Info Manfaat dan Update Harga Hidrogel Sebagai Media Tanam

Hydrogel mungkin sering Anda dengar sebagai produk anti gores untuk hp, tetapi kini istilah hidrogel juga populer sebagai media tanam. Tentu saja kedua benda tersebut memiliki tampilan dan fungsi yang berbeda. Hidrogel untuk media tanam hadir dalam bentuk bola gel/jelly dengan beraneka warna. Hidrogel dapat mudah Anda temukan di agen pertanian terdekat dengan harga bervariasi.

 Hidrogel (sumber: Alibaba)
Hidrogel (sumber: Alibaba)

Hidrogel adalah kristal-kristal polimer yang sering digunakan sebagai media tanam bagi tanaman hidroponik. Hidrogel berasal dari kata hydro dan gel, yang artinya gel yang dapat menyerap dan menyimpan air ratusan kali beratnya. Hidrogel berfungsi menyerap air dan nutrisi untuk tanaman, kemudian melepaskannya secara perlahan sesuai dengan kebutuhan tanaman tersebut.

Bacaan Lainnya

Pemakaian hidrogel (water bead) dalam media tanam merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi intensitas penyiraman. Penggunaan media jenis ini sangat praktis dan efisien karena tidak perlu mengganti dengan yang baru, menyiram, atau memupuk. Selain itu, media tanam ini memiliki keanekaragaman warna sehingga pemilihannya dapat disesuaikan dengan selera dan warna tanaman. Hal tersebut akan menciptakan keindahan dan keasrian tanaman yang diletakkan di ruang tamu atau ruang kerja.[1]

Penggunaan hidrogel dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang di antaranya sebagai bahan polimer superabsorben. Dibandingkan bahan adsorben lain seperti kertas, selulosa, dan kapas, hidrogel menawarkan sejumlah kelebihan yakni kemampuan absorpsinya beberapa kali lipat dibandingkan beratnya, tahan terhadap tekanan dan 90% bahannya dapat diuraikan sehingga ramah lingkungan. Tidak hanya tampak indah, hidrogel dapat mengundang perhatian karena warnanya yang mengilap seperti kristal.

Hidrogel (sumber: farmee.id)

Manfaat Hidrogel Sebagai Media Tanam

  • Mengurangi frekuensi penyiraman/irigasi hingga 50%
  • Meningkatkan pertumbuhan tanaman karena air dan nutrisi selalu tersedia di sekitar tanaman sehingga mengoptimalkan penyerapan oleh akar.
  • Ecology friendly atau ramah lingkungan, dapat terurai oleh mikro bakteri secara alami menjadi Nitrogen, H2o (air), dan karbondioksida (CO2)
  • Mengurangi pencemaran lingkungan dari erosi dan pencemaran air
  • Aman dipakai dan tidak memiliki kandungan berbahaya/beracun
  • Tidak luntur dan tidak larut dalam air
  • Perawatan mudah dan lebih ekonomis
  • Kemampuan hidrogel dalam menyerap air adalah 500x /massa hidrogel itu sendiri.

Hidrogel dikembangkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Cara membuat hidrogel mengembang terbilang mudah, cukup direndam di dalam air selama 4 jam. Setelah mengembang, Anda dapat membuang air yang tersisa, kemudian dibilas dan tiriskan beberapa menit. Jika hidrogel mulai menyusut, semprotkan air menggunakan sprayer secara merata sehingga hidrogel kembali mengembang sempurna.

Meski begitu, tidak semua jenis tanaman dapat ditanam dalam hidrogel. Aglaonema, Dracaena sp (bambu cina), dan Scindapsus sp (sirih belanda) merupakan beberapa jenis tanaman yang dapat ditanam dalam hidrogel. Lalu, berapa harga hidrogel untuk media tanam saat ini?

Hidrogel media tanam (sumber: bisnisant.web.id)

Harga Hidrogel Tanaman di Pasaran

Varian Kemasan Harga (Rp)
Media Tanam Hidrogel 5 gr 2.775
Media Tanam Hidrogel Biru 5 gram 3.000
Media Tanam Hidrogel Hitam 5g 3.000
Media Tanam Hidrogel Warna 10 gram 4.500
Hidrogel Bening 15 gram 6.000
Hidrogel Rainbow/Mix 15 gr 7.000
Hidrogel Orange Glow In The Dark 10 gr 10.500
Water Beads/Hydrogel 100 gram 18.000
Media Tanam Hidrogel 250 gram 33.000
Media Tanam Hidrogel per kg 120.000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Harga hidrogel tanaman tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat memesan produk melalui berbagai situs jual beli online dengan harga bersaing.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga hidrogel untuk tanaman tahun 2022 mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, media tanam hidrogel 5 gr yang dibanderol Rp2.000 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp2.775 tahun 2022.

Dalam dunia kesehatan, istilah hidrogel dapat Anda temukan sebagai produk untuk perawatan luka. Hidrogel tersebut terdiri dari polimer yang tidak larut, air, dan propilen glikol. Hidrogel berinteraksi dengan cairan, menyerap, dan mempertahankan eksudat dengan volume besar. Keuntungan utama hidrogel adalah kenyamanan, sifat penyerap, sifat debriding, dan sebagai pembawa potensial untuk perawatan lain.[2] Harga hidrogel untuk luka dengan merek Cutimed Gel dibanderol mulai Rp126.750 di tahun 2021, turun menjadi Rp108.283 di tahun 2022.

[Almas]

[1] Herwibowo, Kunto. 2014. Hidroponik Bertanam Sayur Tanpa Tanah. Jakarta: Penebar Swadaya Grup. Hlm 37.

[2] Hidayati, Afif Nurul. 2020. Manajemen HIV/AIDS: Terkini, Komprehensif, dan Multidisiplin. Surabaya: Airlangga University Press. Hlm 301.

Pos terkait