Update Harga Betadine Semprot Vaginal Douche dan Efek Sampingnya

Kebersihan organ intim menjadi hal penting yang perlu diperhatikan setiap wanita. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sejumlah perusahaan farmasi membuat inovasi pembersih vagina lengkap dengan alat semprot, salah satunya Betadine. Setelah meluncurkan produk Betadine Feminine Hygiene, kini tersedia Betadine Semprot Vaginal Douche yang lengkap dengan aplikatornya. Anda dapat membeli produk ini dengan harga ratusan ribu di sejumlah apotek maupun toko obat terdekat.

Betadine Semprot Vaginal Douche (sumber: tokopedia)
Betadine Semprot Vaginal Douche (sumber: tokopedia)

Betadine telah dikenal selama lebih dari 50 tahun sebagai produk antiseptik yang dipercaya oleh rumah sakit di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi, telah beredar di beberapa pasar internasional sejak 1963. Betadine memiliki bahan aktif berupa Povidone – Iodine, yakni zat antimikroba yang memiliki spektrum-luas dan efektif mengatasi kuman serta mampu mengendalikan penyebaran infeksi topikal bagi penggunanya. Sejumlah menunjukkan, Povidone – Iodine dalam Betadine dapat menurunkan > 5 log reduction biofilm yang terdapat dalam kultur kuman penyebab infeksi dan tidak dilaporkan adanya resistensi secara klinis. Hal tersebut menunjukkan kualitas dari produk antiseptik Betadine.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia, Betadine memiliki empat kategori produk, yakni Wound Care, Cold & Flu, Feminine Care, Protective Care untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan untuk mengatasi infeksi. Nah, salah satu produk inovatif terbaru dari Betadine khusus wanita adalah vaginal douche. Produk ini diproduksi oleh Mahakam Beta Farma untuk mencegah dan mengatasi permasalahan Miss V, seperti gatal dan keputihan. Betadine Vaginal Douche juga memiliki kandungan Povidone – Iodine 10% sebagai pembasmi kuman.

Mengingat Betadine Vaginal Douche termasuk dalam golongan obat keras, sebelum memakainya Anda disarankan konsultasi dengan dokter. Cara penggunaan produk ini dapat Anda lihat pada kemasan. Anda dapat menuang cairan Betadine Vaginal Douche ke botol aplikator sampai tanda batas, kemudian tambahkan sampai tanda batas dan dapat digunakan untuk mencuci vagina.

Untuk dosis pemakaian, disarankan Betadine Vaginal Douche digunakan sekali sehari selama 6 hari. Sementara untuk mencegah keputihan, Anda dapat memakai produk sebanyak 1-2 kali per minggu. Setelah dipakai, Anda harus menyimpan produk pada suhu di bawah 30 derajat Celcius, di tempat kering dan sejuk. Lalu, berapa harga Betadine Semprot Vaginal Douche di pasaran saat ini?

Betadine Semprot Vaginal Douche - www.tokopedia.com
Betadine Semprot Vaginal Douche – www.tokopedia.com

Harga Betadine Semprot Vaginal Douche

Varian Betadine Semprot Vaginal Douche Harga
Betadine Semprot Vaginal Douche Refill 100 ml Rp61.500
Betadine Semprot Vaginal Douche Refill ml Rp113.915
Betadine Semprot Vaginal Douche 100 ml plus aplikator Rp132.096
Betadine Semprot Vaginal Douche 225 ml plus aplikator Rp147.853

Informasi harga Betadine Semprot Vaginal Douche di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs apotek online. Hingga saat ini, harga Betadine Semprot Vaginal Douche relatif stabil. Sementara itu, harga Betadine Semprot Vaginal Douche Refill 225 ml sedikit naik dari Rp106.700 menjadi Rp113.915 per botol. Meski begitu, harga produk ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Selain produk douching, Betadine juga menawarkan Feminine Hygiene 60 ml dengan harga mulai Rp42.055 per botol dan Betadine Feminine Wipes Gentle Protection Immortelle isi 10 lembar seharga Rp14.826 per kemasan. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko obat terdekat atau memesannya secara online.

Betadine Semprot Vaginal Douche - (id.carousell.com)
Betadine Semprot Vaginal Douche – (id.carousell.com)

Efek Samping Betadine Semprot Vaginal Douche

Bagi Anda yang baru pertama kali memakai Betadine Semprot Vaginal Douche mungkin penasaran adakah efek samping dari produk? Efek samping yang mungkin terjadi adalah luka atau iritasi lokal. Jika timbul efek samping, maka Anda harus menghentikan penggunaan dan segera konsultasi dengan dokter untuk penyembuhan.

Pada dasarnya, douching atau kegiatan membersihkan vagina dengan sabun berpewangi atau alat penyemprot[1] justru dapat meningkatkan gangguan kesehatan area genital. Pasalnya, saat melakukan douching, keseimbangan kadar pH di dalam vagina terganggu. Di dalam vagina, terdapat 95% bakteri baik dan sisanya bakteri patogen. Dibutuhkan tingkat keasaman (pH balance) pada kisaran 3,8 – 4,2 untuk membuat ekosistemnya seimbang. Dengan melakukan douching, maka bakteri baik yang terdapat di daerah vagina juga akan terbunuh. Padahal, kuman tersebut harus ada untuk membunuh kuman yang jahat.

Anda dapat menjaga kesehatan Miss V tanpa melakukan douching dengan membersihkan bagian luar vagina dengan air hangat dan juga sabun lembut tanpa pewangi. Apabila Anda merasakan nyeri saat menstruasi, dapat membersihkannya dengan air hangat dan mengganti setidaknya 4 jam sekali. Anda juga harus memperhatikan cara cebok dengan benar setelah buang air dan mengeringkannya menggunakan handuk atau tissue.

[Update: Ditta]

[1] Mahmet dan Roizen. 2010. Being Beautiful: dan Cantik Luar Dalam Ala Dr. Oz. Jakarta: PT Mizan Publika, hlm. 292

Pos terkait