Cara Memelihara dan Update Harga Anjing Rottweiler (Anakan dan Dewasa)

Saat ini, anjing rottweiler (RW) tidak kalah menariknya dengan doberman, pitbull, herder, dan saint bernard. Meskipun harganya tidak bisa dibilang murah, banyak orang yang membelinya dari anakan untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah. Selain itu, RW juga memiliki kecerdasan untuk dilatih menjadi hewan penjaga rumah.

Ilustrasi: memelihara rottweiler
Ilustrasi: memelihara rottweiler

Karakteristik Rottweiler

Rottweiler memang sering dijadikan sebagai hewan penjaga karena memiliki sifat yang ganas, cerdas, berani, setia, dan taat melakukan tugas.[1] Selain itu, beberapa orang suka membawa anjing ini untuk dijadikan teman berburu. RW dikenal memiliki insting yang kuat dan mampu berlari dengan cepat, sehingga para pemburu tidak akan kehilangan buruannya dengan mudah.

Bacaan Lainnya

Meskipun memiliki karakteristik yang ganas dan agresif, rottweiler tidak akan menggigit atau menerkam orang yang dikenal, khususnya owner-nya. Anjing ini akan ramah dan jinak kepada pemiliknya. Hal ini karena RW mampu membedakan antara pemilik dan orang lain. Selain itu, untuk anjing yang dilatih sebagai penjaga rumah, RW akan menerkam orang jahat saja.

Anjing penjaga atau guard memang dilatih untuk mampu membedakan orang yang berniat jahat atau tidak. Mereka bisa membedakan orang dari aroma tubuh dan tingkah lakunya. Beberapa anjing RW bahkan bisa membedakan orang jahat hanya dengan sekali lihat. Mereka biasanya mendeteksi musuh dari tampilan fisik dan suara napas.

Rottweiler cocok dijadikan sebagai hewan pemburu dan guard, juga karena bentuk fisiknya. Anjing ini memiliki bulu pendek dan cenderung berwarna gelap. Anjing tersebut termasuk salah satu jenis anjing berukuran besar dengan gigi taring yang mencuat, sehingga wajahnya terlihat garang dengan rahang yang menonjol.

lain rottweiler adalah memiliki warna bulu perut dan punggung yang berbeda, secara umum berwarna hitam dan cokelat. Sekilas, anjing ini juga seperti memakai kaus kaki berwarna cokelat. Selain itu, RW juga tidak memiliki ekor yang terlalu panjang. Ini membuat mereka bisa bergerak bebas dan berlari cepat.

Cara Memelihara Rottweiler

Sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi mamalia ini, Anda perlu mengetahui cara memeliharanya. Perlu diperhatikan bahwa RW adalah jenis anjing yang memiliki sifat liar dan bebas, dan karenanya Anda harus menyiapkan tempat yang luas jika ingin memeliharanya. Tidak disarankan memelihara rottweiler jika Anda tinggal di apartemen atau rusun.

Dilansir dari thegorbalsla.com, anjing rottweiler mengalami kerontokan bulu setiap 3 minggu sekali, sehingga Anda harus menyisir bulunya secara rutin. Ini membantu anjing terhindar dari kutu dan membersihkan kotoran yang menempel. Untuk menyisir bulunya, Anda bisa memakai sikat khusus yang terbuat dari plastik, nilon, atau besi.

Anjing rottweiler (sumber: be.chewy.com)
Anjing rottweiler (sumber: be.chewy.com)

Anjing RW juga mudah mengalami alergi karena bulunya sendiri. Sebagai solusi, Anda harus sering memandikannya. Memandikan anjing tidak sulit, apalagi rottweiler bukan jenis anjing yang takut air. Anda bisa memandikannya memakai air biasa atau air hangat, yang penting gunakan shampoo khusus untuk anjing saat memandikan mamalia ini. Memandikan anjing menggunakan sabun atau shampo manusia, bisa membuat bulunya mudah rontok atau terkena penyakit kulit.

Untuk menghindari penyakit, Anda tidak hanya perlu membersihkan badan anjing. Anda harus membersihkan kandangnya. Kandang anjing perlu dibersihkan setiap hari, jika perlu setiap pagi dan sore. Anda juga harus menjaga agar kandang tidak lembap dan terkena cahaya matahari dengan baik.

Jangan lupa juga untuk memberikan vaksin dan secara rutin. Vaksin bisa diberikan sejak anjing berusia lebih dari 2 atau 3 . Selain kesehatan badan, Anda juga harus memperhatikan kesehatan mentalnya. Anjing RW tidak bisa dibiarkan sendirian di rumah. Setidaknya, Anda bisa mengajak hewan tersebut lari pagi atau sore. Ini akan membuatnya senang dan lebih setia kepada Anda.

Harga Rottweiler

Jenis Rottweiler Harga
Rottweiler Mix Herder Rp1.300.000 ekor
Rottweiler Mix Labrador Anakan Super Besar Rp1.550.000 – Rp2.000.000 per ekor
Rottweiler Anakan Non STB Rp3.000.000 per ekor
Rottweiler Jantan Dewasa Non STB Rp3.500.000 – Rp4.000.000 per ekor
Rottweiler Betina Anakan STB Rp5.000.000 per ekor
Rottweiler Jantan Anakan STB Rp8.000.000 per ekor
Rottweiler Jantan Dewasa STB Rp8.500.000 per ekor
Rottweiler Import. Rp25.000.000 per ekor

Informasi harga anjing rottweiler di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga anjing rottweiler saat ini memang mengalami kenaikan. Harga anjing rottweiler anakan STB alias stamboom misalnya, semula Rp4 juta sampai Rp7,5 jutaan per ekor dan sekarang menjadi Rp8 jutaan per ekor untuk jenis kelamin jantan.

[Update: Panca]

[1] Saputra, Charistia Firenze Louis. 2016. Implementasi Konsep Wild into Cozinesspada Perancangan Interior Dog Daycare Center di Surabaya. Jurnal INTRA Kristen Petra, Vol. 4(2): 423-434.

Pos terkait