Anda yang ingin bepergian dari Bandung ke Cirebon mungkin kerap bingung menentukan jalur mana yang hendak ditempuh. Biasanya ada yang dilema memilih, apakah harus lewat jalan biasa atau sebaiknya lewat jalan tol meskipun harus membayar tarif setiap jalan tol yang dilewati.
Seperti yang sudah sering Anda ketahui, lewat jalan biasa umumnya lebih dekat dibandingkan lewat jalan tol. Namun, di perjalanan menuju Cirebon biasanya ada beberapa ruas jalan yang dilanda kemacetan, sehingga meski jarak dekat pun waktu perjalanan Anda akan lebih lama dari biasanya.

Sementara itu, jika melewati jalan tol yang dikenal bebas hambatan memang cukup jauh. Akses dari Bandung menuju Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) dapat ditempuh melalui Tol Purbaleunyi sepanjang 88 km hingga sampai di kawasan Cikampek. Selanjutnya disambung langsung dengan Tol Cipali melalui pintu Tol Cikopo sampai Palimanan dengan jarak yang mencapai 116 km.
Jika lewat rute biasa Bandung-Cirebon lewat daerah Tanjung Sari, Cadas Pangeran, Sumedang, Majalengka kemudian Cirebon, jaraknya sekitar 145 km. Sayangnya jalur ini cenderung berkelok-kelok dan kerap terjadi kemacetan di beberapa titik seperti Jatinangor, Tanjungsari, Cadas Pangeran, Cimalaka, hingga Majalengka-Jatiwangi. Nah, bila Anda ingin bepergian ke Bandung-Cirebon lewat Tol Cipularang-Cipali, waktu tempuhnya relatif lebih singkat, sekitar 2-3 jam. Sedangkan lewat rute jalan biasa bisa mencapai 4-5 jam jika kondisi jalanan sedang ramai.
Perlu diketahui, tarif Tol Bandung-Cirebon per tanggal 5 September 2020 pukul 00.00 WIB telah mengalami penyesuaian. Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek – Purwakarta – Padalarang dan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1116/KPTS/M/2020 tanggal 26 juni 2020 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi. Agar lebih jelas, simak daftar tarif Tol Bandung Cirebon berikut ini.
Tarif Tol Bandung Cirebon
Tarif Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) Gol I, II,dan II
Jalur Masuk – Keluar | Tarif Gol I (Rp) | Tarif Gol II (Rp) | Tarif Gol III (Rp) |
SS Dawuan – Sadang | 7.500 | 13.000 | 13.000 |
SS Dawuan – Jatiluhur | 13.500 | 23.000 | 23.000 |
SS Dawuan – Padalarang | 42.500 | 71.500 | 71.500 |
Sadang – Dawuan | 7.500 | 13.000 | 13.000 |
Sadang – Jatiluhur | 6.000 | 10.500 | 10.500 |
Sadang – SS Padalarang | 35.000 | 59.000 | 59.000 |
Jatiluhur – Dawuan | 13.500 | 23.000 | 23.000 |
Jatiluhur – Sadang | 6.000 | 10.500 | 10.500 |
Jatiluhur – Padalarang | 28.500 | 48.500 | 48.500 |
SS Padalarang – Dawuan | 42.500 | 71.500 | 71.500 |
SS Padalarang – Sadang | 35.000 | 59.000 | 59.000 |
SS Padalarang – Jatiluhur | 28.500 | 48.500 | 48.500 |
SS Padalarang – Cikamuning | 4.000 | 5.500 | 6.500 |
Tarif Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) Gol IV dan V
Jalur Masuk – Keluar | Tarif Gol IV (Rp) | Tarif Gol V (Rp) |
SS Dawuan – Sadang | 18.500 | 18.500 |
SS Dawuan – Jatiluhur | 33.500 | 33.500 |
SS Dawuan – Padalarang | 103.500 | 103.500 |
Sadang – Dawuan | 18.500 | 18.500 |
Sadang – Jatiluhur | 15.000 | 15.000 |
Sadang – SS Padalarang | 85.000 | 85.000 |
Jatiluhur – Dawuan | 33.500 | 33.500 |
Jatiluhur – Sadang | 15.000 | 15.000 |
Jatiluhur – Padalarang | 70.000 | 70.000 |
SS Padalarang – Dawuan | 103.500 | 103.500 |
SS Padalarang – Sadang | 85.000 | 85.000 |
SS Padalarang – Jatiluhur | 70.000 | 70.000 |
SS Padalarang – Cikamuning | 9.000 | 9.000 |
Keterangan:
- Golongan I: sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus
- Golongan II: truk dengan 2 gandar
- Golongan III: truk dengan 3 gandar
- Golongan IV: truk dengan 4 gandar
- Golongan V: truk dengan 5 gandar
Jika dibandingkan regulasi tahun 2019, tarif tol tersebut mengalami perubahan pada 2020 dan 2021. Misalnya, besaran tarif jarak terjauh dari SS Dawuan – Padalarang untuk golongan I adalah Rp39.500 tahun 2019, naik menjadi Rp42.500 tahun 2020 dan 2021. Golongan II dari tarif Rp59.500 tahun 2019, naik menjadi Rp71.500 tahun 2020 dan 2021.
