Tata Cara dan Biaya Pengajuan Visa Ke Amerika Serikat

No comment3508 views

Banyak orang bilang mengurus itu mahal dan prosesnya berbelit. Tapi benarkah begitu? Khusus untuk Serikat, Pemerintah Serikat memang memperketat keamanan pintu keluar masuk negaranya sejak terjadinya tragedy 9/11 demi menjaga keamanan nasional USA, namun hal ini bukan lantas menjadi halangan berarti bagi para pendatang yang ingin masuk ke negeri Paman Sam tersebut.Bendera Amerika - Patung Liberty

Berikut kami sajikan informasi terkait langkah-langkah dan biaya yang diperlukan untuk visa ke Amerika Serikat,

Kunjungi Website Resmi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs //ustraveldocs.com/id/. Pertama kali mengunjungi situs ini, Anda akan diberi pertanyaan seputar pengalaman Anda dalam mengajukan visa. Jika ini kali pertama Anda mengajukan aplikasi visa, maka Anda harus menjawab dengan sejujurnya. Setelah itu Anda akan dipandu pada pilihan visa yang akan diajukan. Jika Anda datang ke Amerika Serikat dengan niat berlibur, berbisnis, bersekolah, dan keperluan lain yang sifatnya tergolong sementara, maka anda disarankan untuk memilih opsi ‘’Non-immigran’.

Baca juga  Update Harga & Cara Pakai Pewangi Laundry Mawar (Semua Varian)

Isi Formulir

Selanjutnya Anda dapat mengisi formulir DS-160 di halaman //ceac.state.gov/genniv/. Panduan pengisian form DS-160 dapat dibaca di //travel.state.gov/visa/forms/forms_4401.html. Setelah Anda selesai melengkapi form ini, jangan lupa untuk mencetak halaman konfirmasi DS-160 Anda dan siapkan pas foto 5cm x 5 cm dalam format JPG yang selanjutnya akan di-upload didalam formulir DS-160 tersebut. Aturan format foto bisa dibaca di //travel.state.gov/visa/visaphotoreq/visaphotoreq_5334.html

Membayar Biaya Pengajuan Visa

Tidak semua bank dapat melayani biaya pengajuan Visa ke USA, Bank yang memiliki autoritas hanya Bank Standard Chartered atau Bank Permata di cabang yang ditunjuk. Saat akan membayar, Anda diharuskan membawa bukti deposit yang sudah di-print ke bank tersebut. Bukti deposit bisa di akses di //ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-paymentinfo.asp .

Sebagai contoh, biaya yang harus dibayarkan bagi siswa non-imigran yang menggunakan form I-20 adalah USD 200, sedangkan untuk peserta pertukaran pelajar dengan form DS biayanya adalah sebesar USD 180 .

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Popcorn dan Snack di Cinemaxx

Jadwalkan Wawancara

Anda dapat menentukan wawancara yang Anda kehendaki dengan mengakses situs //ustraveldocs.com/id_bi/id-niv-appointmentschedule.asp . Umumnya waktu wawancara yang tersedia adalah pukul 07.00, 07.30, 08.00, 08.30, dan 09.00 pagi. Karena antrian yang cukup panjang, sebaiknya Anda datang 2 jam sebelum jadwal wwancara dimulai.

Siapkan yang Dibutuhkan

Dokumen yang harus Anda bawa saat wawancara adalah,

  • Konfirmasi Form DS-160
  • Pas foto 5 x 5 cm, 1 lembar
  • Bukti transfer / pembayaran biaya visa
  • Konfirmasi jadwal wawancara
  • Rekap keuangan ASLI untuk 3 bulan terakhir (tabungan, deposito, aset yg lainnya)
  • Akte kelahiran, Surat Nikah (jika sudah menikah), dan Kartu
  • Surat Promosi / Keterangan dari /Sekolah terkait
loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Tata Cara dan Biaya Pengajuan Visa Ke Amerika Serikat"