Update Kisaran Biaya Konsultasi Dokter Kulit

Jika Anda mengalami keluhan di bagian kulit, seperti eksim, cacar, radang kulit, gatal-gatal, dan alergi, langkah paling direkomendasikan adalah berkunjung ke . Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai permasalahan tersebut. Biaya untuk konsultasi pun terbilang terjangkau, dan apabila penyakit kulit terbilang ringan dan dapat disembuhkan dalam beberapa hari, biasanya dokter hanya akan memberi obat oles saja.

Ilustrasi Konsultasi Dengan Dokter Kulit (sumber: derma-neuerwall.de)
Ilustrasi Konsultasi Dengan Dokter Kulit (sumber: derma-neuerwall.de)

Ada beberapa jenis penyakit kulit yang memang perlu ditangani oleh dokter secara khusus. Penyakit tersebut biasanya memang tidak dapat diatasi dengan menggunakan obat ringan, seperti menggunakan minyak kayu putih saja. Berikut ini adalah jenis penyakit kulit yang perlu Anda konsultasikan ke dokter jika Anda mengalaminya.

Bacaan Lainnya

Luka Bakar

Salah satu jenis penyakit kulit yang termasuk parah dan harus dikonsultasikan ke dokter, yaitu luka bakar. Beberapa orang mungkin menganggap luka bakar adalah hal yang biasa. Namun, akan berbeda jadinya jika Anda mendapatkan jenis luka bakar yang parah. Luka bakar ringan bisa terjadi karena sengatan sinar matahari, biasanya ditandai dengan kemerahan dan peradangan pada kulit. Ini bisa diatasi dengan mengoleskan salep khusus menggunakan resep dokter.

Namun, ada juga luka bakar yang tergolong kronis, seperti jika Anda mengalami luka bakar karena air panas, terkena knalpot kendaraan, terkena api, dan terkena gas atau zat yang dapat membuat kulit melepuh. Luka bakar seperti ini harus segera ditangani dan dikonsultasikan ke dokter. Untuk pertama kali pemeriksaan, dokter akan memberi obat yang sesuai dengan kondisi luka. Dokter tidak hanya memberi obat oles saja, biasanya juga didampingi dengan obat antibiotik dan pereda nyeri.

Melanoma

Ilustrasi: Pemeriksaan Melanoma Oleh Dokter Kulit (credit: whitsundayfamilypractice)
Ilustrasi: Pemeriksaan Melanoma Oleh Dokter Kulit (credit: whitsundayfamilypractice)

Melanoma adalah salah satu jenis penyakit kulit berbahaya yang biasanya tidak disadari oleh pengidapnya. Bentuknya yang menyerupai tahi lalat membuat tidak sedikit orang yang cuek. Ketika tahi lalat ini mulai tumbuh dan berkembang pada jaringan kulit, barulah penderitanya akan sadar. Melanoma tidak hanya dapat disadari ketika tahi lalat yang semula kecil menjadi besar, tetapi juga rasa nyeri di sekitar tahi lalat tersebut.

Melanoma ini berbeda dengan jenis kutil, ini adalah salah satu jenis kanker kulit yang menyerang jaringan kulit bagian . Untuk mengatasinya, Anda perlu ke dokter kulit terlebih dahulu. Dalam hal ini, dokter akan mengupayakan beberapa cara untuk menyembuhkan melanoma. Beberapa jenis perawatan yang bisa Anda jalani untuk menyembuhkan melanoma, yaitu radiasi, suntik, mengonsumsi obat-obatan, kemoterapi, dan operasi.

Infeksi Kulit

Infeksi kulit dapat terjadi karena virus dan bakteri. Anda perlu berhati-hati jika memiliki luka di bagian kulit. Pada beberapa kasus infeksi, luka yang dibiarkan begitu saja tanpa diobati, dibersihkan, dan ditutup akan mudah terjangkit bakteri dan virus penyebab infeksi. Kulit yang tidak dirawat juga dapat terkena infeksi jika mengalami dehidrasi. Biasanya, orang cenderung menggaruk kulit hingga luka, inilah salah satu penyebab umum dari infeksi ringan.

Untuk mengatasi infeksi ringan, umumnya dokter hanya akan memberikan pengobatan berupa obat oles saja. Ini berbeda jika Anda mengalami gejala infeksi parah pada kulit. Anda biasanya akan diberi obat telan, obat oles, dan jika luka Anda basah, maka dokter juga akan memberi obat bubuk khusus untuk dituangkan pada luka. Beberapa orang dengan gejala infeksi parah pun akan dirawat secara khusus oleh dokter.

Eksim

Ilustrasi: pemeriksaan dokter kulit (sumber: everydayhealth.com)
Ilustrasi: pemeriksaan dokter kulit (sumber: everydayhealth.com)

Eksim atau gatal-gatal di kulit juga perlu perhatian dari dokter kulit. Anda perlu berkonsultasi jika memiliki gangguan gatal pada kulit dengan ciri seperti terdapat banyak benjolan dengan isi air pada kulit, mengalami peradangan pada kulit, gatal disertai panas bila digaruk, dan benjolan dapat menyebar. Ini adalah gejala eksim secara umum, dan biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menggunakan obat antibiotik dan obat khusus.

Eksim sendiri disebabkan oleh virus yang berkembang di permukaan kulit. Apabila Anda tidak segera berkonsultasi ke dokter kulit, maka penyakit tersebut dikatakan bisa berkembang lebih parah. Jika eksim tidak segera diobati, penyakit ini pun dapat menyebabkan infeksi pada kulit Anda.

Itulah beberapa penyakit kulit yang perlu konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusinya. Saat ini pun tidak sulit menemukan dokter kulit, karena sudah ada banyak dokter yang membuka praktik sendiri atau praktik di klinik dan rumah sakit. Berikut adalah daftar tempat konsultasi dokter kulit beserta biayanya.

Biaya Konsultasi Dokter Kulit

Biaya Konsultasi Dokter Kulit - dermreston.com
Biaya Konsultasi Dokter Kulit – dermreston.com
Tempat Konsultasi Biaya
dr. Epi Panjaitan, M.Sc, Sp.KK Rp145.000
dr. Teguh Priyanto, Sp.KK Rp150.000
dr. Tulus Budi Lestari, Sp.KK Rp150.000
dr. Berta Wijaya Sari, Sp.KK Rp165.000
dr. I Ketut Darya Artana, Sp.KK Rp170.000
dr. Adi Satriyo Sp.KK, FINSDV Rp175.000
dr. Achamd Yusuf, Sp.KK Rp175.000
dr. Andi Amal Alamsyah Makmur, M.Si, Sp.KK Rp200.000
dr. Maria Basir Djatmoko, Sp.KK Rp220.000
dr. Vonny Indriati Widjojo, Sp.KK Rp280.000
dr. Bunga Sejuk Segar, M.Sc, Sp.KK Rp280.000
dr. Yasmina Diah Kumala, Sp.KK Rp297.000
dr. Agni Anastasia Sahulata, Sp.KK Rp300.000
dr. Irvan Satyawan, Sp.KK Rp300.000
dr. Dani Djuanda, Sp.KK Rp360.000

Tarif konsultasi dokter kulit di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa biaya konsultasi dokter kulit tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya konsultasi dokter kulit di RS Pelni Jakarta dipatok mulai Rp350 ribu, sedangkan biaya di Mayapada Hospital Jakarta Selatan mulai Rp300 ribuan. (Panca)

Pos terkait