Update Harga Booster TV Kabel (Berbagai Merk)

Jika gambar pada televisi Anda punya kualitas yang buruk, meski posisi antena sudah tepat, mungkin Anda membutuhkan alat bernama booster. Ini adalah perangkat yang berfungsi sebagai penguat sinyal dari antena menuju pesawat televisi Anda. Selain untuk TV dengan saluran VHF dan UHF, sekarang juga sudah tersedia booster untuk TV kabel. Di pasaran, alat ini dijual dengan harga mulai ratusan ribu rupiah per unit.

Ilustrasi: Seseorang Memegang Antena TV (credit: groundedreason)
Ilustrasi: Seseorang Memegang Antena TV (credit: groundedreason)

Fungsi Booster TV

Booster adalah alat untuk memperkuat sinyal dari antena televisi ke sebuah atau beberapa buah televisi pada bagian output, sehingga kualitas gambar tidak menurun meskipun posisinya bergerak (misalnya TV diletakkan di kendaraan). Peletakan booster bisa di dalam ruangan (indoor) maupun outdoor.[1] Namun, jika menginginkan kualitas gambar lebih baik, memang sebaiknya diletakkan di luar ruangan. Tidak perlu khawatir terjadinya kerusakan atau korosi karena booster, juga antena, biasanya terbuat dari bahan isolator yang tahan terhadap panas maupun hujan.

Bacaan Lainnya

Booster TV berfungsi sebagai penguat dari loss sinyal yang diterima dari antena melalui kabel coax yang terlalu panjang. Sinyal yang masuk ke antena melalui kabel tersebut adalah sinyal RF yang sangat lemah. Booster sendiri bekerja sebagai penguat sinyal RF dan juga bertindak sebagai selektor frekuensi mana yang digunakan oleh penerima TV (VHF atau UHF). Karena, itu booster TV biasanya mempunyai 2 keluaran, yaitu VHF dan UHF, namun sangat tergantung jenis antena yang kita gunakan, apakah antena tersebut khusus UHF ataupun untuk VHF

Ketika pertama kali muncul, booster memang kerap digunakan masyarakat untuk menerima sinyal VHF dan UHF. Biasanya, masyarakat menggunakan rangkaian booster ini untuk mendapat saluran yang beragam dan gambar yang lebih jelas. Para pengguna rangkaian ini umumnya mereka yang tinggal jauh dari stasiun pemancar, termasuk di pelosok desa ketika sinyal saluran televisi terhalang oleh hutan dan pegunungan.

Seiring kemajuan teknologi, tidak cuma sinyal VHF dan UHF, kini juga telah hadir booster yang diklaim mampu menangkap sinyal TV kabel. Buat Anda yang belum paham, adalah sistem penyiaran acara televisi lewat isyarat frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik yang tetap atau kabel coaxial dan bukan lewat seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena (over-the-air).

Booster/penguat sinyal televisi (sumber: bukalapak)

Orang sering menyamakan dengan TV satelit. Meski sama-sama berbayar, namun kedua layanan ini sebenarnya berbeda. Perbedaan paling nyata dapat dilihat dari jumlah saluran atau channel yang disediakan. Rata-rata, setiap jasa layanan kabel menyediakan jumlah channel yang cukup bahkan, bisa mencapai hingga 300 channel, sedangkan TV satelit cuma mampu menayangkan paling banyak 250 channel.

Perbedaan lainnya dua televisi berbayar ini adalah cakupan penggunaan. Umumnya, penyedia layanan memasarkan produk mereka di pusat perkotaan karena jangkauan area terbatas jarak. Sementara itu, cakupan area TV satelit lebih luas, bahkan tidak terbatas area, baik jika pelanggan tinggal di daerah perkotaan maupun pedesaan. Pelanggan bisa menggunakan parabola sebagai receiver.

Di Indonesia sendiri, prospek pelanggan televisi berlangganan masih sangat menjanjikan. Menurut data Media Partner Asia, jumlah pelanggan TV berbayar di Indonesia pada tahun 2013 silam hanya sekitar 2,8 juta. Sementara, jumlah rumah tangga yang mampu berlangganan layanan ini mencapai 18 hingga 20 juta. Asosiasi Pengusaha Multimedia Indonesia (APMI) kala itu menyebutkan pasar televisi berbayar di Indonesia yang belum tergarap mencapai 60 juta rumah tangga.[2]

Nah, itu untuk masyarakat yang mampu. Lalu, bagaimana dengan mereka yang punya anggaran terbatas? Seperti disampaikan di atas, kini sudah ada booster yang dikatakan mampu menangkap sinyal TV kabel. Tersedia berbagai merk di pasaran dan harganya pun relatif terjangkau. Berikut informasi kisaran harga booster di pasaran dalam negeri.

Booster TV (sumber: nazya.com)

Harga Booster

Varian Booster Harga
Toyosaki Signal Amplifier Booster TV Rp100.000
Matrix B-302 CATV Signal Amplifier Booster TV Rp166.000
Falcom FUA-S50 Booster Indoor Rp240.000
Mini Node MK110 CATV FTTB Fiber Optical Node Receiver Rp400.000
Seebest 8840 Booster Rp800.000
Matrix HA-8640 Booster TV Kabel Indoor Rp894.000
Booster TV Kabel CATV Line Amplifier 30-40DB Outdoor Indoor Rp1.235.000
Falcom G400 Outdoor Rp1.626.000
Booster Televes 5338 Series DTKom Amplifier MATV KABEL TV Rp3.300.000

Informasi harga booster TV kabel di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu diketahui bahwa harga booster TV kabel tersebut tidak mengikat dan dapat bisa berubah sewaktu-waktu.

Sebagai contoh, Matrix B-302 CATV misalnya, tahun 2020 dijual Rp130 ribu, sedikit turun menjadi Rp126 ribuan di tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp166 ribu tahun 2022. Sebaliknya, harga Booster TV Kabel CATV Line Amplifier 30-40DB Outdoor Indoor yang mulai Rp750 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp850 ribuan tahun 2021, naik lagi menjadi Rp1,2 jutaan tahun 2022. Untuk memperoleh informasi lebih detail, Anda bisa mengunjungi toko peralatan elektronik di sekitar rumah Anda.

[Update: Almas]

[1] Pramuyanti, Roni Kartika. 2016. Menyempurnakan Siaran Televisi Mobil dengan Inovasi Antena. Jurnal Simetris, Vol. 7(2): 675-680.

[2] Ismail, Ervan. 2016. Survei Minat dan Kebutuhan terhadap TV Berlangganan di Jakarta. Jurnal Communicate, Vol. 2(1): 35-46.

Pos terkait