Golongan IV tarifnya juga naik dari Rp99.500 tahun 2019, menjadi Rp103.500 tahun 2020 dan 2021. Berbeda dengan golongan III yang justru mengalami penurunan tarif dari Rp79.500 tahun 2019, menjadi Rp71.500 tahun 2020 dan 2021. Untuk golongan V turun dari tarif Rp119 ribu tahun 2019, menjadi Rp103.500 tahun 2020 dan 2021.
Sementara itu, tarif tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) tahun 2022 untuk kendaraan golongan I-IV masih mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020.
Tarif Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)
Jalur Masuk – Keluar | Tarif Gol I (Rp) | Tarif Gol II (Rp) | Tarif Gol III (Rp) |
Cikopo – Cikedung | 61.500 | 101.500 | 101.500 |
Cikopo – Kalijati | 25.000 | 41.000 | 41.000 |
Cikopo – Kertajati | 79.000 | 130.500 | 130.500 |
Cikopo – Palimanan | 107.500 | 177.000 | 177.000 |
Cikopo – Subang | 35.000 | 58.000 | 58.000 |
Cikopo – Sumber Jaya | 93.500 | 154.500 | 154.500 |
Cikedung – Cikopo | 61.500 | 101.500 | 101.500 |
Cikedung – Kalijati | 36.500 | 60.500 | 60.500 |
Cikedung – Kertajati | 17.500 | 29.000 | 29.000 |
Cikedung – Palimanan | 45.500 | 75.500 | 75.500 |
Cikedung – Subang | 26.500 | 43.500 | 43.500 |
Cikedung – Sumber Jaya | 32.000 | 53.000 | 53.000 |
Kalijati – Cikedung | 36.500 | 60.500 | 60.500 |
Kalijati – Kertajati | 54.000 | 89.500 | 89.500 |
Kalijati – Palimanan | 82.500 | 136.000 | 136.000 |
Kalijati – Subang | 10.500 | 17.000 | 17.000 |
Kalijati – Sumber Jaya | 69.000 | 113.500 | 113.500 |
Kertajati – Cikopo | 25.000 | 41.000 | 130.500 |
Kertajati – Cikedung | 17.500 | 29.000 | 29.000 |
Kertajati – Kalijati | 54.000 | 89.500 | 89.500 |
Kertajati – Palimanan | 28.500 | 46.500 | 46.500 |
Kertajati – Subang | 44.000 | 72.500 | 72.500 |
Kertajati – Sumber Jaya | 14.500 | 24.500 | 24.500 |
Palimanan – Cikopo | 107.500 | 177.000 | 177.000 |
Palimanan – Cikedung | 45.500 | 75.500 | 75.500 |
Palimanan – Kalijati | 82.500 | 136.000 | 136.000 |
Palimanan – Kertajati | 28.500 | 46.500 | 46.500 |
Palimanan – Subang | 72.000 | 119.000 | 119.000 |
Palimanan – Sumber Jaya | 13.500 | 22.500 | 22.500 |
Subang – Cikopo | 35.000 | 58.000 | 58.000 |
Subang – Cikedung | 26.500 | 43.500 | 43.500 |
Subang – Kalijati | 10.500 | 17.000 | 17.000 |
Subang – Kertajati | 44.000 | 72.500 | 72.500 |
Subang – Palimanan | 72.000 | 119.000 | 119.000 |
Subang – Sumber Jaya | 58.500 | 96.500 | 96.500 |
Sumber Jaya – Cikopo | 93.500 | 154.500 | 154.500 |
Sumber Jaya – Cikedung | 32.000 | 53.000 | 53.000 |
Sumber Jaya – Kalijati | 69.000 | 113.500 | 113.500 |
Sumber Jaya – Kertajati | 14.500 | 24.500 | 24.500 |
Sumber Jaya – Palimanan | 13.500 | 22.500 | 22.500 |
Sumber Jaya – Subang | 58.500 | 96.500 | 96.500 |
Tarif Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Gol IV dan V
Jalur Masuk – Keluar | Tarif Gol IV (Rp) | Tarif Gol V (Rp) |
Cikopo – Cikedung | 127.500 | 127.500 |
Cikopo – Kalijati | 51.500 | 51.500 |
Cikopo – Kertajati | 163.500 | 163.500 |
Cikopo – Palimanan | 222.000 | 222.000 |
Cikopo – Subang | 72.500 | 72.500 |
Cikopo – Sumber Jaya | 194.000 | 194.000 |
Cikedung – Cikopo | 127.500 | 127.500 |
Cikedung – Kalijati | 76.000 | 76.000 |
Cikedung – Kertajati | 36.000 | 36.000 |
Cikedung – Palimanan | 94.500 | 94.500 |
