunitas Rokok Elektrik Semarang Vaper Corner. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 4(2): 203-212.

 

Pos terkait