Daftar Harga Susu Bebas Laktosa (Berbagai Merk dan Kemasan)

Susu formula dapat dijadikan alternatif oleh ibu yang terpaksa tidak bisa memberikan ASI kepada buah hati mereka karena berbagai hal. Nah, apabila kebetulan bayi atau anak Anda memiliki alergi atau intoleransi laktosa, juga tidak perlu khawatir. Pasalnya, sekarang sudah ada banyak merk susu formula yang meluncurkan produk yang diklaim bebas laktosa. Daftarnya cukup lumayan dan dijual dengan harga yang biasanya disesuaikan dengan kemasan.

Ilustrasi: minum susu bebas laktosa (sumber: cspinet.org)
Ilustrasi: minum susu bebas laktosa (sumber: cspinet.org)

Sudah banyak dan ahli kesehatan yang menyebutkan bahwa nutrisi terbaik bagi bayi, setidaknya hingga usia mereka enam bulan, adalah air susu ibu atau ASI. Pasalnya, ASI adalah makanan yang komposisi dan zat gizinya sesuai serta aman bagi sistem tubuh bayi yang masih imatur.[1] ASI dikatakan sebagai makanan terbaik dan paling sempurna, dengan kandungan gizi yang serta zat kekebalan di dalamnya tidak tergantikan susu formula paling hebat dan mahal sekalipun.[2]

Bacaan Lainnya

Sayangnya, karena berbagai hal, termasuk adanya penyakit menular, tidak semua ibu dapat memberikan ASI eksklusif untuk bayi mereka. Sebagai solusi, mereka akhirnya memilih menggunakan susu formula. Konon sudah ada sejak abad ke-19, susu formula, seperti yang disebutkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 39 tahun 2013, adalah semua susu yang secara khusus diformulasikan sebagai pengganti ASI untuk bayi hingga mereka berusia 6 bulan.[3]

Apa Itu Intoleransi Laktosa?

Namun, pemberian susu formula pada bayi dan balita tidak serta-merta menyelesaikan masalah. Pasalnya, ada beberapa bayi yang mengalami intoleransi laktosa. Ini adalah suatu kondisi ketika bayi tidak mampu mencerna kandungan laktosa dalam susu, termasuk susu formula. Laktosa sendiri adalah yaitu sejenis gula alami yang terkandung di dalam susu.

Memang, sejumlah penelitian menyebutkan intoleransi laktosa sebagian besar tidak berbahaya untuk bayi. Meski demikian, kondisi tersebut dapat membuat mereka tidak nyaman. Pasalnya, intoleransi laktosa bisa mengakibatkan bayi mengalami diare, perut kembung yang membuat mereka rewel, sakit perut, serta berat badan yang sulit atau bahkan tidak bertambah.

Perlu diingat bahwa intoleransi laktosa tidak sama dengan alergi susu. Intoleransi laktosa adalah kondisi gangguan pencernaan, sedangkan alergi susu, layaknya alergi yang lain, merupakan kondisi yang melibatkan sistem imun. Gejala kedua kondisi tersebut juga berbeda. Anak yang mengalami alergi susu akan mengalami gejala seperti bersin, batuk, bengkak, atau gatal, sama dengan reaksi alergi lainnya. Namun, baik intoleransi laktosa maupun alergi susu sapi, biasanya bayi disarankan untuk mengonsumsi susu bebas laktosa.

Sekarang sudah banyak perusahaan atau merk yang meluncurkan susu bebas laktosa. Dilansir dari situs resmi Vidoran, susu bebas laktosa sebenarnya terbuat dari susu sapi , yang tentu saja masih mengandung laktosa, tetapi ditambahkan enzim laktase untuk memecah laktosa dalam susu sehingga membuatnya lebih mudah dicerna dan membantu menghindari gejala intoleransi laktosa.

Meskipun bebas laktosa, tetapi susu formula ini diklaim tetap menawarkan gizi yang cukup untuk kebutuhan nutrisi si kecil. Secara umum, susu bebas laktosa masih memiliki rata-rata 8 gram protein dalam setiap satu cangkirnya. Tidak cuma itu, susu jenis ini juga mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor, vitamin B12 dan vitamin B2, bahkan ada yang menyertakan vitamin D.

Di pasaran dalam negeri, sudah ada sejumlah merk susu bebas laktosa yang dapat dipilih. Beberapa brand yang sering direkomendasikan adalah Bebelove Gold Soya, Enfamil A+ LactoFree, Lactogen Lactose Free, Morinaga NL-33 Non Lactose, Morinaga BMT Soya, Nestle NAN Lactose-Free, dan SGM Eksplor Soya. Lalu, berapa harga susu bebas laktosa saat ini?

Ilustrasi: susu bebas laktosa (sumber: soocial.com)
Ilustrasi: susu bebas laktosa (sumber: soocial.com)

Harga Susu Bebas Laktosa

Merk Susu Bebas Laktosa Harga
SGM Ananda Soya 1 200 gr Rp29.400
SGM Ananda Soya 2 400 gr Rp57.900
Vidoran Xmart Soya 1+ 725 gr Rp81.300
Nutricia Bebelove FL 400 gr Rp83.000
SGM LLM+ 400 gr Rp84.000
Morinaga Chil Kid Soya 3 300 gr Rp89.100
SGM Eksplor Soya 1+ 700 gr Rp96.400
Lactogen Lactose Free 400 gr Rp116.514
Nutribaby Soya 1 350 gr Rp141.750
Morinaga NL-33 Non Lactose 350 gr Rp142.800
Bebelac Gold Soya 3 700 gr Rp147.500
Nutren Junior 400 gr Rp149.200
Nutrilon Royal Soya 3 700 gr Rp221.000 – Rp300.000
Enfamil A+ Lactofree Care 400 gr Rp258.619
Nutribaby Royal Pepti Junior 400 gr Rp266.700
Isomil Plus Advance Soya 850 gr Rp269.400
Nestle NAN Lactose-Free 400 gr Rp399.000
Nutramigen LGG 400 gr Rp441.952

Informasi harga susu bebas laktosa di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk apotek, minimarket, maupun sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga susu bebas laktosa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda membutuhkan merk atau kemasan lainnya, Anda dapat berkunjung ke toko perlengkapan bayi terdekat.

[1] Sjarif, D. R., dan Tanjung C. . Susu Formula Bayi dan Aturan Terkait (dalam Buku Ajar Nutrisi Pediatrik dan Penyakit Metabolik). Jakarta: Badan Penerbit IDAI, hlm. 98.

[2] Linda, Edita. 2019. ASI Eksklusif. Cilacap: Yayasan Jamiul Fawaid, hlm. 2.

[3] Kementerian Kesehatan RI. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 39 Tahun 2013 tentang Susu Formula Bayi dan Produk Bayi Lainnya. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Pos terkait