Cikedung – Subang | 54.500 | 54.500 |
Cikedung – Sumber Jaya | 66.500 | 66.500 |
Kalijati – Cikedung | 76.000 | 76.000 |
Kalijati – Kertajati | 112.000 | 112.000 |
Kalijati – Palimanan | 170.500 | 170.500 |
Kalijati – Subang | 21.500 | 21.500 |
Kalijati – Sumber Jaya | 142.500 | 142.500 |
Kertajati – Cikopo | 163.500 | 163.500 |
Kertajati – Cikedung | 36.000 | 36.000 |
Kertajati – Kalijati | 112.000 | 112.000 |
Kertajati – Palimanan | 58.500 | 58.500 |
Kertajati – Subang | 90.500 | 90.500 |
Kertajati – Sumber Jaya | 30.500 | 30.500 |
Palimanan – Cikopo | 222.000 | 222.000 |
Palimanan – Cikedung | 94.500 | 94.500 |
Palimanan – Kalijati | 170.500 | 170.500 |
Palimanan – Kertajati | 58.500 | 58.500 |
Palimanan – Subang | 149.500 | 149.500 |
Palimanan – Sumber Jaya | 28.000 | 28.000 |
Subang – Cikopo | 72.500 | 72.500 |
Subang – Cikedung | 54.500 | 54.500 |
Subang – Kalijati | 21.500 | 21.500 |
Subang – Kertajati | 90.500 | 90.500 |
Subang – Palimanan | 149.500 | 149.500 |
Subang – Sumber Jaya | 121.000 | 121.000 |
Sumber Jaya – Cikopo | 194.000 | 194.000 |
Sumber Jaya – Cikedung | 66.500 | 66.500 |
Sumber Jaya – Kalijati | 142.500 | 142.500 |
Sumber Jaya – Kertajati | 30.500 | 30.500 |
Sumber Jaya – Palimanan | 28.000 | 28.000 |
Sumber Jaya – Subang | 121.000 | 121.000 |
Keterangan:
- Golongan I: sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus
- Golongan II: truk dengan 2 gandar
- Golongan III: truk dengan 3 gandar
- Golongan IV: truk dengan 4 gandar
- Golongan V: truk dengan 5 gandar
Sama halnya dengan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), tarif Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) juga mengalami perubahan pada 2020 dan 2021. Sebagai contoh, jalur masuk tol Cikopo menuju Cikedung untuk golongan I pada tahun 2019 tarifnya sebesar Rp58.500, naik menjadi Rp61.500 tahun 2020 dan 2021. Golongan II dari tarif Rp88 ribu tahun 2019, naik menjadi Rp101.500 tahun 2020 dan 2021.
Golongan III dari Rp117 ribu tahun 2019, turun menjadi Rp101.500 tahun 2020 dan 2021. Golongan IV dari Rp146.500 tahun 2019, menjadi Rp127.500 tahun 2020 dan 2021, dan Golongan V dari Rp176 ribu tahun 2019 menjadi Rp127.500 tahun 2020 dan 2021. Sementara itu, tarif tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tahun 2022 untuk kendaraan golongan I-IV masih mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 1128/KPTS/M/2020 tanggal 1 Juli 2020.
Informasi tarif tol Bandung-Cirebon di atas diperoleh dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Akan tetapi perlu diketahui bahwa tarif tol Bandung Cirebon dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih jelas, Anda dapat langsung mengakses situs BPJT di bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol.
Masing-masing jalur memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika bepergian dari Bandung ke Cirebon dengan lewat jalur biasa, pemandangannya mungkin lebih menarik dan juga Anda bisa mampir ke mana-mana. Tetapi waktu tempuh yang dibutuhkan akan lebih lama jika kondisi jalanan sedang macet. Sementara itu, bila lewat jalan tol maka waktu tempuhnya lebih singkat. Tetapi Anda tentunya harus menyiapkan budget lebih untuk membayar tarif tol dan menyediakan bahan bakar lebih untuk perjalanan jauh.
[Update: Almas]