Harga Fotocopy per Lembar (Hitam Putih dan Warna)

Sekarang zaman memang sudah memasuki era digital. Banyak hal yang sudah tidak perlu lagi memakai produk fisik, termasuk data atau dokumen. Meski demikian, untuk urusan administrasi perkantoran sampai urusan pendidikan seperti pembuatan makalah dan sejenisnya, fotocopy masih digunakan. Untung saja, sekarang tetap banyak jasa atau tempat yang melayani keperluan fotocopy dengan harga atau per lembar yang masih terjangkau.

Ilustrasi Fotocopy (sumber: symquest.com)
Ilustrasi Fotocopy (sumber: symquest.com)

Apa Itu Fotocopy?

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah fotocopy. Juga kerap ditulis photocopy atau fotokopi, ini adalah kegiatan atau proses penggandaan berkas dengan memasukkan berkas tersebut ke dalam mesin fotocopy. Dengan adanya fotocopy, membuat untuk menggandakan dokumen dapat dilakukan dengan cepat dan mudah tanpa harus menyalin satu per satu.[1]

Bacaan Lainnya

Untuk melakukan kegiatan tersebut, tentu saja dibutuhkan mesin khusus fotocopy. Mesin fotokopi (juga disebut copier atau copy machine) adalah mesin yang membuat salinan dokumen dan visual lainnya ke kertas atau film plastik dengan cepat dan murah. Mesin fotokopi dapat menggunakan teknologi seperti inkjet, tetapi xerografi adalah standar untuk penyalinan kantor.

Sebagian besar mesin fotokopi modern menggunakan teknologi yang disebut xerografi, proses kering yang menggunakan muatan elektrostatis pada fotoreseptor peka cahaya untuk menarik dan kemudian mentransfer partikel toner (serbuk) ke kertas dalam bentuk gambar. Toner kemudian menyatu ke kertas menggunakan panas, tekanan, atau kombinasi keduanya.

Fotocopy banyak digunakan di sektor , pendidikan, dan pemerintahan. Meskipun ada prediksi bahwa mesin fotokopi pada akhirnya akan menjadi usang karena informasi meningkatkan penggunaan pembuatan, penyimpanan, dan distribusi dokumen digital mereka dan mengurangi ketergantungan pada distribusi kertas yang sebenarnya, mesin fotokopi terus digunakan secara luas hingga sekarang.

Meski demikian, seiring perkembangan zaman, ada kecenderungan peningkatan mesin fotokopi baru untuk menerapkan teknologi digital, sehingga menggantikan teknologi analog yang lama. Dengan penyalinan digital, mesin fotokopi secara efektif terdiri dari pemindai terintegrasi dan printer laser. Desain ini memiliki beberapa keunggulan, seperti peningkatan kualitas gambar otomatis dan kemampuan untuk ‘membangun pekerjaan’ (memindai gambar halaman secara terpisah dari mencetaknya). Beberapa mesin fotokopi digital dapat berfungsi sebagai pemindai berkecepatan tinggi; biasanya menawarkan kemampuan untuk mengirim dokumen melalui email atau membuatnya tersedia di server file.

Keuntungan signifikan dari teknologi mesin fotokopi digital adalah pemeriksaan digital otomatis. Misalnya, saat menyalin satu set 20 halaman sebanyak 20 kali, mesin fotokopi digital memindai setiap halaman hanya sekali, lalu menggunakan informasi yang tersimpan untuk menghasilkan 20 set. Sementara itu, dalam mesin fotokopi analog, setiap halaman dipindai 20 kali (total 400 pindaian), membuat satu set sekaligus, atau 20 baki keluaran terpisah digunakan untuk 20 set.

Selain ukuran standar atau sama dengan dokumen aslinya, ternyata kita juga dapat menggunakan fotocopy dengan ukuran diperbesar atau diperkecil. Cara melakukan proses ini pun sangat mudah, karena Anda perlu menggunakan fitur Ratio. Pada menu Ratio, sudah disiapkan ukuran standar untuk memperbesar dan memperkecil, seperti kertas A4 yang akan diperbesar menjadi A3 atau sebaliknya.

Untuk memperbesar atau memperkecil hasil fotocopy, Anda cukup mengatur tingkat persentase secara manual. Jika ingin memperkecil, cukup klik tanda (-) menjadi lebih kecil dari 100 persen, maka hasil fotocopy akan diperkecil. Sebaliknya, apabila akan memperbesarnya, Anda tinggal klik tanda (+), jadikan lebih besar dari 100% sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda. Setelah itu, klik OK dan lihat apakah hasilnya sudah sesuai. Apabila sudah rampung semua, klik Reset untuk mengembalikan ukuran Rasio ke posisi semula.

Seperti disampaikan di atas, sekarang masih banyak usaha fotocopy yang dapat Anda temukan. Biasanya, usaha ini berlokasi tidak jauh dari institusi pendidikan seperti perguruan tinggi dan sekolah, di dekat area perkantoran dan gedung pemerintahan, atau juga di sekitar fasilitas publik. Lalu, berapa harga fotocopy per lembar untuk saat ini?

Harga Fotocopy

Ilustrasi Hasil Fotocopy (sumber: techradar.com)
Ilustrasi Hasil Fotocopy (sumber: techradar.com)
Jenis Fotocopy Harga Fotocopy
Fotocopy Kertas A4 Hitam Putih Rp250 – Rp277 per lembar
Fotocopy Kertas F4 Hitam Putih Rp250 – Rp277 per lembar
Fotocopy Kertas A3 Hitam Putih Rp500 per lembar
Fotocopy Kertas A4 Warna Rp2.220 per lembar
Fotocopy Kertas F4 Warna Rp2.220 per lembar
Fotocopy Kertas A3 Warna Rp2.700 per lembar
Fotocopy Perbesar Biasa Rp270 per lembar
Fotocopy Perbesar A3 Rp600 per lembar
Fotocopy Perkecil Biasa Rp250 per lembar
Fotocopy Perkecil A3 ke A4/F4 Rp600 per lembar

Daftar harga fotocopy di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk usaha jasa percetakan. Perlu Anda catat bahwa harga fotocopy tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat fotocopy bisa saja berbeda.

[1] Kurnia. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Fotocopy Uniska Banjarmasin (Thesis Diploma). Fakultas Program Studi Manajemen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska) Banjarmasin.

Pos terkait