Info Terbaru Harga Hidrolik Pintu Mobil Belakang

Pintu bagasi mobil keluaran terbaru rata-rata dibuka ke arah atas. Nah, pintu model seperti ini lazim memanfaatkan shockbreaker hidrolik untuk memudahkan pintu bagasi terbuka tanpa pemilik mengeluarkan tenaga berlebih. Seiring waktu dan penggunaan, komponen ini juga bisa rusak. Untungnya, sudah tersedia hidrolik pintu mobil yang dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Hidrolik pintu mobil belakang (sumber: aliexpress)
Hidrolik pintu mobil belakang (sumber: aliexpress)

Seiring perkembangan zaman, mobil sudah menjadi alat transportasi utama untuk mendukung mobilitas, terutama mereka yang tinggal di perkotaan. Idealnya, para pemilik kendaraan, termasuk yang berjenis kelamin perempuan, mengetahui cara merawat mobil. Mengganti ban misalnya, adalah cara perawatan mobil yang paling dasar. Selain itu, pemilik juga harus memahami cara memeriksa oli dan radiator, cara jumping aki, serta cara mengganti wiper.[1]

Bacaan Lainnya

Banyak dampak yang ditimbulkan jika pemilik membiarkan interior, eksterior, atau mesin mobil tidak terawat. Yang paling simpel, dengan membiarkan mobil kotor, selain membuat penampilan tunggangan Anda menjadi tidak menarik, sisa kotoran akan merusak cat mobil, sedangkan garam bisa membuat pelek alloy mobil Anda berkarat, yang pada akhirnya bisa menurunkan harga mobil ketika ingin dijual.[2]

Nah, salah satu bagian penting mobil yang mungkin kerap luput dari perhatian dan perawatan adalah area bagasi. Setidaknya dibagi menjadi dua, yakni bagasi utama dan bagasi tambahan, bagian ini punya manfaat penting untuk kenyamanan Anda berkendara. Bagasi berfungsi utama sebagai lokasi atau tempat menaruh barang bawaan Anda selama dalam perjalanan. Agar bisa memuat banyak, barang bawaan harus ditata dengan baik dan rapi.

Umumnya, mobil yang mempunyai pintu bagasi serta proses membukanya ke atas, telah dilengkapi dengan pegas hidrolik. Tujuan diberikannya komponen ini adalah supaya pemilik kendaraan lebih mudah dalam membuka pintu sehingga tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih. Tidak hanya itu, untuk yang telah menggunakan teknologi elektrik, hanya pencet saja, maka pintu sudah naik sendiri.

Seiring berjalannya waktu, tentu pemilik akan kerap menggunakannya untuk memasukkan barang dan juga mengambilnya. Dalam hal ini, lama-kelamaan kinerja hidrolik akan mulai menurun. Apalagi, jika pemilik kendaraan terlalu kasar saat membuka ataupun menutup pintu bagasi mobil. Meskipun kadang ada mobil yang telah lama digunakan namun kondisinya tetap maksimal, namun bukan tidak mungkin kinerja hidrolik akan lemah juga seiring pemakaian.

Tips Merawat Hidrolik Pintu Mobil

  • Membuka dan menutup pintu bagasi secara perlahan dan tidak kasar. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan shock hidrolik pada pintu bagasi, sebaiknya hati-hati dalam membuka atau menutup pintu. Lakukan secara perlahan dan jangan terlalu kuat seperti membantingnya.
  • Selanjutnya adalah dengan membersihkan poros shock hidrolik. Apabila ditemui kotoran yang ternyata menempel, sebaiknya segera dibersihkan. Untuk prosesnya, Anda bisa menggunakan lap yang kering dan bertekstur lembut atau bisa juga dengan menggunakan chamois. Yang perlu diperhatikan, disarankan untuk tidak menggunakan lap atau kain kasar karena berisiko menimbulkan baret yang dapat mengganggu kinerja hidrolik atau malah terjadi kebocoran oli.

Ciri Hidrolik Pintu Mobil Rusak

Kinerja hidrolik pintu bagasi mobil dikatakan dapat bertahan hingga lima tahun. Setelah itu, kinerja komponen tersebut akan menurun secara perlahan. Ciri hidrolik pintu bagasi yang sudah rusak adalah ketika Anda akan membuka pintu secara otomatis, kekuatan daya dorong untuk mengangkat dan menahan pintu mulai menurun. Bahkan, Anda memerlukan bantuan tangan agar bisa menahannya di atas. Jika tidak ditopang, pintu dapat turun dengan sendirinya meskipun hanya pelan.

Jika sudah demikian, mau tidak mau, Anda harus membeli komponen ini. Untungnya, hidrolik pintu mobil cukup mudah ditemukan. Anda bisa mendapatkannya di bengkel resmi atau bengkel umum, bahkan situs jual beli online. Namun, harganya memang bisa dikatakan tidak murah. Berikut terbaru kisaran harga hidrolik pintu mobil di pasaran.

Harga komponen ini bervariasi, tergantung untuk mobil apa dan apakah produk asli atau palsu. Untuk hidrolik pintu mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang asli misalnya, harganya berkisar ratusan ribu rupiah sepasang. Sementara itu, komponen aftermarket seperti merk IKYB dari Thailand, ditawarkan dengan harga Rp350 ribuan per pasang.

Ilustrasi: Tips Merawat Hidrolik Pintu Mobil (credit: autos.id)

Harga Hidrolik Pintu Mobil

Merk Mobil Harga Hidrolik Pintu Mobil
Mazda 2/Ford Fiesta Rp205.000 per set
Honda HRV Rp250.000 per set
Rp300.000 per set
Toyota Avanza Rp320.000 per set
Nissan Serena Rp365.000 per set
Suzuki Splash Rp395.000 per set
Suzuki Karimun Rp398.000 per set
Suzuki Estilo Rp398.000 per set
Daihatsu Xenia Rp474.000 per set
Honda Jazz RS Rp450.000 per set
Nissan Teana J32 Rp750.000 per set
Toyota Fortuner Rp1.150.000 per set
Toyota Alphard Rp2.725.000 per set
Toyota Harrier Rp3.000.000 per set
Toyota Lexus Rp3.900.000 per set

Harga hidrolik pintu bagasi mobil di atas kami rangkum dari sejumlah sumber, termasuk beberapa situs jual beli online dalam negeri. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Hidrolik pintu Toyota Alphard misalnya, awalnya dijual Rp4,76 juta per set dan sekarang turun menjadi Rp2,725 jutaan per set. Sebaliknya, harga hidrolik pintu Suzuki Splash naik dari Rp210 ribu menjadi Rp395 ribu per set.

[1] Setiowati, Meily, Deddi Duto H., Merry Silvia. 2013. Perancangan Bengkel Gut ‘Pentingnya Merawat Mobil bagi Perempuan di Surabaya’. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Petra, Vol. 1(2).

[2] Ibid.

Pos terkait