Info Terbaru Tarif Resmi Pembuatan Visa Qatar

No comment7724 views

Qatar merupakan salah satu di kawasan Timur Tengah yang cukup sering didatangi dari Indonesia. Umumnya, kunjungan masyarakat Air ke Qatar adalah untuk bekerja atau menjadi TKI (tenaga kerja Indonesia). Tercatat, hingga saat ini, diperkirakan ada sekitar 40 ribu TKI yang bekerja di Qatar, dengan 10 ribu di antaranya merupakan tenaga terampil dan semi-terampil serta 30 ribu lainnya merupakan tenaga kerja informal.

Salah satu sudut ibu kota Qatar, Doha

Salah satu sudut ibu kota Qatar, Doha

Seperti kunjungan ke negara-negara lainnya, jika ingin bepergian ke Qatar, kita tentunya harus memiliki visa kunjungan, selain . Jika adalah resmi yang memuat identitas pemegangnya untuk melakukan perjalanan antar-negara, maka visa merupakan izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan di mana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing.

Visa bisa berbentuk stiker visa yang dapat di-apply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu. Visa asli yang biasanya di-stempel di paspor penerima sangat diperlukan jika seseorang hendak berkunjung ke suatu negara tertentu.

Visa sendiri memiliki banyak jenis sesuai dengan atau kegunaannya. Jenis-jenis visa antara lain visa kunjungan sementara untuk tujuan kunjungan keluarga, visa kunjungan sementara untuk tujuan atau kunjungan teman, visa kunjungan sementara untuk bisnis, visa khusus (pelajar, bekerja, pelatihan, menetap dalam jangka waktu tertentu), dan visa transit.

Per 28 Agustus 2017, Indonesia termasuk ke dalam 80 negara yang bisa mendapatkan Visa-Free entry ke Qatar selama 30 hari, baik itu single trip ataupun multitrip. Sebelum informasi visa-free ini, Anda warga Indonesia harus mengurus visa untuk masuk ke Qatar. Walaupun sebetulnya bisa diurus saat tiba di Qatar (Visa on Arrival), tentunya dengan membayar sesuai dengan peraturan dari KBRI Doha

Untuk kunjungan ke Qatar, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Qatar memberlakukan setidaknya enam jenis visa. Visa-visa tersebut adalah visa kunjungan saat kedatangan, visa satu kali perjalanan, visa beberapa kali perjalanan, visa tinggal terbatas, visa diplomatik dan dinas, serta visa kunjungan singkat. Berikut informasi tarif resmi biaya visa kunjungan ke Qatar.

Ilustrasi: visa Qatar (sumber: qatarairways.com)

Ilustrasi: visa Qatar (sumber: qatarairways.com)

Biaya Pembuatan Visa Qatar

Jenis VisaBiaya Pembuatan
Dalam Qatar RiyalDalam Rupiah
Visa SinggahTidak tersedia di KBRI DohaTidak tersedia di KBRI Doha
Visa KunjunganQR 183Rp748.515
Visa Kunjungan Usaha Beberapa Kali PerjalananQR 402Rp1.644.280
Visa Diplomatik dan DinasGratisGratis
Visa Tinggal TerbatasMaksimal 6 bulan: QR 210Rp858.952
Maksimal 1 tahun: QR 400Rp1.636.100
Maksimal 2 tahun: QR 700Rp2.863.175

Perlu diketahui bahwa biaya pembuatan visa Qatar bisa saja mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, biayanya berkisar Rp820 ribuan hingga Rp2,7 jutaan. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar biaya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat (apply) visa Qatar, Anda bisa langsung bertanya ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha, Qatar atau mengakses situs resmi KBRI Doha di www.kemlu.go.id/doha.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Tarif Listrik PLN per kWh Tahun 2020
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Tarif Resmi Pembuatan Visa Qatar"