Update Harga Susu Evaporasi Carnation dan Cara Menyimpannya

Untuk memenuhi kebutuhan dapur, saat ini sudah banyak merk susu evaporasi yang beredar di pasaran, dan salah satu produk yang cukup terkenal di khalayak ramai adalah Carnation. Produk ini tidak hanya memiliki kualitas yang unggul, tetapi juga harga yang dapat dikatakan relatif terjangkau.

Susu evaporasi Carnation (youtube: CarnationMilk Canada)
Susu evaporasi Carnation (youtube: CarnationMilk Canada)

Susu evaporasi atau evaporated milk adalah sejenis produk susu yang mempunyai kental lantaran kadar air di dalamnya banyak berkurang. Tekstur susu evaporasi cenderung kental karena berasal dari susu cair segar yang sudah mengalami proses pemanasan dengan suhu tinggi. Proses pemanasan tersebut rupanya berhasil mematikan mikroorganisme dalam susu segar, sehingga susu evaporasi menjadi lebih awet walaupun disimpan hingga satu tahun sekalipun.

Bacaan Lainnya

Varian Susu Evaporasi

Setidaknya, terdapat dua jenis susu evaporasi yang banyak ditemukan di pasaran, yaitu sweetened dan unsweetened evaporated milk. Sweetened condensed milk atau yang biasa dikenal dengan sebutan susu kental manis (SKM), merupakan jenis susu evaporasi yang ditambahkan gula dan teksturnya lebih kental dari susu evaporasi biasa.

Sementara itu, unsweetened evaporated milk adalah susu evaporasi yang sesungguhnya. Jadi, apabila dalam sebuah resep tertera bahan susu evaporasi, maka Anda tak perlu bingung lagi untuk mencari tahu. Pasalnya, susu evaporasi yang dimaksud pasti adalah susu evaporasi yang unsweetened. Susu evaporasi unsweetened ini tidak mengandung bahan campuran seperti gula, sehingga rasanya pun cenderung lebih tawar layaknya susu cair. Kandungan protein dalam susu evaporasi unsweetened juga kabarnya jauh lebih tinggi daripada susu kental manis.

Meskipun susu evaporasi punya kekentalan cukup tinggi dan kandungan lemaknya sudah dikurangi, rupanya kandungan proteinnya tetap sama. Pada susu kental manis, biasanya kandungan proteinnya berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) harus sekitar 6,5%. Namun kini, kabarnya juga banyak beredar produk mirip susu kental manis yang kandungan proteinnya hanya sekitar 5%, yakni produk sejenis krimer kental manis yang harganya relatif lebih murah dari susu kental manis.

Walaupun cukup awet untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama, rupanya selama proses penyimpanan, warna susu evaporasi akan semakin tua dan kekentalannya pun semakin bertambah. Namun, selama susu evaporasi tidak mengalami dan aroma yang aneh seperti asam, pahit, busuk, berbusa, atau semacamnya, maka produk tersebut masih dapat dikonsumsi.

Menariknya, susu evaporasi juga bisa digunakan sebagai susu cair. Caranya, cukup larutkan susu evaporasi dengan perbandingan 450 ml susu evaporasi untuk 1.000 ml (1 liter) air. Namun, jika Anda ingin yang lebih kental, maka Anda bisa mencampurkan 500 ml susu evaporasi dengan air sebanyak 500-550 ml. Sementara itu, untuk susu kental manis, bisa dicairkan dengan perbandingan 320 ml atau 400 ml susu kental manis untuk 1 liter air. Apabila ingin menggantikan susu evaporated, kabarnya bisa menggunakan pengganti seperti krim segar yang encer (dengan kadar lemak kurang dari 30%).

Varian Susu Evaporasi Carnation

Carnation punya dua jenis susu evaporasi, yakni tipe sweetened dan unsweetened. Susu evaporasi Carnation tipe condensed milk atau susu kental manis dapat ditemui dengan isi 375 gr. Produk ini mengandung komposisi gula, air, minyak nabati, padatan susu (susu bubuk skim), bubuk whey, bubuk kakao, pemantap nabati 3 mineral, perisa artifisial coklat, dan 3 vitamin (mengandung antioksidan tokoferol). Selain itu, ada juga yang menjual Carnation condensed milk dengan kemasan 1 kardus isi 48 kaleng x @370 ml.

Sementara itu, untuk susu evaporasi Carnation Evaporated Creamer (tawar) dan Carnation Evaporated Milk Full Cream, di pasaran dijual dengan kemasan isi 390 gram. Untuk lebih jelas mengenai harga susu evaporasi tersebut, Anda bisa melihat tabel berikut.

Krimer Carnation Nestle (sumber: foodbay.com)
Krimer Carnation Nestle (sumber: foodbay.com)

Harga Susu Evaporasi Carnation

Jenis Susu Evaporasi Carnation Harga
Carnation Sweetened Condensed Milk 375 gr 1 Kaleng: Rp13.100
1 Dus: Rp530.000
Carnation Evaporated Creamer 390 gr 1 Kaleng: Rp25.000
Carnation Evaporated Filled Milk 400 gr 1 Kaleng: Rp53.000
1 Dus: Rp791.000
Carnation Low Fat Evaporated Milk 405 gr 1 Kaleng: Rp57.000
Carnation Evaporated Milk Full Cream 390 gr 1 Kaleng: Rp61.000

Informasi harga susu evaporasi Carnation di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga susu evaporasi Carnation di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, Carnation Sweetened Condensed Milk 375 gr yang semula dijual seharga Rp9.300, sekarang menjadi Rp13.100 kaleng. Begitu pula harga Carnation Evaporated Creamer 390 gr yang naik dari Rp17.500 menjadi Rp25 ribu per kaleng. 

Apabila sedang mencari susu evaporasi Carnation, baik yang jenis sweetened condensed milk maupun unsweetened, Anda bisa mencarinya di sejumlah supermarket besar, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, atau toko-toko bahan kue. Namun, jika Anda membutuhkan susu evaporasi Carnation dalam jumlah besar, sebaiknya belilah langsung susu evaporasi Carnation dari distributor agar memperoleh harga yang lebih murah.

Cara Menyimpan Susu Evaporasi

Nah, bila Anda sudah membeli susu evaporasi, Anda juga perlu memperhatikan cara penyimpanannya. Susu evaporasi yang kemasan kalengnya masih belum dibuka, dapat disimpan dalam suhu ruang yang gelap dan teduh sampai setahun. Lalu, bagaimana bila susu evaporasi sudah dibuka dan digunakan sekali? Supaya tidak cepat basi, Anda bisa menyimpan susu evaporasi dalam kulkas atau freezer.

Susu evaporasi disebut-sebut bisa bertahan dalam kulkas dalam suhu 10-15 derajat Celcius. Agar kualitas susu evaporasi tersebut lebih terjamin, Anda bisa memindahkan susu evaporasi ke dalam wadah kedap udara dan kering sebelum dimasukkan dalam kulkas, tetapi usahakan untuk menggunakannya sebelum jangka waktu 1-2 minggu.

Jika tidak berencana menggunakan susu evaporasi dalam waktu dekat, sebaiknya simpanlah produk tersebut dalam freezer agar bisa bertahan setidaknya 6-8 minggu. Apabila ingin mencairkannya, Anda dapat melakukan proses ‘thawing’, yakni dengan memasukkannya terlebih dahulu dalam kulkas selama 24 jam dan susu evaporated pun siap untuk dipakai.

[Update: Ditta]

Pos terkait