Update Harga ATV Honda Lengkap (Sport & Utility)

All-Terrain Vehicle, atau lebih dengan sebutan ATV, merupakan kendaraan beroda empat yang sering digunakan untuk memacu adrenalin di medan off-road. Orang Indonesia juga kerap menyebut kendaraan ini sebagai mobil mini atau mini traktor, karena bentuknya yang menyerupai traktor. Sudah banyak pabrikan yang meluncurkan kendaraan ini, salah satunya Honda, dengan harga yang dapat dikatakan tidak jauh berbeda dengan motor sport.

Honda ATV Foreman (sumber: sportscenter.honda.com)
Honda ATV Foreman (sumber: sportscenter.honda.com)

Meski biasa dikendarai untuk melibas medan off-road, tetapi ATV sebenarnya juga bisa diajak untuk melahap segala medan. Awalnya, kendaraan ini hanya digunakan oleh para pemilik sebagai transportasi mereka. Seiring perkembangan zaman, ATV digunakan untuk banyak kegiatan di dunia otomotif, seperti balap, motor penjelajah alam, kendaraan operasional SAR, atau untuk disewakan sebagai kendaraan pelintas alam.

Bacaan Lainnya

Umumnya, ATV dibagi menjadi dua jenis, yaitu Tipe I yang ditujukan untuk operator tunggal atau tanpa penumpang. Sementara, Tipe II ditujukan untuk operator dan penumpang. Karena itu, untuk ATV Tipe II ini umumnya telah dilengkapi dengan jok belakang yang mampu menampung satu penumpang, sehingga bisa digunakan untuk tandem.

Beberapa pabrikan juga telah meluncurkan berbagai varian ATV untuk memuaskan pengendara off-road, Honda salah satunya. Honda sendiri merupakan merk otomotif terkemuka asal Jepang yang sebelumnya telah dengan produk sepeda motor dan mobil. ATV produksi Honda sendiri dibagi menjadi dua varian, yaitu Sport dan Utility. Berikut beberapa model ATV yang telah dirilis Honda.

Varian ATV Sport Honda

Saat ini, model ATV Sport produksi Honda hadir dalam dua varian berdasarkan kapasitas mesinnya, yaitu TRX90X sebagai varian terendah dan TRX250X yang di atasnya. ATV Sport didesain untuk beraksi di medan yang paling menantang, baik untuk para pengendara profesional maupun pemula, dan dibekali dengan teknologi mutakhir, termasuk electric starter, suspensi independen, hingga shaft drive.

Model TRX90X, dilihat dari kapasitas mesinnya, kendaraan ini dirancang untuk pengendara pemula, khususnya anak-anak. TRX90X menggendong mesin tipe 4-stroke, single cylinder, SOHC, air-cooled, berkapasitas 86cc. Model ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu merah dan hitam, dan sudah dipasarkan secara global.

Sementara, untuk varian TRX250X, seperti namanya, produk ini menggendong mesin berkapasitas 229cc, 4-stroke, air-cooled, OHV, single cylinder. Hadir dalam dua pilihan warna, yaitu putih polos dan kombinasi merah-putih, ATV TRX250X cocok bagi mereka yang sudah termasuk dalam kalangan profesional di lintasan off-road.

Varian Honda ATV – powersports.honda.com

Varian ATV Utility Honda

Model ATV Utility Honda meluncur dalam lima varian. Tipe FourTrax Rincon merupakan varian tertinggi karena telah menggendong mesin tipe 4-stroke, liquid-cooled, OHV, semi-dry-sump, single cylinder, berkapasitas 675cc. Untuk tipe lainnya, sudah tersedia FourTrax Foreman Rubicon 4×4, FourTrax Foreman 4×4, FourTrax Rancher, dan FourTrax Recon.

Harga ATV Honda

Tipe ATV Honda Harga
Honda TRX90X 3.249 dolar AS
Honda TRX250X 5.199 dolar AS
Honda FourTrax Rincon 9.499 dolar AS
Honda FourTrax Foreman Rubicon 4×4 EPS 8.899 dolar AS
Honda FourTrax Foreman 4×4 7.499 dolar AS
Honda FourTrax Rancher 5.599 dolar AS
Honda FourTrax Recon 4.499 dolar AS

Harga ATV Honda di atas kami rangkum dari situs resmi perusahaan asal Negeri Sakura. Kurs 1 dolar AS ketika artikel ini ditayangkan setara dengan Rp14.800. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga ATV Honda saat ini memang cenderung naik. Varian Honda TRX90X misalnya, awalnya dijual 3.099 dolar AS dan sekarang menjadi 3.249 dolar AS, sedangkan harga Honda FourTrax Rincon naik daro 9.399 dolar AS menjadi 9.499 dolar AS.

(Panca)

Pos terkait