Info Terbaru Harga Hamster Winter White (Argente, Sapphire, Pearl, Tiger, Golden)

Hamster telah menjadi salah satu hewan yang menjadi peliharaan banyak orang, karena punya bentuk yang imut dan menggemaskan serta tergolong jinak. Nah, dari sekian banyak jenis yang beredar, yang menjadi favorit tentu saja hamster Winter White, karena selain punya bulu yang tebal, juga dapat berubah warna. Di pasaran, satu ekor hamster jenis ini dijual dengan harga berkisar belasan hingga puluhan ribu rupiah saja.

Winter white hamster
Winter white hamster

Seperti tikus, kelinci, dan marmut, hamster adalah binatang pengerat yang termasuk dalam ordo Rodentia.[1] Binatang ini tergolong hewan nokturnal, yakni hewan yang aktif di malam hari. Hamster akan melakukan aktivitas hidup (seperti mencari makan) pada malam hari (mulai petang hingga menjelang fajar) dan beristirahat (tidur) pada siang hari.[2]

Bacaan Lainnya

Secara umum, dilansir dari Wikipedia, hamster memiliki badan yang gemuk, dengan ekor yang lebih pendek daripada badannya, serta memiliki telinga yang berambut, kaki yang lebar, pendek dan gemuk. Hamster memiliki rambut (bulu) yang tebal dan panjang, dan rambutnya memiliki berbagai warna, tergantung spesies hamster tersebut, contohnya hitam, abu-abu, putih, cokelat, kuning, dan merah. Bagian bawah binatang ini, berwarna putih sampai abu-abu dan hitam.

Masih menurut referensi yang sama, hamster di utara terletak dari Eropa Tengah sampai Siberia, Mongolia, dan Tiongkok sampai Korea. Sementara, habitat hamster di selatan membentang dari Suriah sampai Pakistan. Mereka hidup di perbatasan padang pasir, bukit pasir yang di-vegetasi, bukit di kaki gunung dan dataran rendah yang bersemak-semak dan berbatu, sungai di lembah, serta padang rumput yang luas, beberapa juga tinggal di ladang tanam.

Karakteristik Hamster Winter White

Hamster Winter White (sumber: Kompas)

Ada banyak jenis hamster yang dapat ditemukan di berbagai daerah dan negara. Namun, secara umum, berdasarkan klasifikasi berat badannya, hamster bisa dikelompokkan menjadi dua, yakni hamster Syrian dan hamster mini. Nah, kelompok hamster mini ini masih dapat dibedakan lagi menjadi beberapa varian, seperti hamster Campbell, hamster Roborovski, hingga hamster Winter White.

Khusus yang terakhir, ini adalah hamster yang cukup populer dan sering dipelihara. Disebut pula hamster Dzungaria, jenis ini memiliki garis hitam di bawah bagian tengah punggung, seperti varian hamster kerdil bergaris (Cricetulus barabensis). Punya nama latin Phodopus sungorus, penampilan hamster ini mirip dengan hamster Campbell, namun sedikit lebih kecil, dengan ukuran 7 hingga 9 cm.

Kepala hamster Winter White secara umum berbentuk segitiga sama sisi dan terlihat memanjang ke belakang. Ujung hidungnya terlihat agak membulat. Mata bulat besar, mengilap, dan posisinya lebih dekat ke telinga daripada ke hidung. Jika dilihat dari samping, di atas hidung atau di antara bola mata dan hidungnya, terdapat semacam benjolan kecil. Tulang punggung Winter White cenderung agak melengkung ke atas, tidak sama dengan Campbell yang terlihat berpenampilan agak ceper.

Karakter hamster ini sangat tenang, bahkan tidak sedikit juga yang penakut. Persentase hamster Winter White yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Varian yang jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia. Banyak yang menyukai jenis ini dibanding hamster mini yang lain karena sifat manjanya tersebut. Kelebihan lainnya adalah punya bulu yang tebal dan halus, serta dapat berubah warna, tergantung cuaca di sekitarnya.

Sayangnya, karena terlalu jinak dan manja, hamster jenis ini lebih malas dibandingkan varian hamster lainnya. Mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur daripada bermain. Hamster Winter White juga ada yang galak dan menggigit. Untuk kasus seperti ini, biasanya hamster menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster Campbell yang biasa menggigit, tetapi kemudian langsung kabur.

Harga Hamster Winter White

Winter white hamster (sumber: hamster101.com)
Ukuran/Jenis Hamster Winter White Harga
Hamster Winter White Sapphire/Blue Rp25.000 per ekor
Hamster Winter White Argente Rp27.000 per ekor
Hamster Winter White Campbell Rp27.000 per ekor
Hamster Winter White Tiger Rp35.000 per ekor
Hamster Winter White Pearl Rp35.000 per ekor
Hamster Winter White Albino Rp35.000 per ekor
Hamster Winter White Golden Rp37.000 per ekor
Paket Kandang + Hamster Winter White Rp227.000

Harga hamster Winter White di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli online. Perlu diingat, harga hamster Winter White tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga hamster Winter White tahun dan 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, hamster Winter White Albino yang dijual dengan harga Rp30 ribu per ekor tahun 2020, naik menjadi Rp32 ribuan per ekor tahun 2021, naik lagi menjadi Rp35 ribu per ekor tahun 2022.

Perlu dicatat bahwa harga tersebut merupakan patokan termurah. Ada pula penjual yang menawarkan hamster Winter White dengan harga Rp50 ribu hingga Rp82 ribu per ekor. Untuk info lebih jelas, Anda dapat mengunjungi hewan atau pet shop terdekat di daerah Anda.

[Update: Almas]

[1] Kurniasih, Susi, Dwi Aryanto, Agung Purwo Wicaksono. 2012. Aplikasi Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Penyakit pada Hamster (Cricetinae) dan Saran Pengobatannya Menggunakan Metode Backward Chaining. JUITA, Vol. II(2): 113-122.

[2] Alex, S. 2012. Panduan Lengkap Memelihara Kelinci & Hamster. Yogyakarta: Pustaka Press.

Pos terkait