Cara Daftar dan Harga Langganan VIP WeTV

Saat ini, sudah ada banyak layanan video on demand yang bermunculan, dan salah satu yang cukup populer adalah WeTV. Selain akses gratis, platform asal China tersebut menawarkan paket langganan yang disebut akun VIP, membebaskan pengguna dari gangguan iklan di tengah acara. Menawarkan langganan bulanan dan tahunan, harga akun VIP WeTV pun relatif terjangkau.

Pilihan tayangan WeTV VIP (sumber: tribunnews)
Pilihan tayangan WeTV VIP (sumber: tribunnews)

Pada abad ke-20, penyiaran dalam bentuk program over-the-air adalah bentuk distribusi media adalah paling umum. Namun, ketika teknologi internet dan IPTV terus berkembang sejak dekade 1990-an, konsumen mulai tertarik pada mode konsumsi konten non-tradisional, yang memuncak dengan munculnya video on demand di televisi dan komputer pribadi.

Bacaan Lainnya

Secara sederhana, video on demand dapat dikatakan sebagai  salah satu jenis dari video streaming, menampilkan video yang sudah terlebih dahulu direkam (pre-encoded) atau disimpan di dalam server.[1] Sistem video on demand memungkinkan user untuk dan menyaksikan video yang hendak mereka akses dalam jaringan sebagai bagian dari sistem interaktif.[2]

Mengunduh dan streaming sistem video on demand memberi pengguna fitur pemutar media portabel dan pemutar DVD. Beberapa sistem video on demand menyimpan dan mengalirkan program dari hard disk drive dan menggunakan buffer memori untuk memungkinkan pengguna mempercepat dan memundurkan video. Menempatkan server video di jaringan area lokal dapat memberikan respons yang cepat kepada pengguna. Banyak perusahaan yang juga telah meluncurkan layanan video on demand versi mereka sendiri melalui aplikasi, memungkinkan akses televisi di mana saja ada perangkat yang mendukung internet.

Review WeTV

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak layanan video on demand yang dapat dipilih masyarakat untuk menonton serial kesayangan mereka, dan salah satu yang cukup sering digunakan adalah WeTV. Berdasarkan survei online yang dilakukan Katadata pada Mei 2022, WeTV termasuk dalam sepuluh besar layanan video on demand paling favorit di dalam negeri, menempati peringkat enam dengan 24 persen pengguna, di belakang Netflix, Disney+, YouTube, Viu, dan Vidio.

Dimiliki oleh Tencent asal China, WeTV merupakan versi internasional dari Tencent Video yang beredar di Negeri Panda dan diklaim memiliki lebih dari 100 juta pelanggan. Selain dapat diakses di desktop, WeTV juga dapat diunduh dari aplikasi, baik dari pada perangkat berbasis Android (Google Play, iOS (App Store), Apple TV, maupun Android TV.

Dilansir dari situs resminya, WeTV menawarkan tayangan serial drama Mandarin dan juga Korea. Tidak cuma itu, mereka pun menayangkan serial drama dari Indonesia seperti Kupu Malam, sejumlah film asal dalam negeri seperti Dimsum Martabak dan Makmum, serta serial anime seperti Dunia Roh dan Takhta Segel Dewa. Bahkan, WeTV menyajikan program variety show, termasuk Running Man dan Dapur Sosialita.

Memang, sejumlah tayangan WeTV dapat disaksikan secara gratis. Namun, layaknya video on demand lainnya, pengguna mungkin akan terganggu dengan iklan yang tiba-tiba dan sering muncul saat mengakses video secara gratis. Nah, untuk menghilangkan iklan yang tidak perlu, WeTV menawarkan akun VIP. Selain bebas iklan, pengguna akun VIP dapat menonton episode selanjutnya atau yang terbaru dari serial atau drama yang mereka saksikan seminggu lebih awal daripada akun gratis.

Cara Daftar Akun VIP WeTV

Aplikasi WeTV VIP
Aplikasi WeTV VIP
  • Pastikan Anda berdomisili di Indonesia.
  • Buat akun dengan salah satu metode yang tersedia, nomor handphone, Facebook, Line, atau email.
  • Masuk dengan akun yang akan digunakan untuk mendaftar VIP.
  • Pilih “Saya” pada halaman beranda.
  • Pilih “Bergabung dengan VIP” yang ada pada pojok kiri atas (dibawah logo WeTV).
  • Pilih paket VIP yang diinginkan.
  • Pilih “Beli Sekarang” dan pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Jangan klik “Tebus VIP”, ini bukan untuk pendaftaran.
  • Jika akan melakukan pembayaran dengan Google Play, pastikan nomor handphone yang dipakai pada akun WeTV sama dengan nomor yang dipakai pada akun Google Play. Untuk Apple, pembayaran dilakukan sesuai pengaturan pada akun App Store.
  • Untuk cek apakah pendaftaran berhasil, masuk ke halaman “Saya” dan lihat apakah status “VIP Saya” sudah muncul di bawah logo WeTV pada pojok kiri atas.
  • Setelah klik “VIP Saya”, masa berlaku VIP bisa dilihat di kiri atas halaman.

Seperti akun berlangganan lainnya, setiap pengguna yang hendak memakai akun VIP WeTV, akan dikenakan biaya berlangganan. Pihak WeTV sendiri menawarkan tiga mode berlangganan, yakni bulanan, tiga bulanan, dan tahunan. Sebagai informasi, berikut harga berlangganan akun VIP WeTV.

Harga Langganan VIP WeTV

Jenis Langganan Harga
Bulanan Rp15.000
Tiga Bulan Rp45.000
Satu Tahun Rp159.000

Informasi harga paket berlangganan akun VIP WeTV di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa biaya berlangganan tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk Anda pengguna kartu Telkomsel Prabayar, juga bisa berlangganan paket WeTV dengan harga Rp12 ribu untuk masa berlaku 7 hari atau Rp410 ribu untuk masa berlaku 365 hari alias satu tahun.

[1] Marpaung, Kalvin Winata, Wahyu A. P., Rusmi Ambarwati. 2014. Desain Video on Demand (VOD) Menggunakan High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) di Wilayah Urban Kota Malang. Jurnal Teknik Elektro Universitas Brawijaya, Vol. 2(4).

[2] Priyambudi, Henri Oka. 2013. Performansi Video on Demand (VOD) pada Virtual Private Network (VPN) Menggunakan OpenVPN. (Skripsi). Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Pos terkait