Varian Menu dan Harga Cincau Station

Minuman cincau menjadi salah satu favorit kalangan muda karena menawarkan kesegaran, apalagi jika ditambah dengan gula aren. Saat ini, cincau dikreasikan menjadi minuman kekinian, salah satunya oleh Cincau Station. Kedai satu ini terbilang hits, terbukti dengan outletnya yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia. Harga jualnya yang terjangkau menjadi tersendiri penikmat cincau.

Layanan Cincau Station (facebook: @cincaustation)
Layanan Cincau Station (facebook: @cincaustation)

Kata cincau berasal dari dialek Hokkian Sienchau, yang dalam huruf Mandarin dibaca xiancao. Di kalangan Tionghoa Asia Tenggara, cincau adalah nama tumbuhan mesona palustris (tanaman cincau hitam) yang menjadi bahan jelly atau agar-agar. Supaya teksturnya lebih padat, cincau biasanya ditambah tepung tapioka.[1]

Bacaan Lainnya

Secara sederhana, membuat cincau diawali dengan memetik daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Daun ini kemudian diremas-remas dalam air matang dengan perbandingan sekitar satu liter air untuk dua genggam daun cincau. Air remasan itu kemudian disaring dan diendapkan selama satu malam. Esok paginya, cairan itu akan mengental seperti agar-agar, yang kemudian disebut cincau.

Di negara-negara maju, seperti Jepang atau Korea Selatan, cincau hitam sudah diproduksi dalam bentuk bubuk siap pakai. Ada pula cincau hitam yang dikemas dalam kaleng. Bahkan, kini cincau pun dapat dinikmati dalam bentuk minuman dengan berbagai tambahan rasa.

Review Cincau Station

Cincau Station termasuk produsen minuman kekinian yang menggunakan bahan utama cincau. Berdiri pada 7 Juni 2005 silam, Cincau Station berpusat di Surabaya bagian barat. Dilansir dari website resmi Cincau Station, setidaknya ada 15 outlet Cincau Station di Surabaya. Di antara ke-15 gerainya, empat di antaranya berkonsep cafe di pinggir jalan, sementara sisanya merupakan outlet kecil di mall, kiosk, atau food court.

cabang Cincau Station terbilang cukup meningkat lantaran keberhasilan teknik marketing yang berbasis franchise saat pertama kali merintis. Dengan bentuk franchise, setiap member akan mendapatkan keuntungan berupa insentif dari penjualan produk yang sudah disediakan oleh Cincau Station. Namun saat ini, kabarnya, pihak Cincau Station sudah tidak menyediakan franchise lagi lantaran sistem marketing yang telah berganti menjadi bisnis keluarga.

Cincau Station menyuguhkan setidaknya 12 kreasi minuman yang menyegarkan dan khas, di antaranya cincau ori, cincau , cincau cosy, dan cincau syrup. Minuman tersebut diklaim terbuat dari bahan alami tanpa pengawet atau pewarna buatan, sehingga terjamin keamanan dan kualitas produknya.

Produk Unggulan Cincau Station

  • Cincau ori atau original cincau, merupakan salah satu menu andalan Cincau Station yang digemari banyak pelanggan. Minuman tersebut terdiri dari cincau hijau yang segar, ditambah dengan santan dan gula palem yang manis. Rasanya yang mirip dengan dawet menjadi kesukaan banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Selain itu, cincau ori juga disajikan dengan tambahan es batu agar rasanya makin segar dan dingin.
  • Varian minuman lain dari Cincau Station yang tidak boleh dilewatkan yaitu cincau soya. Seperti namanya, cincau ini dikombinasikan dengan susu kedelai yang gurih dan plain sirup yang manis, lengkap dengan tambahan es batu. Minuman ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba diet sehat, karena mampu menunda lapar dalam waktu yang cukup lama.
  • Jika Anda adalah penggemar minuman manis yang creamy, Anda bisa mencoba minum cincau cosy dari Cincau Station. Selain cincau dan santan, minuman ini juga dilengkapi sirup merah sebagai pemanisnya. Dikombinasikan dengan santan cair dan kental, rasanya begitu creamy.
  • Untuk Anda yang kurang suka susu kedelai atau santan, Anda bisa memilih varian cincau sirup di kedai Cincau Station. Cincau sirup merupakan salah satu varian paling sederhana di kedai tersebut, karena hanya terdiri dari cincau hijau segar, sirup merah, dan es batu.

Selain di Surabaya, Cincau Station sekarang sudah dapat Anda temukan di sejumlah daerah, seperti di Malang hingga Jakarta. Apabila Anda penasaran, berikut kisaran harga Cincau Station yang berlaku saat ini.

Outlet Cincau Station (facebook: @cincaustation)
Outlet Cincau Station (facebook: @cincaustation)

Harga Cincau Station

Menu Cincau Station Harga
Cincau Original Rp12.000
Cincau Syrup Rp12.000
Cincau Soya Rp12.000
Cincau Cosy Rp12.000
Cincau Muda Rp14.000
Cincau Candhu Rp18.000
Sunset Rp10.000
Merah Delima Rp10.000
Tingkap Rp10.000
Guriin Rp12.000
Orenji Rp12.000
Honey lime Rp12.000
Sinom Rp12.000
Saridele Rp12.000
Marbling Sirsak Rp15.000
Strawberry Juice Rp15.000
Strawberry Smoothies Rp16.000
Chokatte Rp16.000
Kahvi Rp16.000
Gurin Rp43.750
Orenji Ice Cream Rp43.750

Informasi harga di atas telah kami rangkum dari salah satu cabang Cincau Station di Surabaya. Perlu diingat, harga tersebut tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Kini, Anda pun bisa menikmati Cincau Station dengan memesannya secara praktis melalui layanan pesan antar yang tersedia.

[1] Redaksi Trubus. 2023. Trubus dan Bisnis. Jakarta: Trubus, hlm. 21.

Pos terkait